Preloader
Strategi Starbucks

Strategi Sukses Starbucks Hingga Playstation Membangun Komunitas Pelanggan Online

Anda sedang mencari cara untuk memperkuat nama brand dan engagement dengan pelanggan? Membangun online brand community bisa menjadi jawabannya.

Online brand community yaitu mengumpulkan pelanggan loyal merek tertentu di satu tempat. Mereka berkomunikasi menggunakan media elektronik, seperti Facebook, web, dan sebagainya serta didukung oleh perusahaan pemegang merek.

Hal tersebut bisa menjadi keberhasilan besar bagi brand apa pun. Tak salah jika sekarang banyak brand menjalankan strategi community digital untuk menjaga loyalitas konsumen. Taktik ini berguna untuk membangun hubungan baik dan jangka panjang dengan para pelanggan, mengajak audience agar mau terlibat dengan brand, serta untuk lebih mengembangkan bisnis.

Komunitas online membawa banyak keuntungan bagi brand, seperti menghemat dana operasional 10% hingga 25% per tahunnya serta meningkatkan exposure dan kredibilitas brand, juga mempermudah penjualan tanpa upaya penjualan yang hardsell. Selain itu, 67% bisnis menggunakan komunitas mereka untuk mendapatkan wawasan terkait produk atau layanan dan fitur baru.

Dengan komunitas online yang interaktif, brand dapat mendengarkan kebutuhan pelanggan hingga pada akhirnya membantu mengembangkan fokus strategi pemasaran atau bahkan produk berikutnya.

Mengelola komunitas online memang dapat dilakukan secara internal oleh perusahaan. Namun, menyerahkannya kepada digital agency Indonesia atau creative digital agency yang profesional adalah pilihan pas. Banyak sekali perusahaan besar yang mempercayakan pengelolaan komunitas online pada perusahaan creative digital agency atau digital agency.

Apa itu creative agency?

Pengertian creative digital agency adalah perusahaan jasa di bidang kreatif. Perusahaan creative digital agency umumnya menyediakan layanan pembuatan video untuk brand, mengurus web, mengatur event buat memopulerkan suatu brand, dan lainnya.

Sementara digital agency adalah suatu agensi yang menyediakan jasa untuk mempromosikan produk atau brand sebuah perusahaan, termasuk pengelolaan komunitas online.

Nah, ingin tahu lebih jelas komunitas brand apa saja yang telah berhasil menjadi wadah bagi konsumen sekaligus menguntungkan brand tersebut? Berikut contoh komunitas pelanggan online yang sukses mengelola ekosistem mereka.

[nextpage title=” “]

Beauty Talk

Beauty Talk merupakan komunitas brand dari Sephora yang menjadi wadah diskusi dan saling tukar tips antar penggunanya.  Di sini, Sephora berhasil mengorganisir sebuah forum, audience bisa melempar pertanyaan, berbagi gagasan, serta memberikan peluang bagi para penggemar kecantikan lainnya untuk membantu anggota menyelesaikan masalah seputar kecantikan.

Pengguna bisa mengunggah foto selfie sedang memakai produk Sephora dan foto-foto tersebut kemudian ditautkan ke halaman produk dari semua item yang digunakan. Komunitas online ini membawa keuntungan bagi Sephora, sebab secara otomatis audience menjadi duta brand yang mendorong pengguna lainnya untuk menggunakan produk mereka. Sephora juga memberikan informasi terkait brand kepada pengguna Beauty Talk tanpa upaya penjualan yang hardselling.  

My Starbucks Idea

Starbucks menghadirkan sebuah forum bagi para penikmat kopi untuk saling berbagi dan berdiskusi melalui My Starbucks Idea. Komunitas online ini berupa website yang memungkinkan pelanggan Starbucks mencari ide dari orang lain, turut ambil bagian dalam pengambilan suara, dan memberikan tanggapan. Jenis komunitas yang seperti ini membuat audience merasa dihargai.

Dengan komunitas ini, Starbucks mempelajari hal-hal yang diinginkan pelanggan, memantau perubahan preferensi, serta faktor-faktor yang paling memotivasi pelanggan. Selain itu juga memilah ide dari pelanggan yang dapat ditindaklanjuti untuk kepentingan bisnis.

[nextpage title=” “]

Figment

Figment merupakan komunitas brand online yang memenuhi kebutuhan remaja pecinta kegiatan membaca dan menulis fan fiction (fiksi penggemar). Figment memiliki ratusan ribu anggota yang dapat berbagi, membuat, dan memoderasi konten, serta menciptakan kesadaran dengan merekomendasikan produk. Individu dalam komunitas ini bisa menulis ulasan tentang produk yang mereka sukai.

Playstation Community

Playstation Community menyediakan ruang online bagi para gamer untuk saling terhubung. Pengguna bisa memilih berdasarkan minat khusus, baik permainan, minat, atau jenis dukungan yang dibutuhkan. Pembagian itu memudahkan perusahaan melakukan umpan balik, advokasi, dan dukungan terhadap audience.

Komunitas ini juga terkait erat dengan saluran media sosial Playstation, seperti YouTube dan Twitter. Pengguna bisa membuat konten atau User Generated Content yang kemudian menjadi kekuatan besar komunitas. Selain itu, pengguna juga bisa menikmati konten-konten dari brand.

Masing-masing dari komunitas online brand di atas memiliki nilai positif yang memastikan kesuksesan bisnis perusahaan. Inilah sebabnya banyak brand meminta bantuan ke creative digital agency atau digital marketing agency untuk mendapatkan bantuan, termasuk pengelolaan komunitas online.

Digital marketing agency adalah agen perorangan atau perusahaan yang membantu klien untuk mengelola pemasaran digital. Jika Anda mencari creative digital agency dengan layanan lengkap, tidak perlu mencari lagi dan kunjungi kami, IDEOWORKS.id yang siap menjadi mitra dan dijamin mampu memenuhi segala aspek kebutuhan bisnis Anda.

Let’s talk about your brand