Selama kurun waktu 2016-2021 (5 tahun) sejak industri digital mengalami peningkatan terhadap aktivitas social media, berbagai trend terkini terus hadir. Menjelang akhir 2021 lalu, ada beberapa popularitas TikTok yang lagi trend hingga fitur belanja melalui social media. Pandemi covid-19 juga ikut andil dalam mempengaruhi perilaku pengguna social media dalam mendistribusikan berbagai tren baru. Sampai hari ini tren TikTok masih menjadi nomor satu untuk mengadopsi social media marketing.
Demikian dengan situasi global saat ini juga berpengaruh dan menantang sekaligus menawarkan peluang bagi pebisnis atau perusahaan terus maju memanfaatkan teknologi digital. Tren TikTok dalam laporan ini akan membantu pemasaran brand global baru maupun terkenal merencanakan strategi yang sukses.
Kenapa TikTok jadi rekomendasi?
Lebih dari satu miliar pengguna hadir di TikTok untuk mendapat hiburan pada tahun 2021, mencari berbagai kegembiraan, mempelajari hal baru, serta menciptakan momen. TikTok populer mengajari banyak hal tentang komunitas, budaya, dan bagaimana sebuah brand dapat memainkan peran penting sebagai marketing digital. Dan juga telah menjelma menjadi solusi pengguna maupun pebisnis dari brand untuk meraup keuntungan. Selain itu juga memberikan ruang beberapa brand kecantikan kelas dunia berinteraksi dengan komunitas, brand makanan dan restoran mengangkat konten tentang pelayanan, hingga perusahaan keuangan menjadikan topik finansial lebih mudah dan menarik untuk dipahami. Sehingga rekomendasi TikTok yang lagi trend menjadi strategi baru marketing.
Bagaimana tren TikTok di tahun 2022?
Laporan bertajuk “TikTok What’s Next Report 2022” menyajikan pembahasan mendalam ke berbagai area yang dapat memberikan manfaat serta kesuksesan nyata untuk brand di TikTok populer tahun 2022. Laporan ini menampilkan kategori dengan kinerja terbaik, tips brand yang mencari inspirasi, dan studi kasus untuk mengidentifikasi agar sukses di TikTok.
Sedangkan laporan perusahaan consumer intelligence nomor satu di dunia Talkwalker—platform customer relationship management (CSR) Hubspot, merilis trend terkini secara global. Berdasarkan isi laporannya, TikTok diprediksi akan menjadi tren utama social media di tahun 2022.
Menurut Talkwalker, TikTok memiliki sistem personalisasi konten yang canggih, dimana TikTok marketing dapat membantu brand meraih exposure, terhubung dan berinteraksi langsung dengan audiens yang berkualitas. Secara global, termasuk Indonesia merupakan pasar yang besar untuk menjadikan tren TikTok marketing.
Dengan menggunakan TikTok marketing, mari sambut campaign marketing impian Anda, yaitu menjadi kreator TikTok dengan kualifikasi yang berani, pecinta tren, ahli budaya dan bahasa, serta pionir yang mendukung brand untuk melampaui tujuan campaign, sehingga mendapatkan hasil yang berdampak nyata. Inilah saatnya merekomendasikan bisnis bersama TikTok marketing.
Kenapa TikTok marketing?
TikTok marketing adalah salah satu strategi bisnis digital dengan menggunakan jejaring sosial TikTok sebagai wadah mencari target. Dengan segala keunggulan TikTok populer, dari segi komunitas pengguna maupun fiturnya, mestinya pelaku bisnis seperti Anda mencoba memasarkan brand dari sekarang. Bahkan, dengan layanan TikTok for Business—memfasilitasi pelaku bisnis dengan wawasan statistik atau tools tambahan untuk mengakomodir kebutuhan marketing Anda seperti analisa keterlibatan dan performansi audiens.
Sementara itu, TikTok memiliki komitmen terhadap keamanan dengan memperkenalkan serangkaian kebijakan, produk, dan inisiatif yang mencerminkan dedikasi terhadap komunitas TikTok. Antara lain adalah pengaturan privasi dan keselamatan sesuai dengan usia, alat untuk mendorong kebaikan, mengurangi misinformasi, melawan perundungan, serta kampanye untuk meningkatkan kesadaran pengguna.
