Articles

19 Agustus 2021

Tips Menghasilkan Visual Konten yang Menarik

Jika bicara tentang konten visual dalam digital marketing, kebanyakan orang membayangkan tentang foto-foto cantik yang ada di postingan blog. Sejatinya, konten visual adalah sarana komunikasi dalam digital marketing yang memanfaatkan sistem visual pada otak manusia untuk menceritakan kisah dari sebuah brand sekaligus mencapai tujuan marketing.

Tahukah Anda jika otak lebih cepat menyerap dan memproses informasi visual dibanding jenis informasi lainnya? Itulah mengapa dalam digital marketing, visual kontan yang eye catching sangat penting dan menjadi salah satu cara efektif untuk menceritakan brand Anda. Meski visual konten jadi salah satu elemen penting dalam digital marketing, sayangnya tidak semua brand atau bisnis bisa eksekusi dengan baik.

 

Apa Itu Visual Konten?

Sesuai dengan namanya, visual konten merupakan konten yang memiliki elemen visual. Jenisnya bermacam-macam, mulai dari foto, video, motion graphics, infografis, GIF, slideshow, grafis interaktif, e-book, dan sebagainya. Mengubah konten ke beberapa wujud tersebut sudah merupakan tugas creative agency Jakarta.

 

Mengapa Visual Konten yang Efektif Sangat Dibutuhkan?

Konten visual sangatlah unik karena otak kita memproses informasi visual dengan cepat. Maka itu, menciptakan konten visual yang sangat efektif sangat dibutuhkan karena:

  • Memiliki daya tarik. Desain yang menarik dan informatif akan lebih mudah untuk menarik minat audiens dan membantu merek Anda lebih menonjol dari pesaing.
  • Konten visual lebih mudah dipahami.
  • Lebih berkesan daripada media marketing lain.

 

Bagaimana Membuat Visual Konten yang Efektif?

Bila konten visual diterapkan secara strategis, maka bisa membantu untuk mencapai tujuan marketing Anda. Maka itu diperlukan strategi khusus dalam menghidupkan konten dan memastikan konten tersebut terdistribusi pada orang yang tepat. Cara membuat visual konten efektif adalah:

  • Tentukan Sasaran Brand Anda

Semakin jelas dalam mengidentifikasi sasaran audiens, maka akan semakin mudah untuk menemukan ide konten yang tepat. Mereka bisa berinteraksi dengan konten yang Anda buat.

  • Mengidentifikasi Audiens

Anda harus tahu siapa saja yang akan melihat konten tersebut. Tanyakan siapa saja yang Anda coba jangkau, jenis konten yang dikonsumsi, hingga tingkat pengetahuan yang audiens miliki.

  • Sesuaikan dengan Media yang Digunakan

Tentukan platform terbaik untuk mendistribusikan konten yang Anda buat. Pilih platform berdasarkan kebutuhan, anggaran, dan tujuan Anda. Karena setiap platform memiliki keunggulan masing-masing.

  • Bangun Tim yang Tepat

Diperlukan keterampilan, pengetahuan, dan tools untuk membuat konten visual. Anda perlu menjangkau creative agency Indonesia karena mereka ahli di bidangnya. Jika ingin melakukannya sendiri, bangun tim yang tepat. Pastikan setiap orang memiliki peran masing-masing mulai dari desain hingga mengoptimalkan SEO.

  • Brainstorm Ide
Baca Juga  Rumus Jitu Agar Video Viral di Media Sosial

Setelah memahami tujuan, audiens, dan saluran Anda, tugas selanjutnya adalah mengembangkan konten yang sukses. Anda bisa mengumpulkan berbagai divisi yang berbeda untuk optimalisasi konten.

  • Identifikasi dan Pilih Format

Beberapa ide cerita lebih cocok untuk format atau platform tertentu. Mengidentifikasi format dari awal sangat penting karena bisa membantu Anda menentukan storyline yang sesuai dengan brand sesuai dengan platform yang digunakan.

  • Ceritakan Kisah yang Kuat

Kisah brand jadi alat interaktif untuk berinteraksi dengan audiens, sekaligus menyebarkan awareness tentang brand Anda. Kemas kisah brand dalam konten yang menarik supaya mendukung image dari brand Anda.

  • Ciptakan Visual yang Atraktif

Desain yang baik merupakan dasar konten visual yang sukses. Penting untuk memastikan hasil akhir konten yang atraktif, dan menarik.

  • Distribusikan Konten

Setelah membuat konten visual, saatnya distribusikan secara tepat melalui platform yang ingin ditargetkan. Untuk optimasi konten, Anda bisa gunakan SEO, menggunakan keyword yang tepat, dan publikasi konten di website.

  • Ukur ROI Anda

Mengandalkan tampilan halaman yang menarik merupakan metrik paling signifikan untuk mengukur ROI (Return On Investment). Anda dapat melakukan:

  1. Konversi (konten visual yang efektif mampu membuat audiens melakukan tindakan, save atau purchase). Menggunakan kalimat CTA (call to action) berpengaruh bagi audiens untuk melakukan tindakan baik untuk menyaksikan demo produk atau berlangganan newsletter.
  2. Membuat audiens untuk berinteraksi dan terlibat. Interaksi bisa mencakup komentar, likes, atau pengikut baru.
  3. Berikan pengalaman bagi audiens. Semakin lama waktu yang dihabiskan untuk menonton video melihat foto atau berinteraksi dengan visual konten, maka semakin erat juga hubungan Anda dengan mereka.
  4. Bagikan konten visual. Cara ini akan membantu dalam memperluas bisnis Anda lewat jaringan personal audiens.

 

Berkolaborasi dengan Creative Digital Agency yang Tepat

Strategi memang diperlukan untuk menciptakan visual konten yang efektif dan atraktif. Jika ingin membuat visual konten yang sukses, mengikuti tren desain dan perkembangan trend marketing terkini akan sangat membantu. Untuk mencapai goal menghasilkan konten visual yang menarik, Anda bisa berkolaborasi dengan creative agency Jakarta seperti IDEOWORKS.ID.

Sebagai creative agency, kami memberikan pelayanan yang berfokus pada proses kreatif untuk menghasilkan konten visual yang menarik. Sebagai design agency jakarta dan digital agency jakarta, IDEOWORKS.ID siap menjadi mitra yang akan memenuhi segala aspek kebutuhan  digital marketing agar berdampak positif pada bisnis Anda.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top