Preloader
Strategi Efektif dalam Branding Digital Marketing Agency

Strategi Efektif dalam Branding Digital Marketing Agency

Obrolan mengenai branding digital marketing agency masih diminati hingga kini. Perubahan yang begitu dinamis pada teknologi komunikasi dan informasi menjadikan digital marketing dianggap sebagai salah satu strategi yang tokcer untuk membawa sebuah bisnis mencapai target yang telah direncanakan.

Dalam proses menuju tujuan. Pihak branding digital marketing agency perlu menyusun strategi yang efektif terkait dengan merek. Ini tidak bisa sembarangan, karena strategi yang dilakukan menentukan hasil akhir. Untuk lebih jelasnya terkait dengan penyusunan strategi, simak ulasannya di bawah ini, ya!

Strategi Branding Digital Marketing Agency

Salah satunya dilakukan dengan target branding atau pengenalan brand atau merek kepada pasar. Tapi sudah tahukah kamu bagaimana cara jitu untuk memaksimalkan digital marketing agar hasilnya maksimal. Ini beberapa langkah strategi yang umum dilakukan oleh pihak digital marketing agency  companies:

  1. Tentukan Misi dan Visi Merek

Pahami tujuan merek, di mana ia akan tumbuh dan apa bedanya dengan pesaing. Misi dan visi merek memberi tahu audiens target dengan tepat apa yang sedang kamu bangun. Gunakan pernyataan yang jelas dan ringkas untuk mengomunikasikan merek:

  • Misi. Perusahaan bergerak di bidang apa dan apa yang dilakukan.
  • Visi. Mengapa ini dilakukan? Apa tujuan? Bagaimana akan mencapainya?

Perluas pernyataan misi dan visi. Kemudian hubungkan dengan audiens target melalui cerita. Personalisasikan perusahaan, bagikan cerita tentang bagaimana perjalanan dimulai dan uraikan cara mencapai posisi saat ini. Pesan-pesan ini sering ditemukan secara digital di halaman “tentang” perusahaan.

  1. Pahami Audiens

Dengan siapa kamu mencoba untuk terhubung, bagaimana pendapat mereka dan apakah ada profil pelanggan yang mungkin diabaikan? Audiens memandu strategi dan memberikan makna merek digital yang kamu bangun. Tanpa audiens, pada dasarnya kamu tidak memiliki merek. Dengan demikian, pahami ikatan audiens secara langsung dengan kesuksesan dan penerimaan merek.

  1. Segmentasi Audiens 

Jangan sama ratakan semua orang sebagai target audiens. Dengan menyegmentasikannya, ini dapat memberikan gambaran umum tentang siapa audiens sesungguhnya. Ini mengarah pada strategi branding digital yang lebih tepat. Segmentasikan audiens ke dalam kategori:

  • Demografi. Karakteristik seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, tingkat pendidikan dan pekerjaan.
  • Geografi. Aspek lokasi seperti negara, kota, bahasa, iklim dan populasi.
  • Psikografis. Kualitas yang dipersonalisasi seperti gaya hidup, minat, pendapat, kepribadian dan nilai.

Perlu dicatat bahwa merek kemungkinan akan menyesuaikan dengan beberapa segmen. Yang paling penting adalah konsistensi saat menjangkau audiens ini dan menghargai kebutuhan unik mereka.

  1. Buat Persona Pembeli

Sama seperti membayangkan merek sebagai pribadi, pikirkan segmen pelanggan sebagai persona semi-fiksi yang dibicarakan merek. Terjemahkan segmen ke dalam deskripsi, hampir seperti seorang penulis yang sedang melakukan brainstorming karakter untuk novel mereka. Beri mereka nama dan bayangkan mereka dengan:

  • Latar belakang pribadi.
  • Latar belakang bisnis.
  • Gaya hidup.
  • Masalah yang perlu dipecahkan.
  • Motivasi dan tujuan.

Dengan membuat persona pembeli yang terperinci ini, strategi merek memiliki pedoman untuk pencitraan merek yang konsisten, akurat dan efektif.

