Dalam era digital saat ini, terjadi pergeseran behavior masyarakat dari cara tradisional ke modern dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, salah satunya dalam proses membeli produk atau layanan. Berdasarkan data dari Statista pengguna internet global pada uli 2024 diperkirakan mencapai lebih dari 5,3 miliar orang dan pengguna sosial media mencapai 5.17 miliar. Jadi, menggunakan social media merupakan cara yang efektif untuk menjangkau audiens. Hal ini menunjukkan bagaimana pergeseran masyarakat ke dunia digital.
Melihat situasi ini, strategi marketing pun mulai beralih ke dunia digital salah satunya melalui social media seperti Instagram, Tiktok, Facebook, dan X. Dengan mengoptimalkan social media, perusahaan dapat menjangkau audiens yang luas dan terintegrasi digital. Strategi ini efektif untuk meningkatkan brand awareness dan engagement bahkan meningkatkan penjualan produk atau layanan.
Salah satu klien kami, Viessmann, perusahaan sistem energi berkelanjutan dari Jerman telah berhasil membuktikan bagaimana social media dapat membantu meningkatkan brand awareness dan engagement di market Indonesia.
Sekilas tentang Viessmann
Berdiri sejak tahun 1917, Viessmann merupakan perusahaan sistem energi berkelanjutan yang berfokus pada solusi air dan pemanas. Perusahaan yang berpusat di Jerman ini telah mengembangkan dan memproduksi solusi iklim dan energi yang terintegrasi untuk masyarakat dan perusahaan di seluruh dunia.
Bukan hanya menawarkan produk, Viessmann juga memperhatikan sistem energi terbarukan agar terjaga hingga ke generasi berikutnya.
Business Challenge
Viessmann berhasil menjadi brand sistem energi yang disukai oleh audiensnya di Jerman. Karenanya, perusahaan ini ingin melebarkan sayapnya dan menjangkau potensial market di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Namun, kesulitan menjangkau dan engage dengan audiens Indonesia menjadi tantangan utamanya. Perbedaan behavior audiens di Jerman dan Indonesia menuntut strategi komunikasi yang berbeda pula.
Di Indonesia, sistem energi brand lokal pun sudah mulai berkembang, Viessmann sebagai brand luar yang baru terjun ke market Indonesia harus memberikan value yang berbeda dan inovatif. Hal ini penting untuk meningkatkan ketertarikan audiens mencoba menggunakan produk Viessmann.
Dalam hal ini, Viessmann bekerja sama dengan IDEOWORKS, top marketing agency di Indonesia yang telah berhasil membantu berbagai bisnis untuk mencapai tujuan bisnisnya. Dengan pengalaman dan wawasan yang dimiliki, IDEOWORKS sebagai ahli pemasaran lokal membantu VIessmann dalam mencapai target bisnis Viessmann di Indonesia.
What We Do
Setelah menganalisis tantangan yang dihadapi oleh Viessmann, hal selanjutnya yang perlu kami lakukan adalah menganalisis target audiens, kompetitor dan USP. Berangkat dari hasil analisis ini akan dirumuskan strategi yang tepat dalam meningkatkan brand awareness dan engagement Viessmann.
-
Menganalisis Target Audiens dan Kompetitor
Hal pertama yang kami lakukan sebelum merumuskan strategi yang tepat adalah dengan menganalisis target market yang dituju serta riset kompetitor. Hal ini penting dalam merancang strategi komunikasi yang tepat berdasar behavior target audiens.
Behavior ini cakupannya luas yaitu merujuk pada segala tindakan, reaksi, atau respon yang ditunjukkan oleh individu terkait kondisi tertentu. Perilaku dapat mencakup berbagai bentuk, mulai dari tindakan fisik hingga respons emosional atau kognitif. Misalnya, apakah audiens lebih menyukai gaya bahasa yang formal atau yang casual dan santai?
Selain itu, analisis kompetitor juga penting dilakukan untuk mengetahui brand apa saja yang menjadi kompetitor Viessmann dan apa strength dan weakness dari brand serta bagaimana strategi yang dilakukan kompetitor.
