Preloader
Pahami 3 Pillar Digital Marketing untuk Hasil yang Maksimal

Pahami 3 Pillar Digital Marketing untuk Hasil yang Maksimal

Meskipun digital marketing mungkin tampak rumit, kenyataannya tidak demikian. Digital marketing adalah upaya yang dilakukan melalui internet dan perangkat elektronik untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis. Supaya memperoleh hasil yang maksimal, ada beberapa pilar dalam pemasaran digital yang harus dipahami. Apa saja? Berikut informasi lengkapnya!

Mengenal digital marketing

Digital marketing adalah penggunaan berbagai taktik dan saluran digital untuk terhubung dengan pelanggan. Contoh digital marketing meliputi pemasaran media sosial (SMM), pengoptimalan mesin pencari (SEO), pemasaran mesin pencari (SEM), email pemasaran, automasi pemasaran, periklanan digital, dan pemasaran konten. Tergantung tujuan strategi marketing, bisnis dapat menjalankan kampanye pemasaran digital yang lebih besar, baik melalui saluran gratis maupun berbayar. 

Manfaat melakukan digital marketing

Berikut beberapa manfaat melakukan digital marketing untuk bisnis Anda:

  • Biaya rendah – Dengan digital marketing, Anda bisa mempromosikan bisnis secara lokal maupun internasional tanpa biaya besar. Hal ini memungkinkan bisnis kecil sekalipun untuk bersaing dengan perusahaan besar menggunakan strategi yang sangat bertarget.
  • Penargetan efektif – Bahkan jika Anda tidak memiliki gagasan yang jelas tentang target audiens, digital marketing memungkinkan Anda mengekstrak data untuk melihat audiens mana yang paling cocok dan mengoptimalkan kampanye dengan fokus seputar mereka. 
  • Menawarkan sejumlah strategi – Ada berbagai strategi digital marketing yang dapat digunakan oleh berbagai jenis bisnis. Sebagian perusahaan bisa mendapatkan keuntungan lebih mudah dengan pemasaran konten dan SEO, sedangkan sebagian yang lain bisa mendapatkan keuntungan dari kampanye iklan berbasis konversi. Kuncinya adalah selalu menganalisis hasil serta mengembangkan taktik dan metode yang lebih baik seiring waktu.
  • Ada banyak jenis konten – Di berbagai platform, ada berbagai jenis konten yang dapat Anda pilih untuk menjaga brand Anda tetap dikenal sekaligus membangun kampanye online yang efektif. Anda dapat dengan mudah memproduksi konten agar sesuai dengan platform sebanyak yang Anda inginkan. Beberapa jenis konten paling umum yang dapat Anda pilih termasuk blog, email, e-book, konten visual, infografis, postingan medsos, dan webinar.

3 Pilar digital marketing

Nah, agar strategi digital marketing dapat memberikan hasil optimal untuk bisnis Anda, setidaknya ada tiga pilar penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1.Saluran digital marketing

Saluran digital marketing merujuk pada metode pengiriman aset pemasaran digital. Jika bisnis Anda ingin menyebarkan berita tentang produk baru, Anda dapat memilih satu atau beberapa saluran untuk menyampaikan pesan. Beberapa saluran digital marketing yang umum digunakan adalah media sosial, pemasaran video, dan pemasaran influencer. Saluran digital marketing digunakan untuk:

  • Menemukan grup pengguna yang berbeda Masing-masing saluran digital marketing menjangkau audiens yang unik.
  • Mempromosikan berbagai jenis konten SEO adalah saluran digital marketing yang tepat untuk berbagi postingan blog, tapi media sosial bisa lebih efektif untuk berbagai konten video. Setiap saluran memiliki kekuatan yang berbeda.
  • Lebih efektif menarik prospekRespons audiens terhadap berbagai saluran akan berbeda. Jadi, jika Anda menggunakan saluran yang tepat, Anda bisa mendapat prospek konsumen lebih banyak.
  • Meningkatkan brand awareness Semakin banyak eksposur yang didapatkan brand melalui berbagai saluran, semakin tinggi pula tingkat awareness yang dihasilkan untuk brand Anda

2.User Journey

User journey merupakan kumpulan dari langkah-langkah yang menggambarkan berbagai skenario kemungkinan tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk yang didesain suatu bisnis. Ada dua hal yang digambarkan oleh user journey, yaitu bagaimana pengguna sedang berinteraksi dengan produk dan bagaimana pengguna dapat berinteraksi dengan produk.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dari digital marketing, user journey perlu diperhatikan. Sebab, pilar ini menunjukkan keadaan sekarang dan berbagai kemungkinan yang ada. 

3.Konten marketing

Konten marketing merupakan sebuah teknik marketing untuk memproduksi dan mendistribusikan konten yang relevan demi menarik audiens. Jadi, ​​alih-alih secara langsung memasarkan produk atau layanan yang bisnis Anda sediakan, konten marketing memungkinkan Anda menyebarkan konten yang relevan dan bermanfaat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi prospek dan pelanggan. Manfaat konten marketing termasuk meningkatkan penjualan, menghemat biaya, dan mendapat pelanggan yang lebih loyal.

Memahami strategi digital marketing

Strategi digital marketing adalah rencana pemasaran yang melibatkan internet melalui saluran online, seperti media sosial, website, iklan berbayar, dan platform berbasis web lainnya. Tujuan strategi digital marketing adalah meningkatkan brand awareness dan menarik pelanggan baru. Strategi digital marketing yang kuat membantu bisnis mencapai tujuan digital tertentu (contohnya menaikkan peringkat website dalam hasil pencarian) melalui media yang tepat.

Demikian informasi tentang tiga pilar digital marketing untuk hasil yang maksimal. Jika Anda butuh bantuan, Anda bisa menggunakan layanan digital marketing IDEOWORKS. Penyedia jasa pemasaran digital ini telah berpengalaman menangani berbagai brand dalam merancang dan menjalankan strategi marketing mereka. Langsung saja klik di sini untuk terhubung dengan IDEOWORKS!

Let’s talk about your brand