Preloader
Creative Agency Indonesia

Pahami Tren Inovatif Co-Branding yang Dapat Dilakukan Creative Agency Indonesia

Mungkin Anda baru mendengar istilah co-branding, namun pada prakteknya di masyarakat, hal ini bukanlah hal yan benar-benar baru. Beberapa co-branding yang sudah terjadi di Indonesia dibantu oleh creative agency Indonesia. Lalu, apa sebenarnya co-branding ini dan apa manfaatnya bagi bisnis Anda?

[irp]

Apa Itu Co-Branding?

Co-branding adalah sebuah marketing strategy yang menggunakan beberapa nama brand pada sebuah barang atau jasa sebagai bagian dari aliansi strategis. Hal ini lebih dikenal di masyarakat dengan istilah partnership. Co-branding mencakup beberapa jenis kolaborasi brand yang berbeda, biasanya terdiri dari dua brand atau perusahaan. Setiap brand dalam co-branding ini menyumbangkan identitasnya sendiri untuk menciptakan brand yang menyatu dengan bantuan logo unik, brand identifiers, dan skema warna.

Co-branding dapat didorong oleh dua atau lebih pihak yang yang secara sadar memutuskan untuk berkolaborasi pada produk khusus. Ini juga dapat dihasilkan dari merger atau akuisisi perusahaan. Co-branding dapat melihat lebih dari sekadar nama dan asosiasi brand, tetapi juga memungkinkan adanya berbagi teknologi dan keahlian, memanfaatkan keunggulan unik dari masing-masing mitra co-branding.

[irp]

3 Manfaat Co-Branding

Co-branding tentunya dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang terkait. Berikut 3 manfaat dari co-branding:

  • Membangun Kredibilitas

Co-branding memungkinkan bisnis untuk membangun atau meningkatkan brand mereka dengan bermitra dengan bisnis lain yang dihormati. Dua brand yang bersatu membentuk kredibilitas karena masing-masing perusahaan mampu menonjolkan dan mencerminkan aset satu sama lain dan dengan demikian memperkuat posisi mereka di pasar tertentu.

[nextpage title=” “]

  • Memperluas Jangkauan

Ketika dua brand berkumpul untuk membentuk kemitraan co-branding, mereka diberi kesempatan untuk mendapatkan minat pasar masing-masing. Hal ini pada gilirannya dapat memperluas jangkauan dan visibilitas mereka ke pasar yang mungkin dulu tidak pernah mereka akses.

[irp]

  • Anggaran Marketing Ganda

Pelaku bisnis memahami bahwa memasarkan produk bisa menjadi pengeluaran yang mahal. Bonus besar co-branding adalah bahwa biaya biasanya dibagi antara kedua belah pihak. Manfaat ini memungkinkan lebih banyak ide dan peluang kreatif untuk memasarkan produk atau layanan dengan lebih baik, dan oleh karena itu berpotensi menghasilkan laba atas investasi (return-of-investment) yang lebih besar.

Masing-masing manfaat ini dapat menjadi hasil dari co-branding yang sukses. Ini memberi setiap bisnis atau perusahaan kesempatan untuk meningkatkan pangsa pasar mereka. Nah, untuk menuai keuntungan ini, sangat penting untuk memilih pasangan Anda dengan bijak karena Anda berisiko merusak kredibilitas dan reputasi Anda sendiri.

[irp]

Tips Memulai Co-Branding yang Sukses

Agar co-branding campaign Anda berhasil dan sukses, ada beberapa tips yang perlu Anda ingat:

  • Tentukan Tujuan Bersama

Sebelum mempertimbangkan kemitraan business-to-business (B2B), Anda harus dengan jelas mendefinisikan tujuan dan proposisi nilai perusahaan Anda. Sangatlah penting bahwa bisnis Anda telah menyelaraskan tujuan dengan calon mitra branding Anda, bahkan jika kemitraan tersebut meluas ke berbagai industri. Anda tidak ingin citra brand Anda rusak karena Anda bermitra dengan perusahaan yang salah. Tujuan bersama sangat kuat. Ini memperbesar visi Anda dan membangun basis pelanggan yang lebih kuat.

[nextpage title=” “]

  • Penawaran Eksklusif

Tujuan umum dari desain branding adalah untuk menggambarkan bisnis Anda dengan cara yang unik untuk menarik khalayak luas yang akan berubah menjadi basis pelanggan. Oleh karena itu, co-branding mengharuskan Anda untuk mencari mitra yang akan membuat penawaran yang sepenuhnya unik untuk menarik minat ini, terutama jika Anda memperluas di luar industri inti Anda. Ini berarti mendefinisikan pengalaman tertentu yang hanya tersedia untuk kemitraan co-branding Anda. Itu harus menjadi sesuatu yang baru dan unik dengan sendirinya. Co-branding menjadi unified brand yang benar-benar baru, mewakili kedua belah pihak.

[irp]

  • People First

Sebuah co-branding tidak berharga jika tidak memberikan nilai kepada pelanggan. Beralih dari pemikiran dalam hal perencanaan dan strategi ke customer experience. Apa yang mereka inginkan? Apa yang akan membuat hidup mereka lebih baik?

Apa sebenarnya artinya menjadi people-first? Mendahulukan kebutuhan dan kepentingan pelanggan. Gunakan co-branding untuk membangun kemitraan, memenuhi kebutuhan lebih baik daripada yang dapat Anda lakukan sendiri.

[irp]

  • Legitimasi dan Reputasi

Lakukan penelitian secara menyeluruh untuk memastikan bahwa Anda bermitra dengan creative agency Indonesia terbaik. Ini mungkin termasuk background check, meninjau laporan keuangan, atau melakukan penelitian tentang reputasi pasar mereka.  Ini akan membantu Anda menghindari aliansi yang mungkin berpotensi merugikan dalam jangka panjang.

Perusahaan harus memilih mitra co-branding dengan sangat hati-hati. Sebanyak apapun perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari hubungan dengan brand lain, ada risikonya. Strategi yang baik adalah meluncurkan produk atau layanan merek bersama secara perlahan sebelum mempublikasikan dan mempromosikannya, sehingga memberi waktu kepada pasar untuk memeriksanya.

Co-branding ini dapat dilakukan dengan bantuan creative agency Indonesia, salah satunya adalah IDEOWORKS.id. IDEOWORKS.id adalah salah satu creative agency Indonesia yang dapat membantu Anda berkolaborasi dengan pihak lain. Kami sebagai creative agency Indonesia juga dapat mengakomodasi semua kebutuhan digital marketing dari usaha co-branding Anda.

Let’s talk about your brand