Articles

16 September 2021

Social Media Branding: Bagaimana Melakukannya?

Social media untuk brand Anda adalah satu hal yang krusial. Hampir setengah dari penduduk dunia memiliki media sosial. Karena itu, Anda sebagai pelaku bisnis dapat mempromosikan brand Anda, mendorong prospek, dan pada akhirnya meningkatkan brand recognition dan pendapatan Anda.

Namun, jika bisnis Anda tidak mengadopsi praktik social media terbaik, itu dapat merusak potensi keuntungan Anda. Perilaku orang-orang yang memiliki social media adalah membuka notifikasi social media mereka saat bangun tidur. Selain itu, hal pertama yang dilakukan seseorang ketika mendengar merk baru adalah mencari di social media.

Jika mereka melihat bahwa bisnis Anda memiliki sedikit atau tidak ada pengikut media sosial atau tidak memposting banyak, mereka akan mungkin menganggap bisnis Anda tidak terlalu aktif atau mapan dan akan beralih ke bisnis yang lebih sukses. Jika Anda merasa ini yang terjadi dengan bisnis Anda, mungkin sudah waktunya untuk melakukan social media branding untuk bisnis Anda.

Namun sebelum memulai social media branding¸ ada hal-hal yang harus Anda perhatikan:

  1. Analisa strategi Anda saat ini dan tentukan mengapa Anda butuh branding. Langkah pertama dari social media branding adalah mencari tahu apa yang Anda lakukan saat ini dan menentukan strategi social media Anda saat ini. Apakah strategi Anda jelas? Apakah social media Anda saat ini mengikuti iklim sosial, tren, dan budaya populer saat ini?
  1. Lakukan research terhadap kompetitor Anda dan social media platforms mereka. Lihat konten mereka, apa saja yang mereka post. Lihat juga representasi visual mereka, apakah mereka memiliki identitas warna tertentu, atau mereka memiliki cara post tertentu? Adakah dari platform mereka yang ingin diimplementasikan kepada social media platform Anda?
  2. Tetapkan area permasalahan Anda. Setelah melihat analisa strategi dan kinerja Anda, sambil membandingkannya dengan kompetitor lain, inilah saatnya untuk menetapkan area masalah Anda. Ini akan memudahkan Anda membentuk tujuan yang jelas dan membuat penyesuaian yang diperlukan dalam hal social media rebranding ini.
  3. Tentukan goals Anda. Karena Anda sudah tahu apa yang mau Anda perbaiki, tentukan goals realistis yang ingin Anda capai. Goals yang baik adalah goals yang spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan tepat waktu. Tim yang Anda buat tidak harus besar, tapi meliputi orang-orang yang kompeten, sehingga memudahkan Anda dalam decision making. Menggunakan jasa social media agency dapat menjadi salah satu cara Anda untuk memastikan social media rebrand yang Anda lakukan luput dari kesalahan. Social media agency dapat mempersiapkan segala skenario yang mungkin tidak Anda pikirkan, sehingga social media agency adalah kekuatan yang bisa ANda manfaatkan untuk memastikan social media rebrand Anda berjalan lancar.
  4. Buat message yang ingin Anda sampaikan dan stick to it! Saatnya Anda membuat pesan yang ingin Anda sampaikan kepada pelanggan Anda, dan informasikan mereka tentang social media branding ini. Apa yang Anda ingin audiens Anda ketahui tentang social media branding ini? Dengan membuat pesan ini, Anda dapat menyusun konten dan visual yang selaras dengan pesan Anda.
Baca Juga  Yuk, Dalami Content Marketing dan Perannya Bagi Brand!

Social media branding dapat membuat Anda kewalahan karena banyaknya hal yang perlu Anda lakukan. IDEOWORKS.id hadir sebagai partner social media agency yang selalu siap membantu Anda dalam melakukan social media branding yang Anda butuhkan. Pengalaman dan tim ahli kami siap memberikan solusi dan langkah yang pastinya akan mempermudah Anda.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top