Ketika pebisnis ingin beradaptasi dengan kemajuan teknologi dari trend terkini harus memiliki kemampuan meng-create social media. Terutama ketika dihadang oleh krisis finansial seperti munculnya pandemi covid 19 yang mengancam perkembangan ekonomi pasar. Hal tersebut dikarenakan keuntungan menerapkan konten promosi melalui social media sangat mudah dan murah. Salah satu social media marketing yang sedang naik daun adalah Instagram Reels. Bikin konten promosi di Instagram Reels jadi trend terkini brand memiliki exposure tinggi.
Sejak Instagram Reels resmi rilis di Indonesia, fitur ig tool ini cukup menarik perhatian bagi pengguna. Instagram Reels memiliki konsep sistematis mirip TikTok, yaitu konten video berdurasi singkat. Fitur satu ini bermanfaat untuk content creator termasuk pebisnis mendatangkan followers dan engagement melalui berbagai strategi digital (create instagram) konten yang dihasilkan.
Beberapa kelebihan fitur Instagram ini mempunyai kelebihan yang dapat dimanfaatkan. Pertama, video reels tersimpan secara permanen pada akun Anda. Kedua, reels memberi brand Anda kesempatan menjangkau audiens lebih luas. Terakhir, reels dapat membantu membuat video konten lebih menarik dan mampu menunjukkan brand personality.
Menurut Robert Miller, conversion rate Instagram atau persentasi pengaruh post Instagram terhadap aktivitas audiens membeli produk yang di-post sekitar 1.85%. Angka ini lebih tinggi dibanding platform Facebook dan Twitter.
Apakah Anda ingin tahu cara bikin konten menggunakan Instagram Reels lebih menarik untuk bisnis? Kalau serius, maka Anda harus tahu cara create instagram konten dan mempublish dengan fitur social media marketing.
Mengenal Instagram Reels
Instagram Reels adalah sebuah fitur trend terkini dari Instagram untuk dapat create instagram video menarik dengan durasi singkat. Video di Instagram Reels dapat dibuat minimal 3 detik dan maksimal hingga 30 detik. Dengan begitu, konten video dapat terunggah di feed instagram dan menjangkau banyak audiens setiap harinya.
Instagram Reels selalu memberikan pengalaman baru bagi pengguna dengan sejumlah ig tool yang memungkinkan Anda bisa create video dengan musik, teks, filter, striker serta efek spesial lainnya. Tak hanya itu, Reels juga menyediakan jalan untuk menjelajahi video pendek. Yang mana user bisa mencari informasi berbagai video melalui fitur explore dengan cara menge-tap Reel di bagian atas screen aplikasi tersebut.
Instagram Reels dapat membangun brand Anda
Strategi marketing melalui ig tool satu ini memang menjadi trend terkini yang patut dibicarakan. Nah, Instagram mampu membuktikan formula yang pas untuk menarik minat pengguna berinteraksi. Menurut John Holdridge, bahwa hal yang mendasar paling menarik dari social media adalah kemampuan membuat sesuatu konten menjadi viral. Sedangkan menurut Sked Social, mereka telah melihat viewer konten video naik hingga 5 kali setelah menggunakan Reels. Inilah waktunya untuk bisnis Anda dapat menjangkau audiens yang besar, karena social media marketing Instagram ini dapat menjadi seorang follower dan mengubah follower brand lain menjadi konsumen yang loyal, lho.
Bagaimana memanfaatkan konten dari Instagram Reels untuk bisnis?
Melihat perkembangan social media marketing, 60% pebisnis menggunakan video sebagai bentuk pemasaran di tahun 2021 dan terus meningkat sampai hari ini, Reels menjadi salah satu strategi yang patut Anda coba. Begini cara pebisnis bikin konten Instagram Reels jadi lebih menarik. Simak tipsnya di bawah ini.
