Brand awareness adalah tingkat keakraban konsumen dengan brand Anda. Semakin kuat brand awareness, semakin mudah konsumen mengenali dan mengingat brand Anda di antara kompetitor. Untuk mengoptimalkannya, Anda perlu menerapkan brand awareness content strategy, yakni strategi content yang dirancang khusus untuk meningkatkan eksposur, menarik perhatian audiens, dan membangun koneksi yang lebih mendalam dengan mereka.
Strategi pemasaran melalui content menjadi langkah yang tepat untuk mengenalkan brand Anda kepada konsumen dengan lebih efektif. Dengan begitu, brand Anda akan semakin dikenali dan menarik calon konsumen baru.
Lantas, apa saja strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan brand awareness? Coba lihat strategi yang bisa Anda coba terapkan berikut ini:
6 Content Strategy untuk Tingkatkan Brand Awareness
Content strategy merupakan pendekatan dalam digital marketing dengan menciptakan konten yang informatif mengenai produk atau layanan Anda. Konten ini tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga dapat memberikan edukasi, hiburan, serta membangun engagement dengan audiens. Melalui strategi ini, Anda dapat mengarahkan pelanggan untuk mengambil tindakan, seperti membeli produk atau berlangganan layanan, dengan menggunakan call-to-action (CTA) yang efektif.
Untuk itu, Anda dapat mencoba menerapkan langkah-langkah content strategy di antaranya:
-
Menentukan Target Audiens
Pertama, Anda dapat menentukan target audiens dan pencapaian yang diinginkan dari content strategy itu sendiri. Jadi, pertama-tama Anda perlu memahami siapa audiens Anda. Dari sini, Anda pun bisa memahami apa kebutuhan dan keinginan mereka. Setelah itu, Anda bisa mulai membuat content. Karena Anda telah memahami audiens Anda, maka Anda pun dapat membuat content yang benar-benar menarik minat mereka.
Target audiens juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, domisili, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda pun dapat mempertimbangkan hal-hal seperti target yang ingin dicapai, apakah Anda memiliki tujuan untuk meningkatkan brand awareness, mendatangkan traffic ke website, atau mendapatkan leads. Pastikan goals Anda spesifik, terukur dan dapat dicapai, serta relevan.
-
Memilih Platform Media Sosial
Setelah mengetahui target audiens, sangat penting juga bagi Anda untuk memilih media sosial yang paling cocok untuk dijadikan platform tempat mempromosikan brand Anda. Misalnya, jika Anda menargetkan remaja dan anak muda, Anda bisa memilih Instagram. Di sisi lain, jika Anda menargetkan audiens yang lebih dewasa dan profesional, maka contohnya, Anda bisa memilih LinkedIn.
Begitu Anda sudah memilih media sosial yang akan digunakan, mulailah membuat content. Anda pun dapat memperhatikan beberapa hal, seperti tipe content dan tujuan yang ingin dicapai melalui content tersebut. Kemudian, tentukan siapa yang akan membuat dan mengelola content Anda. Anda juga dapat meminta bantuan tenaga spesialis content yang berpengalaman. Selanjutnya, Anda bisa membuat kalender untuk jadwal yang dapat membantu mengelola semua aktivitas Anda.
-
Membuat Content yang Menarik
Setelah menentukan goals dan target Anda, maka selanjutnya Anda bisa mulai membuat content. Perhatikan content yang akan Anda buat karena tidak dapat sembarangan, melainkan harus menarik dan relevan dengan audiens Anda. Maka dari itu, kunci pentingnya yaitu buatlah headline yang mencuri perhatian.
Kemudian, headline tersebut dikombinasikan dengan visual high-quality. Jangan lupa untuk memastikan bahwa content Anda berisikan informasi yang ditulis dengan baik dan isinya memang informatif. Meski demikian, setelah Anda membuat content, belum tentu semua orang akan bisa langsung melihatnya.
Maka, tidak kalah penting untuk memasarkan content tersebut, baik melalui social media, iklan berbayar, email marketing dan berbagai platform lainnya. Kuncinya adalah mencoba berbagai strategi promosi content, untuk menemukan cara yang paling tepat dan sesuai untuk bisnis Anda.
-
Mengikuti Update Tentang Kompetitor
Anda juga selalu perlu untuk mempelajari kompetitor dan lihat performa mereka. Kira-kira apa bisa bisa Anda lakukan dengan menggunakan strategi yang berbeda, sehingga menjadikan brand Anda lebih menarik dan menonjol di antara para kompetitor?
Untuk menemukan jawabannya, Anda bisa melakukannya dengan mempelajari kompetitor dan saingan Anda. Dari sini, Anda dapat belajar tentang cara sukses mereka, sekaligus menghindari kesalahan yang mungkin dapat Anda lakukan.
Content strategy merupakan kunci untuk membangun brand awareness. Mempelajari kompetitor dapat membantu Anda belajar dan memilih strategi yang paling berhasil, kemudian diterapkan untuk brand Anda sesuai dengan target yang ingin Anda capai.
-
Sampaikan Unique Selling Points Melalui Storytelling
Story adalah cara yang tepat untuk menciptakan engagement dengan audiens. Artinya, buat content yang isinya komunikatif seperti berbicara dan bercerita. Lihat kembali, apa yang membuat brand Anda unik dan ceritakan hal tersebut.
Anda pun dapat menggunakan social media, unggahan di blog, infografis dan juga video sebagai sarana untuk membangun koneksi dengan audiens melalui storytelling yang kreatif. Dengan menyampaikan brand’s story secara menarik, Anda dapat meningkatkan engagement dan membuat audiens lebih terhubung dengan brand Anda.
Kunci utama storytelling yang efektif adalah menonjolkan unique selling point (USP) serta memperkuat branding. Hal ini akan membuat brand Anda terlihat lebih unik dan mudah dibedakan dari para kompetitor.
Pastikan juga selalu memberikan konsumen apa yang mereka mau, bukan apa yang Anda pikir mereka butuhkan. Ini membuat konsumen betah dan selalu kembali kepada Anda. Selain itu, content yang Anda buat haruslah original dan tidak semata-mata disalin begitu saja dari sumber lain, sehingga isinya murni dan dapat membangun kepercayaan audiens.
-
Marketing Melalui Iklan Berbayar
Iklan berbayar adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mempromosikan brand Anda, sekaligus meningkatkan awareness bagi para audiens. Tentunya cara promosi ini akan lebih efektif jika Anda Anda juga menyesuaikannya dengan lokasi, target pasar, kata kunci, search phrase dan berbagai faktor lainnya. Selain itu, membayar untuk iklan juga memudahkan brand Anda untuk menjangkau audiens dengan lebih cepat dan efisien.
Meski hasil pencarian organik memang gratis, tapi SEO juga memerlukan waktu lama, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun hingga membuahkan hasil. Oleh karena itu, iklan berbayar menjadi cara yang paling tepat untuk mengoptimalkan content strategy untuk meningkatkan brand awareness. Iklan berbayar bahkan memudahkan Anda untuk menentukan target audiens secara spesifik, berdasarkan demografi, minat, juga lokasi secara akurat.
Brand Awareness Dapat Meningkatkan Customer Loyalty
Menerapkan content strategy yang tepat dapat meningkatkan brand awareness Anda secara lebih signifikan, sehingga dapat membuat konsumen tertarik bahkan loyal terhadap brand Anda, hingga mereka menjadi pelanggan setia yang terus menggunakan produk dan layanan Anda.
IDEOWORKS siap membantu Anda untuk mengoptimalkan brand awareness melalui content strategy dan berbagai metode digital marketing lainnya. Untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi, hubungi IDEOWORKS melalui informasi kontak yang tersedia.