Preloader
Young bearded confident analyst pointing at computer screen while making presentation of financial data to colleagues

Tips Content Marketing Melalui Campaign Social Media di TikTok dari Success Stories JD Sports

Jika melihat success stories yang berkaitan dengan social media, cerita tentang JD Sports menjadi salah satu yang paling menginspirasi. Sebagai perusahaan retail pakaian olahraga nomor satu di Inggris Raya, dan kini semakin melebarkan sayapnya ke ranah global, kesuksesan JD Sports tidak terlepas dari strateginya dalam content marketing, khususnya dengan cara membuat video TikTok yang menarik, berbeda dari yang lain.

Keberhasilan JD Sports di kancah global tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga menjadi bukti nyata bagaimana strategi pemasaran yang kreatif dapat membangun brand awareness yang kuat. Lantas, bagaimana dengan kehadirannya di Indonesia? Berikut ulasannya.

Tentang JD Sports Indonesia

JD Sports didirikan pada tahun 1983 oleh John Wardle dan David Makin. JD Sports merupakan perusahaan retail terkemuka untuk training footwear atau sepatu olahraga di Inggris. Sebagai King Of Trainers, JD Sports terus melebarkan sayapnya ke ranah global, salah satunya Indonesia.

JD Sports Indonesia menyediakan koleksi produk terkini dan paling modern, meliputi adidas, Nike, Puma, The North Face, dan brand streetwear internasional, di antaranya Supply & Demand dan Pink Soda Sport.

Untuk memasarkan produknya, JD Sports Indonesia memilih social media TikTok sebagai platform promosi. JD Sports pun mengawali branding di TikTok dari nol bersama IDEOWORKS. 

Tantangan Awal di TikTok

Sebagai brand global yang memasarkan produknya di Indonesia, JD Sports Indonesia menghadapi tantangan tersendiri. Tantangan terutama karena JD Sports Indonesia memulai dari awal sehingga harus membangun nama brand agar dikenal di TikTok, baru kemudian bisa mulai mengumpulkan audiens hingga membuat komunitas, serta mencapai target penjualan.

Untuk itu, JD Sports berkolaborasi dengan IDEOWORKS dalam membuat strategi pemasaran digital marketing, melalui social media TikTok yang paling banyak memiliki audiens di Indonesia. Seperti apa strateginya? Lihat cara pendekatannya berikut ini.

Pendekatan yang Dilakukan JD Sports Indonesia

Dalam membuat konten TikTok, penting untuk mengetahui seperti apa identitas brand, target penjualan, hingga tipe video pendek yang sesuai dengan konsep dan value brand

Menyesuaikan dengan karakteristik JD Sports Indonesia, IDEOWORKS membuat konten TikTok dengan pendekatan sebagai berikut:

1. Memilih Jenis Konten

Hal pertama yang dilakukan yaitu memilih jenis konten untuk diunggah. Sebelum upload konten, sangat penting untuk menentukan jenis konten seperti apa yang cocok dengan identitas brand, unik, menarik, mengedukasi dan sekaligus mudah diingat oleh audiens. 

Tipe konten juga beragam dan tidak hanya satu macam saja. Ada konten yang berisi tips, review produk, POV role play, edukasi dan informasi, hingga challenge dan kuis. Bermacam-macam jenis konten menjadikannya semakin menarik dan masing-masing memiliki keunikannya sendiri.

2. Menentukan Frekuensi Upload

Selanjutnya, elemen yang juga sangat penting dalam mendukung kesuksesan di TikTok adalah frekuensi upload. Frekuensi tersebut harus dibuat dengan sedetail mungkin, mulai dari hari hingga jam waktu upload

Dengan begitu, ada jadwal rutin yang setidaknya memudahkan upload video TikTok tersebut. Tidak hanya memudahkan upload, tapi jadwal juga membuat audiens lebih mudah mengikuti postingan video setiap harinya. Upload secara rutin juga membuat brand lebih sering terekspos dan menjangkau lebih banyak audiens.

3. Menerapkan Ide Kreatif

Di sinilah IDEOWORKS menerapkan strategi untuk membuat konten video TikTok yang menarik. Video dibuat sebaik-baiknya dengan menerapkan ide kreatif, menjadikannya berbeda dari yang lain, mempunyai ciri khas tersendiri.

Ide kreatif untuk video TikTok ini juga dibuat dengan menyesuaikan karakter dan identitas brand JD Sports Indonesia, sehingga tetap sesuai dengan tujuan dan target utama brand itu sendiri, serta dapat meningkatkan engagement, branding dan menciptakan loyalty.

