Pahami Tren Inovatif Co-Branding yang Dapat Dilakukan Creative Agency Indonesia
Mungkin Anda baru mendengar istilah co-branding, namun pada prakteknya di masyarakat, hal ini bukanlah hal yan benar-benar baru. Beberapa co-branding yang sudah terjadi di Indonesia dibantu oleh creative agency Indonesia. Lalu, apa sebenarnya co-branding ini dan apa manfaatnya bagi bisnis Anda?
Apa Itu Co-Branding?
Co-branding adalah sebuah marketing strategy yang menggunakan beberapa nama brand pada sebuah barang atau jasa sebagai bagian dari aliansi strategis. Hal ini lebih dikenal di masyarakat dengan istilah partnership. Co-branding mencakup beberapa jenis kolaborasi brand yang berbeda, biasanya terdiri dari dua brand atau perusahaan. Setiap brand dalam co-branding ini menyumbangkan identitasnya sendiri untuk menciptakan brand yang menyatu dengan bantuan logo unik, brand identifiers, dan skema warna.
Co-branding dapat didorong oleh dua atau lebih pihak yang yang secara sadar memutuskan untuk berkolaborasi pada produk khusus. Ini juga dapat dihasilkan dari merger atau akuisisi perusahaan. Co-branding dapat melihat lebih dari sekadar nama dan asosiasi brand, tetapi juga memungkinkan adanya berbagi teknologi dan keahlian, memanfaatkan keunggulan unik dari masing-masing mitra co-branding.
3 Manfaat Co-Branding
Co-branding tentunya dapat memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang terkait. Berikut 3 manfaat dari co-branding:
Membangun Kredibilitas
Co-branding memungkinkan bisnis untuk membangun atau meningkatkan brand mereka dengan bermitra dengan bisnis lain yang dihormati. Dua brand yang bersatu membentuk kredibilitas karena masing-masing perusahaan mampu menonjolkan dan mencerminkan aset satu sama lain dan dengan demikian memperkuat posisi mereka di pasar tertentu.