Para pelaku bisnis melakukan banyak jenis pemasaran, salah satunya secara online, untuk mendapatkan banyak keuntungan. Nah, agar online marketing untuk bisnis Anda berjalan maksimal, setidaknya ada tiga cara jitu yang bisa Anda terapkan. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut!
Apa itu online marketing?
Online marketing adalah praktik menyebarkan pesan tentang produk, layanan, atau merek perusahaan kepada konsumen potensial dengan menggunakan saluran berbasis web. Metode dan teknik yang digunakan untuk online marketing meliputi email, media sosial, iklan bergambar, optimasi mesin pencari (SEO), Google AdWords, dan banyak lagi.
Tujuan online marketing adalah menjangkau konsumen potensial melalui saluran tempat mereka menghabiskan banyak waktu untuk mencari informasi, membaca, berbelanja, dan bersosialisasi secara online. Online marketing berbeda dari pemasaran tradisional yang mencakup media seperti radio, televisi, iklan cetak, dan papan reklame.
Perbedaan online marketing dengan digital marketing
Online marketing sering dikira sama dengan digital marketing. Walaupun sama-sama dilakukan secara online, ada sedikit perbedaan antara keduanya. Online marketing adalah bagian dari digital marketing dan mengacu pada konten yang disampaikan lewat internet, sedangkan digital marketing mengacu pada pemasaran apa pun yang pada dasarnya menggunakan perangkat elektronik.
3 Cara jitu maksimalkan online marketing
Untuk memaksimalkan strategi online marketing, ada tiga cara jitu yang bisa bisnis Anda lakukan, yaitu:
1. Pelajari strategi marketing digital
Untuk memaksimalkan online marketing, pertama-tama Anda harus mempelajari strategi marketing digital dengan cara melakukan analisis. Melalui analisis, Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas tentang posisi bisnis Anda sekarang, bagaimana peluang untuk bersaing dengan kompetitor, dan memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang pelanggan. Berikut penjelasannya:
- Analisis kinerja – Mulailah dengan mengevaluasi kinerja usaha selama setahun terakhir. Pelajari analitik untuk menentukan apa yang berhasil dan tidak berhasil serta alasannya.
- Evaluasi pesaing – Luangkan waktu untuk melihat digital presence pesaing saat ini. Kelebihan online marketing adalah Anda dapat dengan mudah melihat apa yang dilakukan para pesaing karena semuanya bersifat publik. Dengan menganalisis strategi pesaing, Anda dapat menyusun strategi bisnis sendiri yang lebih kreatif dan inovatif.
- Kenali pelanggan – Anda dapat mengenali pelanggan berdasarkan platform yang Anda pakai. Untuk Facebook, misalnya, Anda bisa gunakan Facebook Audience Insights, alat gratis dari Facebook untuk mengungkap detail tentang ukuran, demografi, perilaku, dan minat audiens. Anda juga bisa menggunakan Google Trends, alat gratis lainnya untuk melihat topik yang dicari audiens dan tren penelusuran dari waktu ke waktu.
2. Bangun Website Bisnis Sendiri
Cara jitu selanjutnya untuk memaksimalkan online marketing bisnis Anda adalah membangun website bisnis sendiri. Memiliki online presence yang kuat, terutama lewat website, bisa menghasilkan lebih banyak pendapatan. Berikut beberapa manfaat membangun website bisnis sendiri:
- Kredibilitas – Salah satu alasan pentingnya memiliki website bisnis adalah untuk meningkatkan kredibilitas. Dengan memiliki website yang terlihat bagus dan menawarkan informasi berkualitas kepada konsumen, Anda dapat menonjol dari para pesaing. Tanpa website, audiens mungkin akan mempertanyakan legitimasi bisnis Anda.
- Mengenalkan brand – Website bisnis juga merupakan cara ampuh untuk mengenalkan brand kepada konsumen. Lewat website, Anda bisa memberikan informasi penting seputar brand Anda sehingga meningkatkan peluang calon konsumen melakukan pembelian.
- Meningkatkan prospek – Salah satu alasan paling menarik membangun website bisnis sendiri adalah meningkatkan peluang untuk mendapatkan prospek. Saat calon konsumen tertarik dengan bisnis Anda, berbagai informasi yang tersedia di website memudahkan mereka untuk menghubungi Anda, sehingga berpotensi meningkatkan penjualan
3. Kolaborasi Dengan Influencer
Terakhir, jangan abaikan pentingnya berkolaborasi dengan influencer. Melalui kolaborasi dengan influencer yang memiliki banyak pengikut di media sosial, Anda dapat memperluas jangkauan target audiens. Ini bisa menjadi strategi yang kuat, terutama untuk merek pemula, karena ketika Anda pertama kali memulai bisnis, Anda mungkin merasa kesulitan untuk menjangkau banyak audiens.
Jika brand Anda perlu memperluas audiens atau ingin membuat produk unik dan inovatif yang belum pernah Anda miliki sebelumnya, inilah saatnya untuk mempertimbangkan kolaborasi produk dengan influencer. Menciptakan produk unik bersama influencer dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pasar.
Demikian informasi tentang cara jitu memaksimalkan online marketing untuk bisnis Anda. Jika butuh bantuan, Anda bisa gunakan layanan digital marketing IDEOWORKS. Sebagai online marketing agency, kami telah berpengalaman menangani berbagai brand dalam merancang dan menjalankan strategi marketing mereka. Langsung klik di sini untuk terhubung dengan IDEOWORKS!