Preloader
Businessman, tablet or search engine

Panduan SEO Internasional untuk Maksimalkan Optimasi Situs Skala Global

Bagi Anda yang hendak mengembangkan bisnis dengan menjangkau pasar internasional tentunya membutuhkan website yang bisa mendatangkan traffic organik ke dalam situs tersebut. Tidak hanya berfokus pada tampilan website yang rapi dan interaktif, Anda juga perlu memperhatikan strategi search engine optimization (SEO) yang tepat dan bisa menjangkau target audience dari berbagai negara. Apa saja hal yang harus dilakukan untuk memaksimalkan strategi SEO internasional?

Cara Efektif Mengoptimalkan Strategi SEO Internasional

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengoptimalkan strategi SEO internasional, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda terapkan, yakni:

Lakukan Pemetaan Tujuan dari Strategi SEO internasional

Salah satu cara untuk membuat strategi SEO Internasional berhasil adalah Anda perlu memiliki tujuan yang jelas. Apakah Anda ingin meningkatkan traffic ke dalam website bisnis Anda agar bisa muncul di urutan pertama pada laman search engine? Atau mungkin Anda menginginkan peningkatan jumlah leads yang signifikan dan berujung pada konversi menjadi konsumen? Strategi search engine optimization yang diterapkan dengan tepat bahkan juga bisa membantu meningkatkan penjualan untuk mencapai target yang diinginkan. Masing-masing tujuan tentunya membutuhkan pendekatan strategi SEO yang berbeda.  

Menerapkan Analisis Pasar dan Kompetitor

Setelah menemukan tujuan yang jelas untuk menerapkan strategi SEO internasional, langkah selanjutnya adalah melakukan analisis pasar dan kompetitor secara mendalam. Menjalankan analisis pasar di dalam strategi SEO internasional sangat penting untuk mengetahui preferensi maupun perilaku target konsumen dari berbagai latar-belakang demografi. Sedangkan, proses analisis kompetitor dapat membantu menemukan celah yang membuat produk atau jasa yang Anda tawarkan ‘berbeda’ yang sesuai dengan masing-masing target pasar. 

Lakukan Riset Kata Kunci untuk Masing-masing Target Pasar

Salah satu kunci kesuksesan penerapan strategi SEO internasional adalah pemilihan kata kunci yang tepat. Kata kunci menjadi jembatan yang menghubungkan Anda dengan calon konsumen potensial. Riset kata kunci membantu Anda menemukan kata-kata dan istilah yang sering digunakan oleh target pasar dalam mencari produk atau jasa yang mereka cari. Apabila Anda ingin menjangkau berbagai pasar, riset kata kunci terpisah wajib dilakukan untuk masing-masing target pasar untuk memperoleh hasil strategi SEO yang efektif. 

Perlu diingat bahwa beberapa kata kunci mungkin harus diterjemahkan ke bahasa target pasar, atau mungkin dibiarkan begitu saja. Selain menerjemahkannya secara langsung, tentunya ada juga kata kunci yang harus ditranskreasikan agar sesuai dengan latar belakang budaya audiens Anda. Berpatokan pada kata kunci tersebut, Anda dapat membuat dan mengoptimalkan beragam konten-konten yang dibutuhkan dan mampu menjangkau target pasar yang sesuai.

Pilih antara Menargetkan Bahasa atau Target Negara

Penerapan strategi SEO internasional juga mencakup pilihan untuk menjangkau audiens melalui target bahasa atau target negara. Dalam memilih antara satu dari keduanya, Anda harus menyesuaikannya dengan tujuan bisnis dan target konsumen yang diinginkan. 

Misalnya, jika audiens Anda menggunakan bahasa yang sama di berbagai negara yang berbeda, maka pendekatan dengan menarget bahasa akan jauh lebih efektif. Anda bisa fokus membuat konten berkualitas dari satu bahasa saja untuk menarget jenis pasar berbeda dari berbagai negara. Sedangkan untuk target pasar dengan bahasa yang berbeda di tiap negara, menargetkan berdasarkan negara akan lebih sesuai. Anda perlu membuat website khusus dengan bahasa negara tersebut dan membuat konten-konten yang sudah dilokalisasikan untuk masing-masing situs.

Pilih Struktur URL yang Tepat untuk Situs Internasional

Saat membuat konten yang sudah dilokalisasi, jangan lupa untuk menggunakan struktur URL khusus yang membedakannya dari konten dari website asli. Dari segi pengunjung, struktur URL khusus ini juga memberikan kenyamanan karena mereka bisa langsung mengakses konten-konten di dalam website tersebut dengan bahasa yang mereka gunakan. 