    5. Kenali Corong Merek yang Dibangun

Corong merek adalah representasi dari berapa banyak orang yang mengetahui merek dibandingkan dengan jumlah orang yang terlibat di dalamnya. Ini terdiri dari beberapa tingkat termasuk:

  • Kesadaran. Jumlah orang yang tahu tentang merek.
  • Pertimbangan. Berapa banyak orang yang mendengar tentang merek dan akan mempertimbangkan untuk menggunakannya.
  • Preferensi. Merek yang kamu bangun lebih diutamakan ketimbang pesaing.
  • Penggunaan. Jumlah orang yang saat ini menggunakan merek kamu.
  • Advokasi. Dari orang-orang yang menggunakan merek, berapa banyak yang akan merekomendasikannya kepada orang lain.

Dengan melacak corong merek ini, ahli strategi dapat membuat keputusan yang apa yang dipilih oleh audien. Selain itu, ahli strategi juga dapat mencegah audiens berpaling dari merek kamu saat ini.

    6. Memanfaatkan Peluang Pasar dan Posisi Kompetitif

Mengetahui pesaing dan apa yang mereka lakukan dapat memanfaatkan peluang pasar. Sebagian besar merek beroperasi dalam industri mapan dengan tren dan pesaing yang ada, yang semuanya dapat diakses melalui riset online.

Alih-alih manfaatkan apa yang sudah tersedia dan mempelajari dari peluang pemasaran apa yang digunakan atau tidak digunakan oleh pesaing, sebaiknya kamu mendengarkan apa yang diinginkan audiens target.

     7. Lakukan Analisis Kompetitif

Pesaing kamu termasuk dalam salah satu dari tiga kategori:

  • Langsung. Menjual produk yang sama dengan pesaing.
  • Tidak Langsung. Alih-alih menjual produk yang sama, pesaing tidak langsung menjual produk pengganti.
  • Tersier. Merek-merek ini tidak menjual produk yang sama atau substitusi, tetapi memiliki kemungkinan menjadi pesaing langsung atau tidak langsung di kemudian hari.

     8. Publikasikan Konten Berkualitas

Pesan apa yang ingin dikomunikasikan dan bagaimana audiens akan mengerti? Konten merek terkait dengan suara merek dan mencakup media yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan kepada audiens. Konten bukan hanya mencakup bentuk tertulis seperti blog dan e-book, tetapi juga hal-hal seperti:

  • Video.
  • Webinar. 
  • Infografis.
  • Podcast.

Hindari membatasi diri pada satu media, karena audiens tertentu di suatu platform kemungkinan besar akan terlibat. Kunci untuk membuat konten yang ramah merek dan berkualitas adalah dengan membagikan sesuatu yang berharga kepada audiens.

     9. Pilih Platform Penerbitan Digital yang Tepat

Di mana dan bagaimana kamu akan mempublikasikan konten? Tidak semua digital marketing agency Jakarta memiliki keahlian yang sama. Beberapa menawarkan dukungan terstruktur, sementara yang lain menyesuaikan diri dengan penerbitan sendiri. 

Apa pun kebutuhannya, pilih digital marketing agency Jakarta yang cocok untuk merek. Pilih digital marketing agency  companies dengan keahlian berikut:

  • Responsive.
  • Interaktif.
  • Menarik. 
  • Dapat disesuaikanl
  • Dapat diaksesl
  • Adaptifl

Seiring kemajuan teknologi, kebutuhan secara alami akan berubah dan tujuan akan berubah. Temukan platform yang berorientasi pada pertumbuhan sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk beralih ke platform baru di masa mendatang.

Jika kamu sedang membutuhkan best digital marketing agency Jakarta, IDEOWORKS.id dapat membantu menemukan solusi dari berbagai tantangan. Jangan ragu, karena kami memiliki tim yang ahli dibidangnya. Kami dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dengan strategi yang menarik.

 

https://www.dreambox.id/blog/branding-strategi/taktik-branding-digital-marketing-strategy/

https://www.nxtbookmedia.com/blog/developing-a-digital-branding-strategy/ 

Let’s talk about your brand