Preloader
Serba-Serbi Digital Media Analytic dalam Strategi Pemasaran yang Optimal

Serba-Serbi Digital Media Analytic dalam Strategi Pemasaran yang Optimal

Keberadaan digital media analytic dapat membantu perusahaan dalam mengelola data secara efektif. Saat ini, keberadaan data begitu krusial karena memengaruhi proses pengambilan keputusan penting seputar penargetan, segmentasi, dan tentunya cara memperoleh laba. Maka tak mengherankan jika kemudian analisis ini amat dibutuhkan perusahaan. Untuk memahami serba-serbi digital media analytic dalam strategi pemasaran yang optimal, mari simak penjelasan berikut ini.

Apa itu digital media analytic?

Digital media analytic secara sederhana dapat didefinisikan sebagai analisis informasi kualitatif dan kuantitatif dari berbagai sumber (seperti website dan aplikasi seluler) yang digunakan untuk memahami perilaku pengguna. Tujuan utama digital media analytic adalah mengukur kinerja alat digital bisnis dan menghasilkan informasi yang dapat ditindaklanjuti sehingga pengalaman pelanggan semakin meningkat.

Salah satu contoh digital media analytic tools adalah Google Analytics. Jika digunakan sebagai alat analisis media sosial misalnya, Google Analytics dapat melacak kampanye media sosial dan bahkan membantu Anda mengukur ROI (return on investment). Selain untuk memantau dan menganalisis lalu lintas website, sebagai digital media analytic website, Google Analytics juga dapat membuat laporan khusus pelacakan media sosial.

Digital media analytic tingkatkan efektivitas strategi pemasaran

Berikut beberapa manfaat digital media analytic yang membuatnya dapat meningkatkan efektivitas strategi pemasaran:

1.Bisa pantau traffic secara real time

Pertama-tama, digital media analytic bisa digunakan untuk memantau traffic secara real time. Traffic di sini berarti lalu lintas pengunjung yang berkunjung ke website Anda. Selain jumlah pengunjung, data traffic juga bisa mencakup semua aktivitas yang dilakukan pengunjung saat menelusuri halaman website maupun blog.

Dengan memantau traffic secara real time, akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami konten apa yang dicari oleh audiens dan apa yang harus menjadi fokus di masa depan. Semakin banyak data traffic yang Anda analisis, semakin mudah untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran. Cepatnya update data traffic menggunakan digital media analytic membuat Anda bisa memperoleh informasi statistik terbaru, serta mengetahui sumber traffic-nya.

2.Mendapatkan informasi user behavior

Digital media analytic for business juga dapat meningkatkan efektivitas strategi pemasaran dengan memberikan informasi mengenai perilaku konsumen. Perilaku konsumen ini bisa berupa lokasi, jenis kelamin, jenis perangkat yang digunakan untuk mengunjungi website, dan sebagainya. Digital media analytic tools dapat melacak berbagai data dan informasi penting terkait pengguna yang nantinya bisa digunakan sebagai insight menarik untuk membuat strategi pemasaran selanjutnya.

3.Content-benchmarking

Content-benchmarking mempelajari strategi konten pesaing sehingga Anda dapat membandingkannya dengan konten bisnis Anda sendiri. Dari perbandingan ini, Anda bisa mengetahui apa saja ancaman, peluang, dan praktik yang sesuai. Content-benchmarking juga berguna untuk mengetahui konten apa saja yang kini sedang populer.

Menyusun indikator untuk mengukur efektivitas konten Anda secara akurat bukan hal yang mudah, itulah mengapa digital media analytic digunakan untuk membantu bisnis mengukur efektivitas konten secara nyata. Penting untuk memahami bagaimana pengguna memandang konten dalam industri bisnis Anda secara keseluruhan, termasuk konten pesaing. Perbandingan ini membantu Anda memahami tolok ukur yang digunakan untuk mengukur efektivitas konten.

4.Monitoring ad campaign

Terlepas dari skala bisnis Anda, hanya ada satu cara untuk mengetahui apakah ad campaign (kampanye pemasaran) yang Anda luncurkan mencapai tujuan atau tidak, yaitu dengan mengukur progresnya. Agar berhasil melacak progres ad campaign apa pun, Anda harus menentukan metrik mana yang akan digunakan sebelum meluncurkan kampanye. Misalnya, tingkat konversi atau persentase pengunjung yang dikonversi menjadi prospek atau pelanggan.

Dengan monitoring ad campaign, Anda secara aktif mendukung keterbukaan dan fleksibilitas bisnis. Kampanye pemasaran yang baik bisa membuat pelanggan berbagi pengalaman tentang bisnis Anda setelah puas dengan produk atau layanan yang sudah diberikan.

5.Mengetahui potensi keywords

Keywords dapat membantu meningkatkan efektivitas strategi pemasaran dengan cara menarik audiens yang mencari konten Anda. Keywords adalah elemen pentip Search Engine Optimization (SEO). Tanpa menggunakan keywords dan praktik SEO dasar lainnya, konten Anda akan kehilangan search traffic (lalu lintas pencarian) yang berharga.

Itulah serba-serbi digital media analytic dalam strategi pemasaran yang optimal. Agar digital media analytic bisnis Anda optimal, serahkan kepada profesional seperti digital agency IDEOWORKS.. Sebagai profesional digital media analytic, IDEOWORKS siap menyediakan strategic plan untuk berbagai platform digital seperti media sosial dan website. Untuk informasi selengkapnya mengenai layanan digital IDEOWORKS, silakan klik di sini!

References :

https://www.dreambox.id/blog/digital-marketing/ketahui-3-fungsi-google-analytics-sebagai-tools-digital-marketing-anda/

Let’s talk about your brand