Jika Anda seperti kebanyakan marketer, tujuan Anda adalah mencapai persentase terbesar dari demografi Anda, dan melakukannya memberi Anda peluang terbaik untuk menghasilkan prospek, membuat konversi, dan diharapkan membangun hubungan jangka panjang. Meskipun ada banyak cara untuk mencapai ini, mungkin salah satu yang terbaik adalah dengan mendaur ulang konten atau repurposing.
[irp]
Tidak jarang pelaku bisnis bekerja keras dan menginvestasikan banyak sumber daya dalam membuat konten. Tetapi sering mati di platform dan pada hari yang sama dengan publish nya. Mengapa? Karena content marketing strategies tidak berhenti setelah Anda memencet publish. Menggunakan strategi yang tepat dapat membuat konten Anda bertahan selama bertahun-tahun dan menghasilkan ROI yang berharga.
Repurposing mengacu pada proses mengambil sepotong konten pada satu platform, mengerjakannya kembali, dan menggunakannya kembali pada platform yang baru. Misalnya, Anda terbiasa mengeluarkan artikel di blog Anda dan tidak melakukan apapun setelahnya. Blog ini dapat berubah menjadi email masa depan, Instagram post, LinkedIn post, dan sebagainya. Ini bukan hanya berbagi artikel, tapi membuat konten baru yang dirancang dalam platform tersebut dan audiensnya. Anda dapat melakukan ini dengan bantuan agency Jakarta.
[irp]
Reposting vs Repurposing
Pertama-tama, penting untuk menjelaskan perbedaan antara keduanya. Reposting melibatkan pengambilan satu konten dan memposting konten tersebut di berbagai platform. Misalnya, Anda mungkin mempublish artikel asli di blog Anda, lalu mempublish ulang artikel yang sama persis di Facebook, Twitter, dan LinkedIn.
Repurposing berbeda karena Anda mungkin akan membuat podcast atau video Youtube yang mencakup materi yang sama tetapi dalam format yang sama sekali berbeda. Anda dapat menganggapnya sebagai mendaur ulang konten yang sudah ada sehingga dapat diakses di berbagai platform.
[nextpage title=” “]
Manfaat Repurposing Konten
Repurposing mungkin terlihat sebagai proses yang relatif sederhana, naum hadir dengan beberapa manfaat yang signifikan:
-
Kemampuan Lebih Besar untuk Menjangkau Audiens
Setiap orang memiliki preferensi mereka sendiri dalam hal cara menyerap konten. Anda dapat meningkatkan kehadiran Anda dengan beradaptasi dengan preferensi tersebut. Misalnya, satu orang mungkin suka membaca posting blog dan yang lain lebih suka mendengarkan podcast. Anggap saja saat Anda memberikan lebih banyak aksesibilitas untuk gaya yang berbeda untuk menggunakan media. Semakin banyak Anda dapat melakukan repurposing terhadap konten Anda, semakin besar jangkauan yang Anda dapatkan. Dan jika Anda menjangkau lebih banyak orang, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan lebih banyak penjualan dan keterlibatan.
[irp]
-
Mendapat Audiens Baru yang Berbeda
Melakukan repurposing terhadap sebuah konten dan mempublish nya di platform lain dapat mendatangkan audiens yang baru. Jumlah ini juga dapat ditingkatkan. Konten yang sama, apabila ditayangkan pada waktu yang berbeda, cenderung akan menarik audiens baru. Audiens ini dapat berubah menjadi pelanggan potensial, dan jika dikonversi dengan baik, mereka bisa menjadi pelanggan tetap dan pada akhirnya ikut berkontribusi meningkatkan pencapaian sales bisnis Anda.
-
Menghemat Waktu dan Biaya
Repurposing pada dasarnya adalah menggunakan konten yang sudah ada dan mengubahnya menjadi konten dalam bentuk output baru. Karena itu, repurposing dapat menghemat waktu dan biaya pembuatan konten. Anda tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk membuat sebuah konten dari nol, atau harus mengeluarkan biaya besar untuk membayar tim Anda dan mengerjakan konten Anda dari nol. Menghemat waktu dan biaya dari pembuatan konten ini dapat dialihkan ke memusatkan tim Anda untuk meningkatkan ROI dari content marketing, dan pada akhirnya Anda dan tim Anda akan bekerja secara lebih efisien tanpa membuang banyak waktu dan biaya.
[irp]
Repurposing seperti ini adalah cara yang baik untuk memberikan nafas baru pada konten-konten lama yang pernah Anda keluarkan. Namun jika Anda mengalami kesulitan untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan agency Jakarta. Sebuah agency Jakarta dapat mengakomodasi kebutuhan Anda, termasuk dalam hal repurposing seperti ini. Anda dapat menghubungi IDEOWORKS.id.
IDEOWORKS.id adalah salah satu agency Jakarta yang dapat membantu Anda melakukan repurposing kepada konten-konten Anda. Sebagai sebuah agency Jakarta yang berpengalaman, kami memiliki tim ahli dalam mengelola konten, termasuk dalam melakukan repurposing. Kami dapat mengumpulkan konten-konten yang sudah Anda miliki dan mengolahnya sehingga menjadi konten baru, dan menghemat waktu Anda. IDEOWORKS.id hadir sebagai agency Jakarta yang dapat Anda percaya. Segera hubungi kami dan mari berkolaborasi!