2. Menganalisis USP dan Value Product
Unique Selling Point (USP) adalah nilai jual yang membedakan produk Viessmann dengan kompetitor. Hal ini penting untuk dikomunikasikan ke audiens sehingga menciptakan persepsi tentang produk dan kualitasnya.
Sebagai perusahaan penyedia energi berkelanjutan, Viessmann ingin mengangkat issue kesehatan yaitu pentingnya healthy lifestyle dengan produk Viessmann
Selain itu, fokus Viessmann dalam meningkatkan energi berkelanjutan dengan menyediakan produk yang ramah lingkungan dan berkualitas sejalan dengan tujuan bersama yaitu menjaga kelestarian bumi dan alam. Ini juga menjadi poin penting yang perlu untuk dikomunikasikan ke target audiens.
Lalu, Bagaimana Strategi yang Efektif Untuk Mencapai Target yang Diinginkan?
Setelah mendapatkan data dari hasil analisis di atas, IDEOWORKS kemudian melanjutkan untuk merumuskan strategi yang tepat untuk mencapai target yang diinginkan. Berikut strategi yang kami lakukan :
-
Optimasi Multi-Platform dengan Social Media Management.
Berdasar hasil analisis, untuk menjangkau audiens yang luas maka diperlukan untuk mengoptimasi multi-platform seperti Instagram, facebook dan youtube.
Untuk memaksimalkan strategi ini, IDEOWORKS meluncurkan O2O campaign. O2O campaign atau online to offline campaign adalah strategi untuk menjangkau audiens yang luas melalui media online yang terintegrasi dengan aktivitas offline.
Agar konten relevan dengan target audiens, kami menyesuaikan strategi komunikasi untuk setiap platform, mendeliver konten motion graphic yang epic dan high quality.
Umumnya, konten yang kami deliver berkaitan dengan healthy lifestyle, branding dan penjelasan produk. Tentunya semua dikemas ke dalam konten yang menarik dan engaging. Berikut beberapa contoh konten yang kami deliver, lebih lengkapnya Anda bisa mengunjungi Instagram, Facebook dan Youtube Viessmann.
Selain konten di social media, kami juga mengintegrasikan aktivitas offline dan kolaboratif dengan berbagai pihak.
2. Event dan Kolaborasi
Dalam mendukung healthy lifestyle, Viessmann mengajak audiens untuk berpartisipasi dalam event yang dilakukan. Misalnya, event Viessman wellnes day yang diadakan ketika CFD (Car Free Day) dan diikuti oleh beberapa KOL (Key Opinion Leader), serta gerakan sungai bersih yang berkolaborasi dengan Pandawara.
Dalam setiap event atau kegiatan peduli lingkungan, Viessmann berkesempatan untuk memperkenalkan brandnya sebagai brand dengan produk yang tepat untuk mendukung healthy lifestyle. Setiap event yang dilaksanakan diikuti oleh ratusan bahkan ribuan peserta.
Menariknya lagi, brand mendapat exposure dari peserta yang sharing pengalaman mereka ke social media. Ini sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness.
3. Launching Produk
Event launching produk penting untuk memperkenalkan produk, spesifikasi dan teknologi terbaru dari produk tersebut. Ini umumnya terintegrasi offline dan online. Jadi, dengan adanya event launching mempermudah audiens aware dengan produk tersebut.
4. Kolaborasi dengan KOL
Key Opinion Leader (KOL) adalah individu yang memiliki daya tarik yang kuat dalam mempengaruhi audiensnya. Keberhasilan kolaborasi dengan KOL sangat ditentukan oleh pemilihan KOL yang tepat sesuai target audiens yang dituju serta teknik komunikasi yang tepat pula. Karenanya, perlu dilakukan riset mendalam sebelum memutuskan berkolaborasi.