Berikut adalah beberapa struktur URL yang paling banyak digunakan di dalam penerapan strategi SEO internasional:

1. Country code top-level domains (ccTLDs) 

CcTLD merupakan struktur URL yang ideal untuk jenis website yang diperuntukkan secara spesifik untuk negara tertentu. Sebagai contoh, jenis URL dengan domain: “ideoworks.jp” atau “ideoworks.id” akan menampilkan website dalam versi Bahasa Jepang dan bahasa Indonesia yang diperuntukkan bagi audiens di 2 negara tersebut. 

2. Global top-level domains (gTLD) dengan subdomain

Struktur URL jenis gTLD yang digabungkan dengan subdomain memungkinkan Anda untuk menjalankan penargetan geografis secara optimal. Tak hanya itu, jenis domain ini juga dapat meningkatkan brand recognition di kalangan audiens. Namun, pengaturan untuk struktur URL ini cukup rumit dan bahkan dapat mengakibatkan masalah dari segi penyesuaian penerapan search engine optimization dengan subdomain.

3. Kombinasi antara gLTD dengan subfolder

Untuk pembuatan website dan konten yang menargetkan bahasa tanpa memperhatikan target negara, maka jenis struktur URL yang menggabungkan antara gLTD dengan subfolder adalah pilihan yang tepat. Anda hanya perlu memanfaatkan satu domain saja dan menggunakan subfolder untuk menampung halaman website dengan bahasa atau negara target.

4. Kombinasi antara gLTD dengan subdomain dan subfolder

Struktur URL gLTD yang dikombinasikan dengan subdomain dan subfolder diperuntukkan bagi Anda yang membutuhkan situs dengan pengaturan yang praktis dan serbaguna. Subdomain merupakan komponen penting yang sangat berguna untuk penargetan audiens regional, sedangkan subfolder bertujuan untuk mengatur konten yang berada di dalam domain utama. Penerapan struktur URL ini sangat berguna untuk meningkatkan pemasaran bertarget dan kemudahan navigasi di dalam situs.

Terapkan Atribut Hreflang

Atribut hreflang merupakan komponen di dalam struktur URL yang sangat penting bagi Anda yang ingin menerapkan strategi international search engine optimization secara optimal. Atribut ini digunakan untuk menunjukkan wilayah geografis dan bahasa dari konten yang Anda tuju. Dengan menyisipkan atribut hreflang, Anda dapat menghindari resiko konten duplikat yang umum terjadi pada laman dengan bahasa yang sama dengan target negara yang berbeda.

Anda bisa menyisipkan atribut hreflang ini pada:

  • Bagian <head> pada kode HTML
  • Pada header HTTP, dan
  • XML sitemap.

Sertakan Tool Khusus untuk Mengganti Bahasa

Apabila Anda menargetkan target audiens dari berbagai negara dan bahasa, maka menyertakan tool navigasi berupa pengubah bahasa adalah pilihan yang bijaksana. Gunakan tool dengan label bahasa yang jelas dan mudah dimengerti. Sebaliknya, hindari menggunakan pengalih bahasa dengan label gambar bendera. Karena, pada kasus bahasa yang digunakan di banyak negara dan daerah, label bendera tersebut bisa jadi tidak relevan.

Menggunakan tool khusus untuk mengubah bahasa jauh lebih baik dibandingkan mengalihkan pengguna secara otomatis berdasarkan alamat IP atau pengaturan pada mesin pencari. Walaupun sekilas nampak praktis, namun hal tersebut bisa jadi sangat mengganggu dan bahkan membingungkan mesin pencari saat melakukan crawling.

Strategi SEO Internasional untuk Meningkatkan Visibilitas Global

Mengoptimalkan SEO internasional adalah langkah krusial bagi bisnis yang ingin menjangkau pasar global dan meningkatkan visibilitas di berbagai negara. Dengan strategi yang tepat, situs Anda dapat meraih peringkat lebih tinggi di mesin pencari dan menarik audiens yang lebih luas. Pantau terus performa dan sesuaikan strategi agar tetap relevan, sehingga kesuksesan di pasar global dapat tercapai.

Penerapan strategi search engine optimization dalam skala internasional bisa Anda mulai dengan menghubungi IDEOWORKS, yaitu sebuah agensi pemasaran digital di Jakarta yang sangat berpengalaman di bidangnya. Selain mengoptimalkan performa SEO pada situs Anda, agensi ini juga dapat membuat website yang user-friendly dan bahkan merancang Facebook Ads dan Google Ads untuk kebutuhan pemasaran digital Anda.

Tags

Further Reading: