Penggunaan wajah dalam digital marketing adalah hal yang lumrah. Tidak sedikit brand yang menggunakan wajah untuk mendukung digital marketing mereka, dan digital agency pun sering melakukan hal ini.
Penggunaan wajah dapat menambah kehangatan dan emosi yang dapat membantu mendukung tone tertentu yang ingin dicapai oleh brand atau produk tertentu. Mata kita tertarik ke wajah manusia. Awalnya, ini mungkin terlihat sebagai sebuah elemen yang strategis, cukup gunakan wajah manusia dalam iklan untuk menarik lebih banyak perhatian. Sayangnya, menarik perhatian adalah bagian yang mudah, namun mempertahankan perhatian tersebut adalah sebuah tantangan. Data menunjukkan bahwa pengguna Facebook yang mengakses lewat mobile devices hanya melakukan engagement dengan konten rata-rata hanya 1,7 detik sebelum berpindah.
Pemirsa memiliki kecenderungan lain yang harus diperhatikan oleh marketer: alih-alih membaca judul gambar, konsumen akan melewatkannya dan mengarahkan perhatian mereka ke gambar itu sendiri. Ini dapat menarik perhatian yang salah, menampilkan wajah juga dapat secara tidak sengaja mengasingkan pemirsa tertentu, karena adanya bias implisit dalam setiap manusia. Menampilkan wajah mungkin dapat menarik pelanggan tertentu, tetapi karena sebagian besar audiens target mencakup demografi yang besar dan beragam, Anda dapat beresiko membuat kesan yang tidak menyenangkan. Lalu apa yang harus Anda lakukan?
[nextpage title=” “]
3 Visual Kece Tanpa Wajah yang Sering Dilakukan
Digital agency adalah salah satu tempat yang dapat Anda tuju untuk menggunakan jasa digital marketing yang mereka miliki. Digital agency terbaik pasti memiliki tim yang ahli dalam digital marketing, dan dapat mengakomodasi kebutuhan Anda. Ada 3 pendekatan visual tanpa wajah yang dilakukan dan diimplementasikan oleh digital agency dalam menjalankan marketing effort Anda:
Environmental Photography
Fotografi adalah sumber penting dari advertisement yang efektif, tetapi berhati-hatilah dengan rute yang jelas-jelas berpusat pada orang. Anda bisa mengambil contoh dari World Wildlife Fund di atas. Karena mengangkat tema environment, mereka menggunakan gambaran hutan dalam bentuk paru-paru sebagai lambang bahwa hutan adalah paru-paru dunia. Tidak perlu ada wajah orang untuk menyampaikan pesan dengan efektif.
Product Visual
Pendekatan lain yang dapat dilakukan oleh digital agency adalah berfokus pada visual produk yang Anda tawarkan. Misalnya, Anda menjual produk makanan, maka digital agency dapat memfokuskan visual Anda kepada makanannya dan penataannya, sehingga makanan tersebut terlihat menonjol dan terfokus.
Creative Illustrations
Meskipun ini bukan pendekatan terbaik untuk semua brand, creative illustration adalah cara lain yang efektif untuk meredakan penilaian penonton yang tak terhindarkan. Ini tergantung pada brand Anda dan produk serta layanan yang Anda jual, jadi jika Anda benar-benar ingin menunjukkan kepada seseorang tentang produk atau layanan Anda, gunakan penilaian terbaik Anda tentang apakah pendekatan ilustrasi yang lebih berkarakter adalah panggilan yang tepat.
Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial, dan sudah menjadi sifat alami kita untuk memiliki respon positif dan negatif bawah sadar saat kita berhubungan satu sama dan sebagai marketer, penting untuk menjaga asosiasi ini tetap positif.
IDEOWORKS.id sebagai sebuah digital agency dapat membantu Anda menggunakan ketiga alternatif di atas untuk mencapai hasil yang memuaskan. Kami juga akan membantu Anda menentukan strategi mana yang tepat untuk bentuk bisnis Anda. IDEOWORKS.id memiliki tim yang ahli dalam digital marketing seperti ini, sehingga dapat mengakomodasi segala keperluan Anda.