Berdasarkan riset, KOL yang tepat untuk berkolaborasi dengan Viessmann adalah Resti Yunivita, Dhatu Rembulan, Asoka Remadja, Nathasia Milka, Darippu, Larasati, Wulanwu, JKT Go, Numira, Yunita, Rania, Namira, Rumahcits, Reiza Nurrafi, Pandawara.
Kolaborasi dengan KOL ini efektif untuk membangun kredibilitas brand, meningkatkan jangkauan, serta meningkatkan engagement.
5. Paid performance
Paid performance adalah strategi yang berfokus pada penggunaan iklan berbayar untuk mencapai hasil yang dapat diukur secara langsung.
Dalam case ini, IDEOWORKS menggunakan paid performance untuk meningkatkan performa social media Viessmann, menjangkau new audiens hingga drive to sales, melalui campaign CPAS (Collaborative Performance Advertising Solution)
Result
Setelah menjalankan strategi diatas, berikut hasil yang diperoleh :
1. Social Media Performance
Dengan mendeliver konten yang relevan, menarik dan engaging, berikut data social media performance (Instagram, Facebook, dan Youtube)
Saat artikel ini ditulis, Instagram dan Facebook Viessmann telah mencapai 58 ribu fans dengan rata-rata engagement rate 3-4%/bulan. Youtube mengalami peningkatan jumlah subscribers yang signifikan dari 0 hingga mencapai 22.6 ribu subscribers dengan total 16 juta view.
-
Paid Performance
Dengan mendeliver konten yang menarik dan engaging, berikut data performance instagram campaign, facebook campaign dan youtube campaign :
- Instagram Campaign, reach mencapai 31 juta dengan engagement 3 juta dan 53 ribu clicks.
- Facebook Ads, reach mencapai 21 juta, engagement 3,3 juta link click 213 ribu, page like 21,5 ribu
- Youtube Ads, total view mencapai 4.1 juta views
Dari beberapa iklan di atas, juga diraih conversion melalui CPAS dengan ROAS 3x lipat.
Berdasar data result diatas, dapat kita lihat peningkatan jumlah jangkauan, engagement serta brand awareness Viessmann di Indonesia.
Kesimpulan
Dalam membangun brand awareness dan meningkatkan engagement, optimasi social media dengan campaign O2O (online to offline) merupakan strategi yang efektif dalam menjangkau audiens yang luas, baik yang terintegrasi online maupun offline.
Selain itu, keberhasilan Viessmann dalam mencapai target bisnisnya di Indonesia juga dipengaruhi berbagai faktor seperti kolaborasi dengan KOL, pelaksanaan event dan kolaborasi serta paid performance.
Agar menghasilkan strategi yang tepat, perlu dilakukan analisis, brainstorming idea serta eksekusi yang tepat. Itulah yang dilakukan IDEOWORKS untuk membantu Viessmann mencapai tujuan bisnis di Indonesia.
Ingin Expansi Bisnis di Indonesia? IDEOWORKS Siap Membantu Mewujudkan Target Bisnis Anda!
Kita sudah melihat bagaimana Viessmann, brand dari Jerman meningkatkan brand awareness dan engagement dengan audiens di Indonesia.
Apakah Anda juga tertarik untuk ekspansi bisnis ke Indonesia namun belum memiliki strategi yang tepat? Atau apakah Anda sudah mulai ekspansi tapi belum mendapat hasil yang maksimal?
Jika Anda mengalami situasi tersebut silahkan berkonsultasi dengan kami, IDEOWORKS Agency. Mengapa IDEOWORKS pilihan yang tepat untuk Anda? Tentunya karena IDEOWORKS top agency di Indonesia yang memiliki pengalaman dan wawasan yang luas di bidang marketing dan branding di Indonesia.
Dengan profesionalisme dan komitmen yang kuat, IDEOWORKS telah berhasil membantu berbagai klien dari perusahaan nasional dan multinasional untuk mencapai target bisnisnya di Indonesia.
Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengembangkan bisnis Anda di Indonesia, urusan strateginya percayakan pada IDEOWORKS. Silahkan isi data berikut dan bersiaplah untuk berkonsultasi langsung dengan para ahli.