Articles

30 Agustus 2021

Tips Membuat Strategi Marketing yang Tepat

Membuat strategi marketing bisa menjadi proses yang sangat rumit karena banyaknya aspek yang menjadi bahan pertimbangan demi meraih hati para pelanggan. Maka dari itu tidak salah jika banyak pebisnis memilih mempercayakan hal ini pada digital marketing agency. Bagaimana para profesional tersebut bekerja untuk merancang marketing strategy yang tepat untuk bisnis? Berikut ulasannya:

 

Analisa!

Gagalnya strategi marketing umumnya disebabkan oleh rancangan yang tidak sejalan dengan goals utama perusahaan. Karenanya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menganalisa band Anda, siapa target market yang diinginkan, dan bagaimana kompetitor Anda.

Memahami kompetisi juga menjadi hal penting dari seluruh proses. Jika sudah tahu di mana berpijak, maka businessman akan bisa menemukan celah dan mulai mengisinya dengan cara yang efektif. Namun jangan lupa untuk menyelaraskan goal dengan aspek-aspek dalam brand yang diusung, antara lain:

  • Brand heart (tujuan, visi, misi, dan value),
  • Brand messaging (tagline, pesan utama, dan sejenisnya),
  • Identitas visual (logo, warna, dan lain-lain).

Setelah menetapkan tujuan, brand image yang ingin ditunjukkan, langkah selanjutnya adalah mulai meninjau ekosistem dan potensi yang dimiliki. Strategi yang baik adalah bersifat komprehensif, kohesif, dan intensional. Artinya, setiap konten yang diproduksi selalu memiliki alasan dan tujuan tertentu untuk mendukung goal.

Saat semua sudah dirasa tepat, langkah analisa terakhir adalah meninjau tools, teknologi, dan sumber daya yang kini digunakan. Pastikan semuanya sesuai dan mendukung segala strategi yang dirancang. Boleh saja melakukan pengembangan dan pengadaan teknologi baru, namun sebaiknya Anda tidak merancang sesuatu yang tidak didukung oleh potensi sumber daya yang ada.

 

Rencanakan Sesuai Brand Objective!

Setelah melakukan proses analisa yang panjang, maka sekarang saatnya untuk mulai merencanakan strategi marketing. Perencanaan ini mencakup beberapa proses, dimana masing-masing proses  akan sangat menentukan seperti apa kinerja pemasaran Anda.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mendokumentasikan tujuan. Ada tiga hal yang harus dicatat, yaitu pemaparan marketing strategy sebagai gambaran hal yang akan dilakukan, objective yang menjelaskan tujuan marketing strategy, serta gambaran hasil yang nantinya jadi tolak ukur tujuan. Berdasarkan skema tersebut, Anda bisa membaca keinginan pelanggan, serta bagaimana cara memenuhi kebutuhan mereka.

Selain itu, perlu bagi Anda untuk mempelajari riwayat mereka. Karena untuk dapat menyampaikan pesan dengan tepat, businessmen harus tahu siapa pelanggannya, dan bagaimana perjalanan mereka dari awal hingga akhir. Berdasarkan analisis tersebut, jasa digital marketing agency dapat menentukan pendekatan KPI yang tepat untuk mengukur kesuksesan.

Langkah selanjutnya, pilihlah channel yang tepat untuk melakukan kerja sama. Ingat kembali OKR (objective key result) yang Anda tetapkan dan pastikan semuanya sesuai dengan channel tersebut. Hubungan yang solid dan sejalan akan memudahkan pencapaian goal yang diinginkan.

Berdasarkan langkah-langkah tersebut, Anda bisa mulai merancang strategi yang akan dilakukan pada masing-masing kuartal. Jangan lupa memastikan bahwa seluruh tim yang terkait bekerja dengan baik sesuai posisi masing-masing. Dan satu hal lagi, pahami pula potensi tools yang dimiliki serta kesesuaiannya terhadap strategi marketing.

 

Kreativitas Sangat Dibutuhkan!

Jika sudah sampai pada tahap ini, maka Anda telah berhasil menemukan gambaran jelas tentang goal yang ingin dicapai serta infrastruktur yang mendukungnya. Saat semua telah terdokumentasi dengan baik, maka saatnya untuk melaksanakannya sesuai rencana. Namun proses masih belum berhenti karena justru di sinilah seni dari semuanya.

Berpikir dan bertindak kreatif adalah hal yang sangat diperlukan dalam fase ini. Sering-seringlah melakukan brainstorming dengan tim creative lainnya untuk merancang campaign paling menarik. Buat editorial calendar yang merekam semua rencana kegiatan yang akan Anda lakukan.

Sekali lagi, jangan terlalu terpaku pada kuantitas kegiatan. Inti dari strategi marketing adalah merancang aktivitas benar-benar efektif dan tepat sasaran. Hal ini akan jauh lebih baik ketimbang Anda terjebak dalam lautan dateline.

 

Mengaplikasikan Strategi Konten

Langkah terakhir adalah mengaplikasikan  marketing strategy sesuai dengan rancangan yang dibuat. Walaupun semua sudah terencana dengan baik, ada kalanya hambatan muncul, dan Anda harus siap menghadapinya. Beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain adalah optimasi proses kreasi campaign, melakukan semua hal yang terbaik, membuat timeline yang tepat, serta menggandeng vendor paling mumpuni untuk bisnis yang digeluti. Jika merasa menemukan hambatan, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa digital marketing agency terbaik pilihan Anda untuk membangun strategi konten.

IDEOWORKS.ID adalah Digital Marketing Agency Jakarta yang siap mendampingi perusahaan Anda menuju sukses. Dengan pengalaman mumpuni dan kinerja professional, kami siap memenuhi segala kebutuhan bisnis Anda, mulai dari communication, advertising, social media, hingga analytics. Jangan ragu untuk menghubungi kami.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top