Articles

19 Mei 2021

Rencanakan Strategi Pemasaran Bisnis Lewat TikTok? Begini Caranya

Sosial media kini menjadi salah satu alat paling canggih untuk memasarkan bisnis. Selain Facebook dan Instagram, kini TikTok mulai dilirik oleh pelaku bisnis. Platform media sosial ini memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif bulanan dan menjadikannya sebagai media sosial yang memiliki pertumbuhan paling cepat sepanjang masa.

Hal menarik lainnya dari TikTok adalah pengguna. Bukan hanya generasi milenial dan Z, pengguna TikTok dari segala usia dan beragam latar belakang. Lalu apa bagaimana TikTok bisa menjadi strategi pemasaran terbaru untuk bisnis Anda? Dan bagaimana cara TikTok dapat meningkatkan keuntungan bagi usaha, terutama di bidang digital creative Jakarta? Berikut ulasannya.

TikTok, Seperti Apa Media Sosial ini?

TikTok merupakan platform media sosial berbasis video yang kini menjadi rumah dari video sinkronisasi bibir, tantangan, dan tren tarian viral. Perusahan induk TikTok yaitu ByteDance yang meluncurkan aplikasi ini di China dengan nama Douyin tahun 2017. Douyin dan TikTok menggunakan perangkat lunak yang sama, tapi jaringan dioperasikan terpisah untuk mematuhi undang-undang di China. 

Di tahun 2020 lalu, TikTok berada di puncak popularitas. Pengguna dari segala usia menggunakan platform ini. Menariknya, banyak selebriti yang menggunakan Tiktok untuk membuat dan berbagi video yang menghibur. Awal tahun 2020, TikTok secara resmi dinobatkan sebagai aplikasi paling banyak diunduh pada tahun 2019. 

Alasan TikTok Menjadi Platform Berharga

Banyaknya pengguna yang memakai TikTok membuat banyak brand yang bersedia meluangkan waktunya berinvestasi di platform ini. Menariknya, merek tersebut mendapatkan reaksi positif. Selain tingkat kesadaran merek, penjualan produk juga meningkat dengan investasi minimal.

TikTok memiliki medan permainan yang merata ketika viral. Berbeda dengan Instagram dan Youtube, akun TikTok yang tidak memiliki pengikut bisa menghasilkan jutaan tampilan dalam satu video. Hal tersebut menjadi alasan konten bagus dan menarik yang akan menjadi raja di TikTok. Belakangan TikTok juga mempermudah untuk mengarahkan lalu lintas dari platform menuju situs dengan menautkan link di bio. 

Melihat peluang tersebut, tentunya TikTok bisa menjadi media efektif untuk menggenjot penghasilan bisnis Anda. Apalagi mengingat jika beriklan di TikTok terbukti efektif untuk banyak merek.

Algoritma di Dalam TikTok

TikTok memiliki budaya tren yang masif. Tantangan terbesarnya adalah membuat konten yang bisa menjangkau semua usia, terutama generasi muda. Sebagian besar, konten yang viral berupa konten menari dan sinkronisasi bibir atau lip sync. Namun, kini mulai muncul tren berupa lelucon, sandiwara komedi, hewan, dan latihan kebugaran.  Jika ingin membuat konten asli, sebaiknya lengkapi konten Anda dengan tagar yang tren berdasarkan lokasi geografis. 

Memulai pemasaran dengan TikTok tidak hanya bermodalkan konten menarik. Anda juga wajib untuk memahami algoritma dari platform ini. Berikut informasi mengenai algoritma dari TikTok yang perlu diketahui.

  • Algoritma mengambil banyak indikator ke dalam akun

Indikator tersebut yaitu pembagian, komentar, rewatch, suka, dan penyelesaian video. Sementara eksposur akun.

  • Eksposur Akun Berdasarkan Kinerja

Konten video bisa mendapatkan jutaan penayangan meskipun jumlah pengikut sedikit. Algoritma ini mengambil interaksi pada setiap video dibandingkan akun secara keseluruhan.

  • Eksposur Awal Berdasarkan Lokasi

TikTok memiliki fitur halaman “Untuk Anda”. Fitur tersebut merupakan halaman rekomendasi yang berada di satu lokasi. Ketika video TikTok di publikasikan, konten tersebut pertama-tama akan tampil pada pengguna lain di lokasi sama. Algoritma ini sangat menguntungkan bisnis untuk meningkatkan kesadaran merek lokal.

Fitur TikTok dan Ciri Konten Menarik

Aplikasi TikTok mudah untuk diunduh. Cara untuk pembuatan akun juga sangat mudah. Namun, hal pertama yang terkadang menjadi kendala adalah kebiasaan untuk menggunakan platform ini. Cepat atau lambat, Anda pasti bisa menggunakan TikTok dengan baik. Fiturnya mudah dipahami dengan tata letak yang baik. 

Beberapa fitur yang lumrah digunakan dalam platform ini yaitu Sounds, Filters, Speed, Flash dan Timer. Dalam fitur Sound, Anda bisa menambahkan suara dan musik berbeda dengan menekan tombol “Add a Sound”. TikTok juga memiliki banyak pilihan filter yang bisa dipilih. Menariknya lagi, Anda bisa membuat video lebih cepat atau lebih lambat dengan memilih fitur Speed.

Catatan berikutnya jika menggunakan TikTok sebagai strategi pemasaran bisnis Anda yaitu langkah untuk publikasi konten. Ciri konten menarik yang bisa Anda ikuti yaitu :

  • Memiliki judul dan teks yang sesuai dengan isi konten
  • Video memiliki durasi sekitar 15 detik. Bertujuan untuk dibagikan ke lintas akun media sosial, seperti Facebook dan Instagram
  • Video memiliki dimensi 4 : 5. Dimensi ini memudahkan ketika Anda hendak membaginya di feed Instagram
  • Memiliki beberapa tagar populer dan tagar sesuai dengan konten

Platform canggih dan populer ini memiliki rasio besar untuk menguntungkan bisnis. Anda bisa mencobanya dengan membuat konten menarik yang masih relate dengan produk yang ditawarkan. Anda butuh bantuan untuk membuat strategi pemasaran bisnis? Hubungi saja digital creative Jakarta. Salah satunya IDEOWORKS yang dapat memberikan solusi terbaik untuk bisnis Anda. IDEOWORKS sendiri memiliki berbagai layanan untuk membantu bisnis berkembang. Termasuk pengolahan sosial media yang dapat menguntungkan usaha.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top