Kenalkan Produk Anda
Pertama-tama ketika Anda ingin mencoba create instagram dengan konten promosi produk, pastikan buat skema yang menjelaskan tentang produk tersebut. Keunggulan Reels yang bisa menjangkau banyak audiens, bahkan pengguna yang tidak mengikuti Anda akan berpeluang berpartisipasi. Produk merupakan objek yang jelas dapat mengubah mindset pengguna ketika bentuk, ukuran, kemasan, dan bahasa yang digunakan dapat dimengerti. Karena dengan video singkat tersebut, Anda harus yakin kalau pengguna mudah mengetahui produk. Bila perlu sertakan deskripsi menarik dan hashtag yang mendukung marketing dapat meningkatkan engagement dari unggahan.
Konsistensi Konten Postingan
Berikutnya ini masih sambungan dari tips pertama untuk mengenalkan produk yang Anda jual melalui Instagram Reels. Konsistensi konten yang di posting menandakan bahwa produk Anda tengah berjalan secara teratur dan perlahan mulai mendapat perhatian dari audiens. Kebiasaan dengan konsisten posting konten berpeluang besar muncul di beranda Reels. Karena pada dasarnya mengunggah konten di social media marketing (Reels) menjadi indikator bagi Instagram bahwa akun Anda aktif dan bisa mendapat reward untuk tampil secara maksimal di beranda. Buatlah konten secara teratur, pastinya. Lalu manfaatkan fitur ig tool Insight untuk menganalisis followers yang aktif, agar jadwal postingan Anda sesuai dengan traffic followers.
Buat Konten Profesional
Kekuatan besar dari Social Media Marketing adalah kejujuran brand. Buktikan kalau Anda pebisnis profesional dengan create instagram konten secara profesional (orisinil). Kemas konten dalam bentuk yang lagi hype dan menyenangkan di Reels. Video yang personal dan unik dapat meningkatkan engagement dari postingan. Selain itu, personalitas dari brand Anda sendiri akan terbentuk melalui video yang Anda buat secara orisinal.
Sisipkan Konten Edukasi
Cara bikin konten edukasi menjadi keunggulan setelah kehadiran orisinalitas. Karena social media marketing tidak hanya bisa menjangkau banyak pengguna untuk berbelanja, tetapi ada kalanya mereka memanfaatkan informasi yang bersifat edukasi. Sisipkan konten edukasi di Instagram Reels untuk kebutuhan audiens menjadi sesuatu yang baru. Rasa interesting audiens terhadap brand ketika di social media tidak hanya dari produk yang mereka jual, tetapi kreativitas dalam menerbitkan konten menarik yang tidak membosankan setiap harinya.
Pemilihan Sound yang sedang tren
Pemilihan sound yang sedang trend terkini atau viral menjadi salah satu andalah content creator di platform Instagram dan TikTok. Bedanya, Instagram memiliki kumpulan lagu yang dapat digunakan pengguna untuk latar belakang konten Reels. Memanfaatkan sound tren inilah yang berpeluang meningkatkan exposure dari pengunjung. Selain musik, Anda dapat memanfaatkan ig tool pengeditan dan berbagai efek visual (filterasi) di Reels.
Gunakan Instagram Ads
Cara terakhir sebagai penyempurna bikin konten Instagram Reels menarik untuk bisnis adalah gunakan (aktifkan) Instagram Ads. Cara satu ini paling ampuh dan sudah terbukti untuk brand menjangkau audiens sesuai target lebih engaging dari sebelumnya. Dengan Instagram Ads Anda bisa memastikan seberapa besar target audiens yang ingin Anda maksimalkan. Karena Instagram Ads memungkinkan Anda untuk membuat iklan di feed, stories dan Instagram Reels.
Bila Anda bisa memanfaatkannya dengan baik dengan strategi social media marketing yang tepat, keuntungan bisnis yang layak sudah pasti Anda dapatkan. Nah, untuk mempermudah strategi social media marketing yang tepat sasaran, Anda bisa kolaborasi dengan Ideoworks.id sebagai salah satu creative agency Jakarta yang mampu menyelesaikan kebutuhan klien mendekati 100% keberhasilan.
Reference
https://www.soocadesign.com/blog/instagram-reels-untuk-promosi-bisnis/