Lantas, seperti apa cerita sukses JD Sports Indonesia dengan content marketing melalui TikTok?

JD Sports Indonesia TikTok Campaign Success Stories

JD Sports Indonesia bersama IDEOWORKS menerapkan strategi kunci sukses, yaitu TikTok Social Media Management. Pengelolaan social media TikTok ini, terbagi menjadi tiga poin utama yang paling penting, yaitu:

1. Mengunggah Video Tiap Hari

Semakin rutin mengunggah video, semakin mudah untuk menjangkau audiens. Saat audiens menyukai video TikTok JD Sports Indonesia dan menonton lebih dari satu video, algoritma TikTok akan membacanya. 

TikTok pun akan menyarankan video JD Sports Indonesia kepada audiens tersebut, memberi notifikasi di smartphone saat ada video baru diunggah, bahkan jika audiens belum mem-follow JD Sports. Ini akan meningkatkan engagement dan dapat menarik audiens untuk menjadi follower.

2. Membuat TikTok Live

TikTok Live menjadi salah satu cara paling jitu untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens. JD Sports Indonesia juga membuat video TikTok Live untuk menyapa audiens dan berinteraksi dengan mereka.

Video Live memberikan nuansa yang lebih friendly dan komunikatif, karena audiens bisa melihat video real time secara langsung, membuat interaksi menjadi lebih hidup, ditambah fitur suka dan komentar untuk audiens yang menjadikannya menarik.

3. Membuat Video Series 

Video series selayaknya serial TV show yang memiliki daya tarik tersendiri, karena konsepnya yang saling berkaitan antara satu video dan lainnya, dengan satu topik yang sama.

Di TikTok JD Sports Indonesia, video series dengan views tinggi di antaranya:

  1. JD STORY: Highlight produk sepatu yang unik, dilengkapi sekilas tentang brand-nya, juga berbagai fun fact tentang footwear tersebut. Views tertinggi didapat video “Absen yang pada suka banget sama Nike Blazer! Next bahas apa lagi nih? Komen ya!” dengan total 218,3 ribu views.
  2. JD SANTA 2023: Seri video di gerai JD Sports Indonesia pada saat momen Natal 2023. Views tertinggi didapat video “JD Santa is sharing the joy and gift for the kids! Lo mau hadiah natal apa buat tahun ini?” dengan total 423,5 ribu views.
  3. FASHION HACKS: Berisikan tips bermanfaat dan informasi menarik tentang sportswear. View tertinggi didapat video “Mungkin ini alasan kenapa lo ngerasa gak celana yang lo pake kurang pas sama sepatu lo” dengan total 166,4 ribu views.

Hasil yang Diraih

Hasil bisa dilihat dari kenaikan views dan engagement pada report live TikTok JD Sports Indonesia, sesi pertama dan kedua. Berikut ulasannya:

  1. Berdasarkan report tanggal 13 Juli 2023, selama sesi live pertama JD Sports Indonesia dengan konten video promosi diskon, videonya mendapat total 199 views, dengan rata-rata waktu menonton 5 menit, dan bertambah 16 follower baru. Di antara semua audiens yang menonton MSS (Merchandise Showcase), 36% adalah follower tetap JD Sports Indonesia, sedangkan 64% adalah follower dari sumber lainnya.
  2. Berdasarkan report tanggal 24 Agustus 2023, selama sesi live kedua JD Sports Indonesia dengan konten video store tour, videonya mendapat total 887 views, dengan rata-rata waktu menonton 1 menit, dan bertambah 6 follower baru. Di antara semua audiens yang menonton live stream, 13% adalah follower tetap JD Sports Indonesia, sedangkan 87% adalah follower dari sumber lainnya.

Ada juga konten terbaru yang viral, salah satu contohnya yaitu:

Video TikTok 1 Maret 2025 dengan topik “Kalo lagi belanja rasanya mau kayak gini aja ke semua orang” tentang pengalaman belanja lucu saat checkout di kasir. Video dikemas humoris dan mencapai total 322,2 ribu views.

Kesimpulan

Kunci utama dalam strategi digital marketing di social media TikTok adalah konsistensi konten. Mengunggah video setiap hari dengan ide-ide kreatif yang relevan membantu brand membangun keterlibatan audiens dan meningkatkan visibilitas. Dengan pendekatan yang tepat, TikTok dapat menjadi platform efektif untuk memperkuat brand awareness.

Ingin brand Anda lebih dikenal dan menarik perhatian di TikTok? Kolaborasikan ide kreatif Anda dengan IDEOWORKS dan wujudkan promosi digital yang lebih impactful. Hubungi sekarang untuk konsultasi lebih lanjut.

Tags

Further Reading: