Articles

22 June 2020

Pentingnya Tentukan Niche Market untuk Bisnis

Beberapa pemilik bisnis telah mendefinisikan niche market mereka dan memiliki gambaran yang jelas soal siapa mereka dalam pemasarannya. Namun, ada juga pemilik bisnis yang masih mengabaikan atau malah tidak yakin dengan niche market mereka.

Seringkali, pemilik bisnis melihat niche market sebagai sesuatu yang mempersempit penjualan mereka atau memotong margin keuntungan, sehingga mereka tampak takut. Sebenarnya niche market dapat didefinisikan sebagai komponen yang memberikan kekuatan pada bisnis Anda.

Menurut University of Arizona, niche market adalah segmen dalam target audiens Anda yang lebih besar yang memiliki karakteristik demografis, perilaku pembelian, dan gaya hidup yang serupa. Pemilik usaha kecil sering berfungsi sebagai perusahaan khusus, menargetkan industri atau tipe konsumen tertentu. Melalui taktik pemasaran strategis, industri khusus dapat menggunakan pemasaran dan iklan untuk secara langsung menarik niche market mereka.

Untuk menemukan niche market dapat melibatkan banyak penelitian terutama jika tidak ada yang menembus pasar sebelumnya. Tetapi kadang-kadang bisa mudah. Contoh niche market, misalnya untuk produk luas seperti jaket. Target pasar untuk jaket secara harfiah adalah setiap manusia di bumi, tetapi ketika Anda mulai menyebutkan jenis-jenis jaket, niche itu mulai muncul.

Atau contoh niche market lainnya, pasar untuk komputer sangat besar tetapi ada pasar khusus untuk komputer siswa dan laptop, yang mencakup berbagai jenis persyaratan sistem tergantung pada kebutuhan pelanggan.

Menurut Charlene Walters, mentor bisnis dan pencitraan merek serta penulis Own Your Other, menemukan niche market membedakan bisnis Anda dari pesaing dan memungkinkan Anda untuk unggul di sektor Anda.

Mengapa niche market penting?

Ekpektasi yang terjadi ketika melakukan pemasaran online adalah jika Anda membangunnya dengan perlahan, maka memiliki bisnis online akan membuat Anda kaya. Kenyataannya adalah bahwa Anda harus menemukan niche market Anda, menawarkan produk atau layanan yang mereka tuntut dan membuatnya mendatangi Anda, untuk mencapai tingkat kesuksesan finansial melalui internet.

Mendefinisikan niche market Anda sebelum Anda memulai strategi pemasaran online penting karena beberapa alasan berikut.

- Anda dapat memaksimalkan anggaran pemasaran Anda dengan menargetkan niche market yang Anda tentukan. Anda akan tahu dengan jelas di mana harus beriklan. Anda akan tahu kebutuhan blog dan situs terkait yang melayani pasar Anda. Ini memberi Anda titik awal.

- Ketika Anda mendefinisikan niche market secara tepat, situs web Anda kemudian dapat dioptimalkan untuk mesin pencari sehingga niche market Anda dapat dengan mudah menemukan Anda.

- Anda dapat memenuhi situs web Anda dengan niche market Anda. Anda dapat mengembangkan situs Anda untuk memandu pemirsa dan membantu mereka menemukan solusi atau produk yang Anda tawarkan di mana khusus untuk masalah yang dihadapi niche market Anda.

- Niche market yang ditentukan memudahkan Anda dalam mengembangkan ide untuk produk atau layanan baru yang secara inheren menarik bagi niche spesifik Anda.

- Anda memiliki keunggulan dalam membangun diri Anda sebagai pemimpin dalam industri.

Manfaat Niche Market

Menjadi bagian dari niche market memiliki banyak keuntungan sehingga tidak heran bisnis selalu berusaha mengidentifikasi Unique Selling Proposition (USP) yang menempatkan mereka dalam niche. Berikut beberapa manfaat menentukan niche market untuk bisnis:

1. Spesialisasi produk

Bisnis niche yang berspesialisasi dalam bidang atau jenis produk tertentu, seringkali memberi mereka keunggulan kompetitif dibandingkan bisnis lain. Mempersempit fokus pada pembeli potensial memungkinkan bisnis khusus untuk mengimplementasikan rencana pemasaran yang menyoroti bidang-bidang produk yang paling menarik bagi demografi tertentu.

Strategi pemasaran dapat disesuaikan dengan produk atau layanan spesifik yang ditawarkan, menciptakan kampanye iklan keseluruhan yang lebih efektif. Memiliki bisnis dengan niche market juga memudahkan dalam menentukan target audiens.

2. Mempersempit persaingan

Menawarkan produk inovatif atau khusus dapat membantu bisnis Anda memantapkan diri sebagai penentu kecepatan dalam industri. Memilih memasarkan layanan atau produk khusus dapat membantu membangun bisnis baru. Perusahaan lain mungkin menawarkan pilihan yang lebih besar, tetapi tidak memiliki semua dalam satu solusi untuk memenuhi permintaan klien.

3. Mencapai target pemirsa

Program niche market memiliki peluang yang lebih baik untuk mencapai target pelanggan mereka. Melalui penentuan posisi pasar yang khusus itu, perusahaan dapat mengembangkan brand yang ditargetkan untuk demografi dan gaya hidup konsumen tertentu.

Dengan mengumpulkan data tentang kecenderungan dan preferensi audiens, sebuah bisnis dapat memposisikan kampanye pemasaran khusus untuk menarik secara langsung ke pembeli produk yang diinginkan. Memiliki target spesifik juga memungkinkan perusahaan untuk menguji kampanye iklan tertentu dan memperbaiki strategi berdasarkan hasil yang diinginkan.

4. Pengaturan harga yang mudah

Ketika sebuah perusahaan memasarkan produk unik kepada audiens yang sudah terkhususkan, bisnis dapat menetapkan harga untuk meningkatkan profitabilitas. Ya, mungkin biaya produksi per unit lebih tinggi untuk produk-produk khusus, tapi perusahaan dapat mengganti kerugian mereka dengan menetapkan titik harga yang mencerminkan ketersediaan produk secara eksklusif bersama dengan biaya produksi.

Strategi niche market fokus pada kelangkaan fitur produk dibandingkan dengan item pasar massal, menarik bagi konsumen melalui aspek unik yang ditawarkan.

Perlu diingat:

Karena ukuran pasar yang lebih khusus itu, pendekatan pemasaran ini tidak cocok untuk perusahaan yang kecil dan bermaksud untuk bertumbuh di pasar saat ini. Pasar yang lebih kecil membuatnya sulit untuk menikmati margin laba yang lebih besar di pasar.

Niche market bukan lagi sesuatu yang asing untuk dilakukan jika ingin mendapati bisnis memperoleh kekuatan yang lebih besar dengan efektivitas pemasaran. Setelah mengetahui betapa penting niche market untuk bisnis Anda, tugas selanjutnya adalah bagaimana menentukan niche market yang tepat berdasarkan penelitian dan pengumpulan data. IDEOWORKS sebagai advertising agency mampu mendampingi bisnis Anda mencapai tujuan perusahaan lewat strategi pemasaran yang terencana berbasis data dan kreativitas demi menemukan keunikan.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150