Articles

07 Oktober 2021

Strategi Sukses Starbucks Hingga Playstation Membangun Komunitas Pelanggan Online

Anda sedang mencari cara untuk memperkuat nama brand dan engagement dengan pelanggan? Membangun online brand community bisa menjadi jawabannya.

Online brand community yaitu mengumpulkan pelanggan loyal merek tertentu di satu tempat. Mereka berkomunikasi menggunakan media elektronik, seperti Facebook, web, dan sebagainya serta didukung oleh perusahaan pemegang merek.

Hal tersebut bisa menjadi keberhasilan besar bagi brand apa pun. Tak salah jika sekarang banyak brand menjalankan strategi community digital untuk menjaga loyalitas konsumen. Taktik ini berguna untuk membangun hubungan baik dan jangka panjang dengan para pelanggan, mengajak audience agar mau terlibat dengan brand, serta untuk lebih mengembangkan bisnis.

Komunitas online membawa banyak keuntungan bagi brand, seperti menghemat dana operasional 10% hingga 25% per tahunnya serta meningkatkan exposure dan kredibilitas brand, juga mempermudah penjualan tanpa upaya penjualan yang hardsell. Selain itu, 67% bisnis menggunakan komunitas mereka untuk mendapatkan wawasan terkait produk atau layanan dan fitur baru.

Dengan komunitas online yang interaktif, brand dapat mendengarkan kebutuhan pelanggan hingga pada akhirnya membantu mengembangkan fokus strategi pemasaran atau bahkan produk berikutnya.

Mengelola komunitas online memang dapat dilakukan secara internal oleh perusahaan. Namun, menyerahkannya kepada digital agency Indonesia atau creative digital agency yang profesional adalah pilihan pas. Banyak sekali perusahaan besar yang mempercayakan pengelolaan komunitas online pada perusahaan creative digital agency atau digital agency.

Apa itu creative agency?

Pengertian creative digital agency adalah perusahaan jasa di bidang kreatif. Perusahaan creative digital agency umumnya menyediakan layanan pembuatan video untuk brand, mengurus web, mengatur event buat memopulerkan suatu brand, dan lainnya.

Sementara digital agency adalah suatu agensi yang menyediakan jasa untuk mempromosikan produk atau brand sebuah perusahaan, termasuk pengelolaan komunitas online.

Nah, ingin tahu lebih jelas komunitas brand apa saja yang telah berhasil menjadi wadah bagi konsumen sekaligus menguntungkan brand tersebut? Berikut contoh komunitas pelanggan online yang sukses mengelola ekosistem mereka.

Baca Juga  Mengenal Beragam Jenis Digital Advertising

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top