Ramadan 2025 menjadi momen tepat untuk campaign marketing, meski demikian, hanya beberapa yang benar-benar sukses mengikuti tren, sehingga bisa menciptakan hubungan emosional dengan konsumen. Lantas, seperti apa campaign Ramadan yang telah sukses dengan mengikuti 2025 trends? Berikut penjelasannya.
Kunci Sukses Campaign Ramadan 2025 di Indonesia
Jika dilihat dari sisi digital marketing, untuk membuat campaign yang sukses biasanya diperlukan strategi SEO hingga media sosial yang tepat. Tujuannya tidak lain untuk menjadikan brand Anda semakin terlihat dan mudah ditemukan.
Namun, brand tidak hanya perlu meningkatkan visibilitas, tapi juga harus bisa menciptakan engagement yang berkesan dengan konsumen. Untuk itu, ada tiga faktor utama yang membuat strategi Ramadan kali ini sukses, yaitu:
1. Kesesuaian Budaya
Sampaikan pesan yang beresonansi dengan nilai-nilai Ramadan, bisa disampaikan melalui social media atau media sosial.
2. Pemilihan Waktu yang Tepat
Berkomunikasi dengan audiens di saat paling efektif untuk berinteraksi dengan mereka. Gunakan data analytic sebagai acuan informasi yang membantu untuk mengetahui waktu, kapan audiens paling aktif online.
3. Smart Channel dan Ads
Buat channel dan iklan secara pintar, untuk menjadikannya tempat bagi brand Anda bertemu dengan audiens. Anda dapat memanfaatkan marketing technology sebagai tools untuk mewujudkannya.
Lantas, agar Ramadan 2025 sukses, apa saja strategi marketing yang telah dilakukan? Lihat inspirasinya berikut.
Strategi Campaign Ramadan Sukses di Tahun 2025
Dengan memanfaatkan pemasaran online melalui digital ads serta berbagai platform lainnya, Anda dapat mencoba mengikuti elemen strategi berikut ini:
1. Kesesuaian Budaya
Momen Ramadan adalah saat-saat penantian menjelang Idul Fitri. Manfaatkan momentum ini dengan melakukan strategi berikut:
– Perayaan autentik: Buat campaign yang merayakan nilai-nilai Ramadan, untuk menaikkan engagement hingga 30%.
– Pentingnya makna budaya: Di Indonesia, 77% konsumen memilih brand yang mengapresiasi warisan budaya, maka tunjukkan bahwa brand Anda menghargai tradisi untuk membangun koneksi dan loyalty.
– Menjangkau audiens di Jawa: Fokus kepada audiens yang lebih muda, buat mereka tertarik dengan menjadikan brand Anda bernuansa keren, trendi, dan berpikir ke depan.
– Menjangkau audiens di luar Jawa: Fokus kepada marketing yang menggabungkan elemen nostalgia dan nuansa tradisional, untuk menciptakan emosi yang kuat dan menjadikan brand menarik.
2. Pemilihan Waktu yang Tepat
Seasonal campaign saat Ramadan paling ideal di saat sahur, buka puasa, dan malam hari. Berikut ide marketing untuk Anda:
– Sahur: Lebih dari 75 juta orang online menggunakan smartphone dan kegiatan mobile meningkat 230%, maka, sahur menjadi waktu ideal untuk iklan dan promosi makanan.
– Buka puasa: 90 juta orang online selama buka puasa, dengan 33% peningkatan aktivitas dengan video mobile. Maka, brand dapat mengoptimalkan engagement salah satunya melalui iklan YouTue.
– Malam hari: Setelah buka puasa, 60 juta orang akan berbelanja online, dan 50% dari mereka browsing di e-commerce. Kesempatan ini sempurna untuk memberikan promosi dan penawaran eksklusif.
