Digital marketing terkhusus digital advertising telah mengambil alih industri pemasaran dalam dekade terakhir, dan akan terus tumbuh dan mendominasi. Apalagi dengan kondisi pandemi COVID-19, jasa digital agency semakin terasa penting untuk membantu mengembangkan bisnis yang Anda kerjakan. Tetapi, ada begitu banyak jenis iklan digital yang berbeda, bagaimana caranya memilih yang terbaik untuk bisnis Anda?
Di sini lah peran digital advertising agency menjadi krusial. Digital advertising agency terbaik mengerti secara luas jenis-jenis digital advertising yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Namun, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis digital advertising yang dapat menjadi referensi Anda sebelum berkonsultasi dengan digital agency Indonesia.
Jenis-Jenis Digital Advertising
1. Display Ads
Display ads atau iklan bergambar adalah bentuk paling dasar dari iklan digital dan terutama terdiri dari gambar dan teks. Ini biasanya akan muncul sebagai spanduk, halaman arahan, popup, atau flash ad di situs web dan sebagian besar di blog. Perbedaan utama antara iklan bergambar dan jenis lainnya adalah bahwa iklan bergambar tidak muncul di hasil pencarian. Iklan bergambar biasanya sangat terjangkau dan mudah diterapkan.
Digital advertising agency dapat menggunakan cara ini untuk bisnis-bisnis kecil karena orang-orang bisa menemukan iklan ini hampir di seluruh internet. Jenis iklan ini kemungkinan besar tidak akan relevan bagi sebagian besar pengguna karena biasanya hanya ruang iklan di situs web tanpa melibatkan penargetan. Namun, karena lebih terjangkau dibandingkan jenis iklan lainnya, maka akan lebih banyak orang yang melihat iklan tersebut.
2. Native Ads
Native ads mirip dengan display ads, namun mereka lebih strategis dan disengaja dalam hal penempatan dan penargetan audiens. Mereka adalah sponsor terdaftar yang terintegrasi dan disamarkan ke dalam feed. Native ads digunakan oleh digital advertising agency untuk mendasarkan iklan Anda berdasarkan pada kebiasaan dan riwayat online audiens dan akan menampilkan iklan yang mungkin relevan bagi mereka.
Native ads merupakan jenis advertising yang paling tidak mengganggu user dan dapat menjadi alasan kuat bagi para digital advertising agency untuk menggunakan cara ini karena apa yang dilihat users kemungkinan besar relevan dengan mereka. Seringkali users menganggap native ads membantu mereka karena sangat relevan.
3. Social Media Ads
Media sosial telah menjadi platform terbesar untuk digital advertising karena jumlah pengguna yang besar dan kemudahan penargetan audiens. Banyak jenis persilangan digital advertising dengan social ads karena sifat platform nya. Sangat umum untuk melihat display ads, native ads, bahkan video ads.
Namun, ada dua subtipe yang khusus untuk media sosial, apakah itu di Instagram, Facebook, Youtube, atau platform lainnya. Paid ads dalam media sosial pada dasarnya adalah native ads. Mereka dimaksudkan untuk meningkatkan posting yang dipromosikan dan menjangkau orang-orang tertentu melalui penggunaan audiens target. Mereka akan diberi label dengan “Sponsored” atau “Advertisement” oleh platform media sosial tersebut.
4. Search Engine Marketing (SEM)
Search engine marketing mungkin merupakan jenis digital advertising yang paling dapat diandalkan karena didasari oleh keywords yang sudah dicari oleh users. Dua subtipe utama dari SEM ini adalah paid-per-click (PPC) dan search engine optimization (SEO).
Meskipun search engine dapat menampilkan ribuan hasil, 90% users akan mengakhiri pencarian mereka di halaman pertama. Karena itulah penting bagi digital advertisers untuk menggunakan SEM untuk bisnis Anda dan menyusun strategi untuk memastikan bisnis Anda muncul di halaman-halaman pertama search engine.
5. Video Ads
Video ads adalah jenis iklan digital advertising yang paling mudah karena ini hanyalah video yang mempromosikan bisnis atau produk dengan cara tertentu. Video ads dapat muncul sebagai iklan komersial sebelum menonton video lain di media sosial atau platform streaming lainnya, atau dapat diintegrasikan sebagai native ads atau display ads.
Bagian paling menantang dari video ads adalah waktu dan upaya yang harus dikeluarkan untuk merencanakan dan membuat video ads yang menarik secara visual, menyampaikan pesan yang diinginkan, memperkenalkan brand Anda, dan memiliki musik atau audio yang memikat secara emosional. Meskipun memakan waktu, video ads terbukti efektif menarik perhatian masyarakat.
6. Email Marketing
Email marketing adalah cara yang mudah untuk secara efektif menjangkau target audiens yang sudah tertarik dengan bisnis Anda. Caranya adalah dengan memasukkan mereka dalam mailing list Anda. Biasanya email para users bisa didapatkan saat users mengunjungi sebuah website dan ada pop-up yang meminta email, biasanya users mendapatkan diskon atau promosi lain sebagai imbalannya.
IDEOWORKS dapat menjadi partner digital agency terbaik untuk Anda dalam menjalankan digital marketing yang Anda butuhkan. Kami memiliki tim digital marketing yang handal dalam menangani berbagai macam bisnis, dan pastinya akan membantu Anda dalam menjalankan digital marketing yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.