Beberapa aktivitas rekomendasi TikTok yang lagi trend untuk kegiatan marketing brand Anda saat ini.
TikTok Live Stream
Seiring berjalannya waktu, tren TikTok memang terprediksi jadi platform social media terlaris maupun sebagai hiburan atau marketing. Dengan adanya TikTok live stream yang berkembang, broadcast live stream semakin sering muncul di For You Page. Artinya konten Anda mendapat perhatian pengguna. Live stream pun menjadi salah satu prediksi trend terkini TikTok marketing 2022.
Ketika Anda melakukan pemasaran melalui live stream bisa dikombinasikan dengan fitur TikTok Shop. Di sana Anda bisa mengadakan campaign marketing seperti event live shopping, review virtual, dan lain sebagainya.
TikTok Shopping
Diluncurkan pada periode Agustus 2021, TikTok Shopping langsung mendapat perhatian dari kalangan marketer untuk menjadi tools strategi marketing kekinian. Berdasarkan survei Adweek-Morning Consult yang dirangkum Deseret News, 49% pengguna (audiens) akan membeli produk atau layanan pengguna setelah melihat iklan, kampanye promosi, atau ulasan di TikTok.
Menurut Social Media Today, TikTok Shopping akan menjadi trend terkini karena mengikuti pola dari “saudara”-nya yaitu Douyin. Douyin sendiri merupakan aplikasi TikTok versi Tiongkok. Perusahaan besar bernama ByteDance telah menginisiasi keduanya. Saat ini pemasukan terbesar Douyin berasal dari fitur shopping. Hal itu pula yang ByteDance lakukan kepada TikTok yang lagi trend untuk mengikuti pola monetisasi Douyin. Apalagi TikTok memiliki algoritma strategist yang baik untuk marketing Anda audiens lihat.
Dengan algoritma di fitur rekomendasi TikTok Shopping, tentu brand Anda bisa menjual berbagai produk dengan maksimal. Dalam satu studi kasus, melansir Tech Crunch, TikTok yang lagi trend menemukan sebuah brand telah menerima pemesanan enam kali lebih banyak dengan peningkatan 50% pada total kunjungan ke halaman produk setelah menggunakan salah satu jenis iklan TikTok, Collection Ads.
Trendjacking
Trendjacking merupakan salah satu strategi marketing yang berkaitan dengan topik yang sedang populer atau viral. Misalnya, sedang hype memperbincangkan Nike Air Jordan karena ‘gimmick’-nya, maka brand dapat membuat konten promosi dan kegiatan marketing yang berkaitan dengan konten ‘gimmick’ tersebut.
Nah, TikTok adalah platform yang tepat untuk menerapkan trendjacking agar kegiatan promosi brand Anda lebih maksimal. Apalagi, Top Ads dan Creative Center TikTok sudah memperbarui halamannya sehingga Anda bisa melihat tren konten marketing yang sedang berkembang.
Community Commerce TikTok
Community commerce telah memicu munculnya trend terkini belanja dengan mendorong percakapan sebagai budaya sehari-hari, baik untuk produk baru maupun lama. Menurut studi TikTok Marketing, sebanyak 73% pengguna merasakan hubungan indeph dengan brand yang berinteraksi dengan mereka di TikTok. Selain itu, 67% responden menyatakan bahwa TikTok menginspirasi mereka untuk berbelanja, bahkan saat mereka sedang tidak ingin belanja.
So, rekomendasi TikTok yang lagi trend tahun 2022 akan menjadi tahun pertama bagi TikTok marketing, yang mana sebuah fitur solusi e-commerce yang dapat mengubah video dan live streaming menjadi tempat hiburan belanja. Rekomendasi ini akan memudahkan brand, merchant, dan content creator untuk terus memanfaatkan keunggulan perniagaan, dengan perangkat yang membantu mereka membangun pengalaman belanja, memasarkan produk, dan menjalankan campaign marketing langsung di TikTok.
References:
https://glints.com/id/lowongan/tren-tiktok-marketing-2022/#.Yqyoo3ZBzIW