Preloader

Rahasia Social Media Agency Jakarta dalam Membuat Konten

Social media agency Jakarta tengah laris manis di pasaran. Jasa mereka dalam membuat konten menjadi jalan bagi bisnis dan perusahaan untuk meningkatkan engagement serta penjualan produk dan jasa. Buat mereka pelaku bisnis di Jakarta, contohnya, social media agency memang tak terbantahkan. Sebab, jasa yang mereka tawarkan dapat membantu pelaku bisnis dan untuk membuat, merancang, dan mengelola kegiatan pemasaran. Melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan bahkan TikTok, yang mulai digandrungi oleh para pebisnis, social media agency kian menyasar semua kalangan. Tak terbantahkan pula, mereka bahkan sampai terlibat dengan pebisnis yang masih merintis.

Social Media Agency Jakarta dalam Membuat Konten

Social media agency Jakarta terbaik punya beberapa trik dalam membuat konten. Secara umum, memang tak jauh berbeda. Namun, bagi kamu yang lagi mencari social media agency terpercaya, silakan simak tips berikut:

Membuat Perencanaan

Pertama-tama, langkah yang dijalankan oleh social media agency yaitu membuat perencanaan. Perencanaan ini meliputi 3 aspek utama, yaitu menentukan tujuan secara jelas, membangun tampilan visual, serta menyusun jadwal posting. 

Menentukan Tujuan yang Jelas

Social media agency menitikberatkan pada tujuan pemasaran. Jalan ini membantu klien tetap fokus agar mencapai tujuan tersebut. Sederhananya, tujuan adalah guideline yang mengarahkan susunan strategi.

Menyusun Strategi Konten Selaras dengan Tujuan

Social media agency terpercaya punya peran penting dalam menyusun berbagai strategi konten. Satu di antara tujuan marketing tentu untuk meningkatkan impresi serta engagement audiens. Agar mencapai tujuan tersebut, strategi yang dapat diaplikasikan yaitu dengan membuat konten berisi informasi bermanfaat. Tentunya harus mengemas informasi tersebut dalam tampilan menarik. Baik itu berupa foto, video, ilustrasi, atau infografik.

Memahami Jenis Konten dengan Tepat

Untuk mendapatkan predikat best social media agency Jakarta tentu mereka memahami bahwa terdapat beberapa jenis konten pada media sosial. Berbagai jenis konten tersebut dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan engagement dengan audiens sehingga terkonversi. Adapun, beberapa jenis konten media sosial yang dapat meningkatkan performa marketing bisnis antara lain sebagai berikut:

  • Foto

Foto adalah jenis konten yang sangat umum dijumpai pada media sosial. Ini adalah modal utama untuk membuat audiens tertarik dengan produk bisnis. Maka, kualitas foto produk akan menentukan performa engagement. Terkadang mengunggah beberapa foto sekaligus juga diperlukan untuk memperlihatkan detail-detail produk dari berbagai sudut. Ini dapat meningkatkan rasa ingin tahu audiens tentang kualitas suatu produk atau layanan.

  • Video

Mengunggah video pendek akan jadi salah satu cara social media agency merekomendasikan jenis konten untuk mendatangkan engagement cukup tinggi. Durasi video yang pendek juga cukup menguntungkan karena Anda bisa fokus menunjukkan kualitas produk atau memperkenalkan jasa secara efektif dan cepat. Bahkan video berdurasi pendek membuat audiens tidak men-skip konten Anda.

  • Infografis

Kini banyak sekali pelaku bisnis yang memanfaatkan konten infografis dalam kegiatan pemasaran mereka. Infografis merupakan konten berisi informasi menarik serta bermanfaat yang memberikan nilai-nilai edukasi atau lainnya kepada audiens. Infografis yang berupa visual menarik tentu saja lebih diminati ketimbang menulis caption panjang lebar. Dengan teks, data, statistik yang tersaji secara simpel, audiens bisa mengikuti informasi secara cepat dan mudah.

  • Kontes

Ini adalah jenis konten yang biasanya juga direkomendasikan oleh social media agency untuk memaksimalkan engagement. Karena konten kontes melibatkan pengguna lain untuk turut serta dan memenangkan suatu reward.

Sekilas Tentang Social Media Agency 

Menurut Derric Haynie, CEO Vulpine Interactive, sebuah social media agency adalah agensi digital marketing yang berspesialisasi dalam media sosial. Mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang media sosial, konten, dan bagaimana upaya digital marketing. Social media agency memiliki sebagian besar tanggung jawab pada social media marketing sebuah perusahaan. Tapi ada juga social media agency yang menawarkan semua solusi untuk semua kebutuhan bisnis. Mereka memberikan banyak pilihan layanan, yang mencakup social media publishing, social media audit, create social profile, competitor analyst, hingga social customer report.

