Articles

02 Februari 2021

4 Contoh Sukses Strategi B2B Digital Marketing

Brand yang kuat adalah alat yang ampuh untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Ikatan emosional, visi, cerita, atau nilai perusahaan bisa menjadi alat pendorong kuat untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau lebih banyak audiens baik secara B2C maupun B2B. Salah satu cara ampuh yang biasanya digunakan oleh B2B Digital Agency adalah dengan strategi konten video, iklan pay per click, sosial media dan juga public relation yang akan kita bicarakan lebih jauh dalam ulasan di bawah ini.  
  • Strategi B2B Digital Marketing Pemasaran Lewat Video

  Video adalah cara paling efektif untuk meningkatkan kesadaran merek (brand awareness), menyebarkan visi, cerita serta value untuk menciptakan ikatan emosional dengan penontonnya. Pendekatan dengan menggunakan audio dan visual menjadi cara tepat untuk bisa menarik perhatian audiens. Sementara itu, ada kesalahan persepsi yang menganggap strategi digital hanya berfungsi untuk B2C (Business-to-Consumer), dan bukan perusahaan B2B (Business-to-Business). Padahal, strategi digital bisa diterapkan sama efektifnya, baik menyasar konsumen (end user) atau company (perusahaan). Video bisa menjadi alat pemasaran yang sangat efektif dan menguntungkan bagi perusahaan mana pun jika secara akurat menyampaikan pesan yang ingin Anda sampaikan. Berfokuslah untuk mengekstrapolasi cerita di balik merek dan memanusiakan perusahaan Anda agar lebih relevan atau bahkan menginspirasi. Apakah bisnis Anda berfokus pada B2B atau B2C, video bisa menjadi ujung tombak untuk menyampaikan kampanye yang Anda rancang, buat semenarik mungkin untuk memancing perhatian tanpa melupakan tujuan utama dari kampanye yang ingin disampaikan, ini pula yang sering dilakukan oleh B2B Digital Agency dalam salah satu strategi digital marketing mereka.  
  • Strategi B2B Digital Marketing Lewat Iklan Pay per Click

  Media sosial adalah tempat strategis yang kuat bagi banyak bisnis, terutama karena ia menyediakan akses ke begitu banyak calon pelanggan, termasuk juga perusahaan. Untuk fokus kepada perusahaan, B2B Digital Agency menyarankan memanfaatkan LinkedIn dengan menargetkan beberapa eksekutif yang memegang kendali keputusan dalam sebuah perusahaan. Iklan yang menarik pada akhirnya akan membuat target pasar Anda tertarik dan diklik, jadi pastikan untuk membuat sesuatu yang benar-benar berbicara dan menunjukkan minat audiens target Anda. Yang tidak kalah penting adalah halaman arahan yang memberikan informasi yang kemungkinan akan dicari audiens Anda. Jangan lupa untuk secara reguler mengganti materi iklan, karena masa edar iklan hanya berkisar 3-4 minggu. Jika audiens melihat materi iklan yang sama berulang kali, iklan Anda pun bisa mencapai titik jenuh hingga akhirnya tak lagi maksimal.  
  • Strategi B2B Digital Marketing Lewat Media Sosial

  LinkedIn selama ini dipercaya menjadi sosial media yang sesuai untuk merekrut dan menghasilkan prospek secara B2B. Tetapi membutuhkan publisitas yang besar dengan jangkauan yang luas, maka tak ada channel yang lebih cocok selain media sosial. Karena kampanye di media sosial adalah cara yang bagus untuk mempertahankan interaksi melalui promosi dan percakapan. Banyak yang menyangsikan menjalankan kampanye di media sosial dengan fokus B2B, lantaran media sosial dirasa bukan ekosistem tempat banyak perusahaan berinteraksi. Meski begitu, yang perlu dicatat adalah audiens Anda ada di media sosial, sering melakukan percakapan tentang Anda maupun brand Anda sekalipun Anda tidak berada di media sosial. Karenanya, akan lebih menarik dan mudah bagi Anda jika ikut hadir di media sosial untuk mengarahkan percakapan atau bahkan menjalankan kampanye di sana.  
  • Strategi B2B Digital Marketing Lewat Public Relation dan Brand Ambassador

  Pendekatan persona menjadi salah satu yang efektif untuk menaikkan kesadaran merek (brand awareness). Menunjuk brand ambassador atau public relation yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan serta value yang ingin disampaikan bisa menjadi salah satu kampanye krusial untuk menjangkau audiens, baik itu B2C maupun B2B. Seiring dengan meningkatnya popularitas digital marketing, public relation (PR) atau humas menjadi diabaikan atau ditepikan saat menyusun strategi digital marketing. Padahal, PR jadi salah satu cara yang efektif untuk membangun ikatan dengan audiens, baik itu B2C maupun B2B. Cara ini pula yang sering digunakan oleh B2B digital agency. Mereka menggunakan influencer, selebgram sebagai KOL atau juga PR untuk menjalankan kampanye meningkatkan kesadaran merek. Tentunya pemilihan PR juga harus melalui proses pemikiran yang matang, karena jika salah pilih, malah menjadi sebuah kerugian, yang terburuk adalah brand Anda mendapat citra negatif. 

Kesimpulan

Strategi digital adalah komponen yang sangat penting dari keseluruhan rencana pemasaran perusahaan, apapun industri Anda. Ketika diterapkan dengan benar, setiap strategi dapat menghasilkan hasil yang berpengaruh, dan yang baru ditemukan setiap hari yang terus mengubah dan membentuk dunia bisnis. Strategi ini menambah rencana pemasaran dasar Anda dengan menerapkan cara baru untuk menjangkau audiens Anda dalam elemen mereka dan menarik mereka ke perusahaan Anda.  Untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menerapkan strategi digital dengan benar dalam rencana pemasaran untuk mempengaruhi perusahaan dan laba Anda, hubungi B2B Digital Agency, seperti IDEOWORKS.id yang siap menjadi mitra yang mampu memenuhi segala aspek kebutuhan pemasaran digital yang dapat berdampak positif pada bisnis Anda.
More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top