3. Smart Channel dan Ads
Anda juga bisa memanfaatkan smart channels dan smart ads untuk menjangkau consumer di momen Ramadan. Berikut ide dan inspirasinya:
Smart Channels
Jadikan content marketing strategi yang tepat, sebagai media untuk meningkatkan engagement dengan audiens, jangkau mereka di platform tempat mereka paling aktif saat Ramadan.
– Dominasi media sosial dan marketplace: Di tahun 2024, total unduhan social apps mencapai angka tertinggi. Anda bisa memperluas jangkauan brand dengan mengintegrasikan fitur belanja Instagram, Facebook, dan Tiktok, dengan Shopee, Tokopedia dan Lazada untuk membuat konversi.
– Online gaming: 44% orang akan menghabiskan waktu dengan bermain game online saat Ramadan, dengan puncaknya saat sebelum sahur dan setelah buka puasa. Pada saat-saat ini, buat iklan gamified, berikan reward dalam game, buat konten video pendek, dan pembelian dalam aplikasi.
– Promosi di e-wallet: Berikan promo cashback, diskon spesial, Buy Now Pay Later, dan penawaran pinjaman online.
– Promo belanja di e-commerce: 60% konsumen berbelanja online lebih banyak saat Ramadan. Maka, berikan flash deals, diskon, dan ongkir gratis agar menarik.
– Tingkatkan kebaikan: Badan amal dan non-profit akan menerima donasi lebih, sehingga penting untuk menyesuaikan campaign dengan perilaku konsumen, agar dapat meningkatkan impact-nya.
– Pengalaman belanja omnichannel: 93% konsumen berbelanja online dan offline. Maka, brand dapat memberi penawaran cross-channel, try-on virtual, dan display digital interaktif, untuk menciptakan engagement.
– Optimalkan delivery makanan: Brand Anda bisa mencuri perhatian dengan memberikan promo spesial, diskon khusus, promosi untuk sahur dan menu buka puasa.
Smart Ads
Manfaatkan iklan untuk membuat brand semakin dikenal. Anda juga dapat merancang strategi bersama creative agency. Berikut idenya untuk Anda:
– Iklan brand: Brand dapat menarik perhatian dengan menawarkan iklan untuk diskon, dan beri CTA yang jelas, karena 73% orang mengutamakan promo seperti ini.
– Iklan video mobile: Iklan video mobile bisa menarik perhatian 89% audiens. Maka, brand Anda bisa meningkatkan engagement melalui strategi shoppertainment, gunakan konten yang humoris dengan berkolaborasi dengan influencer, untuk meningkatkan konversi.
– Iklan live streaming: Coba berinteraksi dengan audiens yang lebih muda melalui pengalaman interaktif, live shopping, dan sesi tanya jawab di platform seperti TikTok Shop, Instagram dan YouTube.
– Iklan bertarget: 84% masyarakat Indonesia adalah pembeli menit-terakhir. Maka, brand Anda bisa mengoptimalkan konversi dengan membuat iklan berdasarkan lokasi, memberi penawaran eksklusif 1-2 minggu sebelum hari raya, berikan juga flash sale untuk konsumen yang sedang mencari hadiah.
Kesimpulan
Ramadan selalu menjadi momen untuk refleksi, serta saat yang tepat untuk melakukan marketing dengan menyampaikan nilai-nilai brand secara mendalam. Meski demikian, salah satu kunci marketing yang tepat dan bisa mencuri perhatian, adalah membuat iklan yang berkaitan dengan budaya masyarakat, serta memberikan hiburan game sebagai bagian dari campaign.
Untuk itu, digital agency Jakarta siap menjadi rekan Anda dalam merancang strategi yang tepat. IDEOWORKS hadir sebagai digital marketing agency handal dengan pengalaman yang terpercaya, siap menemani Anda untuk merancang solusi dalam pembuatan campaign marketing, terinspirasi dari momen Ramadan 2025. Hubungi IDEOWORKS melalui kontak yang tersedia, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.