Dan untuk lebih jelasnya, berikut rincian jasa social media agency:

Menguatkan Brand Persona di Dunia Digital

Branding merupakan kunci sukses marketing. Dalam era yang melek digital seperti saat ini, digital branding menjadi salah satu cara terbaik untuk menyampaikan key message dari produk atau jasa. Oh, ya, digital branding ini merupakan suatu upaya untuk membangun brand dengan memanfaatkan platform digital: website, aplikasi, dan media sosial.

Audit Sosial Media

Social media agency akan mengaudit sosial media brand guna mengidentifikasi area yang perlu dititikberatkan. Mereka akan menyarankan cara untuk memperbaiki masalah dalam strategi yang sudah pernah dijalankan sekaligus merancang social media strategi untuk bisnis. Pada dasarnya proses ini akan memberi laporan terperinci tentang keberhasilan dan kegagalan profil media sosial sebuah brand. Laporan ini juga berfungsi untuk membantu menemukan kelemahan dan kekuatan dari bisnis. Adapun, poin-poin yang akan menjadi audit social media agency meliputi reach and impressions, followers, engagement (likes, comments, share, tagging), high performing post, low performing post, hingga analisa tipe konten yang sesuai untuk sosial media.

Strategi Marketing Social Media

Social media agency membuat dan membangun bisnis dengan cara-cara kreatif yang bisa terhubung dengan sosial media. Membuat konten grafis atau video interaktif agar audiens tertarik. Namun, pekerjaan sebelumnya yang kudu dibuat oleh social media agency ialah membuat strategi dengan melihat laporan audit, yang sudah mereka sebelumnya, mempelajari kompetitor, dan merumuskan strategi yang tepat dengan brand story. Mereka mencantumkan jenis konten dan frekuensi publish yang sesuai, menentukan matrik, dan social media spend untuk memastikan ROI yang positif.

Membuat Profil Social Media

Setiap platform media sosial bekerja dengan cara yang berbeda. Nyaris dipastikan tidak semua bisa bekerja secara optimal untuk semua jenis bisnis. Misalnya saja, Instagram cocok untuk brand makeup, fashion, beauty, yang berhubungan dengan looks. Social media agency mempelajari industri tempat bisnis berada. Mereka juga mengidentifikasi beberapa platform yang paling tepat digunakan oleh brand tersebut.

Social Customer Report

Memberikan customer experience yang memukau adalah salah satu kelebihan social media agency. Social customer care adalah salah satu jenis tren marketing yang baru. Ketika sebuah brand bisa melayani customer ini dapat memperkuat brand awareness sebuah produk. Social media agency terbaik biasanya menawarkan layanan untuk maintain customer demi mewujudkan customer experience yang sempurna. Penting untuk dipahami bahwa apa yang terjadi di media sosial, dunia bisa melihat. Orang dapat melihat suatu brand merespon customer. Jika dilakukan dengan benar, perusahaan akan mendapatkan image yang positif.

 

Membahas soal media social agency, rasanya kurang pas bila kita tidak mengetahui alasan perusahaan menggunakan jasa mereka. Tapi jauh sebelum itu, ulasan di bawah ini bisa jadi gambarannya: Kok, para pebisnis sampai perusahaan harus menggunakan social media agency, sih? Well, ada beberapa faktor mengapa bisa menjadi pertimbangan yang baik dan tepat. Misalnya:

  1. Tim Social Media Agency Pasti Profesional

Social media agency sudah pasti berisikan para  profesional. Sebab, sudah mempunyai pengalaman kerja dengan kultur yang sangat akrab dengan semua aktifitas digital marketing.

  1. Pengalaman Tim Social Media Agency Berbicara

 Pengalaman tim social media agency yang telah terbiasa mengelola klien tentu tidak diragukan lagi. Untuk kegiatan digital marketing, mereka punya konsep-konsep yang lebih relevan dan berkualitas.

  1. Sumber Daya Lengkap

Para penyedia jasa social media agency mempunyai sumber daya yang lengkap. Mereka punya tenaga profesional dan saling berkaitan dengan semua hal media sosial. 

  1. Sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan

Social media agency akan mengerjakan sesuai pesanan dan membayar sesuai penawaran yang kedua belah pihak sudah setujui. Mereka tanggung jawab penuh untuk mengerjakan sesuai permintaan dan kebutuhan klien.

  1. Kontrak Kerja Jelas

Kontrak kerja dengan social media agency disesuaikan dengan hasil. Jika kurang memuaskan mereka bisa saja memutus kontrak secara sepihak. Sebaliknya, jika bagus, tentu akan menguntungkan kedua belah pihak.

Jika kamu adalah pelaku bisnis yang membutuhkan jasa social media management, IDEOWORKS.id adalah agency yang tepat. Kami adalah salah satu social media agency Jakarta berpengalaman. Kamu dapat menghandle beragam social media klien dari banyak background industri.

 

Reference:

https://www.dreambox.id/blog/digital-marketing/semakin-diminati-berikut-cara-social-media-agency-membuat-konten-instagram/

 

Let’s talk about your brand