Articles

02 Februari 2021

Strategi Memilih Konsultan Pemasaran Digital Agar Anda Dapat Menentukan KPI Yang Tepat

Perusahaan Anda sudah mengambil keputusan untuk melibatkan konsultan pemasaran digital seperti digital agency Jakarta untuk menangani aktivitas digital marketing perusahaan?

 

Memilih konsultan yang tepat untuk membantu menjalankan strategi digital marketing perusahaan itu penting. Jika memilih konsultan yang salah, Anda dapat membuang waktu, banyak uang sekaligus peluang untuk berkembang. Sebagai upaya untuk meminimalisir kesalahan dalam memilih konsultan pemasaran digital, Anda butuh strategi yang tepat, seperti mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini:

 

Seberapa Jauh Konsultan Paham Akan Bisnis Anda?

 

Ini adalah hal yang lumrah, konsultan yang akan membantu bisnis Anda tentunya harus paham dengan cara kerja bisnis Anda. Dengan alasan ini, Anda harus memilih konsultan yang benar-benar berusaha mempelajari tujuan bisnis Anda dan membuat strategi khusus yang disesuaikan dengan bisnis Anda.

 

Perhatikan bagaimana mereka menjawab pertanyaan Anda dan bagaimana mereka berencana untuk mempelajari model bisnis Anda. Tentunya pilih konsultan yang bisa memberikan feedback dan nyambung dengan model bisnis yang Anda jalankan, karena hal ini juga yang nantinya mendasari strategi yang akan dibuat.

 

Mereka Mengidentifikasi Diri Sebagai Apa?

 

Perhatikan baik-baik konsultan yang Anda pertimbangkan mengidentifikasi diri mereka, karena masing-masing punya keunggulan tersendiri. Digital agency Jakarta misalnya, dari namanya perusahaan ini menganggap diri mereka sebagai agen pemasaran digital komprehensif. Beberapa contoh identitas lainnya yang bisa Anda pertimbangkan:

 

  • Digital Marketing Agency: Sesuai namanya, perusahaan ini menawarkan paket komplit mulai dari strategi hingga eksekusi strategi digital. Namun begitu, perlu Anda telaah lebih lanjut apa yang menjadi kelebihan atau keistimewaan mereka. 
  • Content Marketing: Perusahaan ini fokus kepada pembuatan konten yang mendukung strategi digital marketing Anda. Biasanya perusahaan ini menjadikan blog dan website sebagai inti dari strategi mereka untuk kemudian disebarkan melalui media sosial.
  • Social Media Marketing: Spesialisasi perusahaan ini ada di pengelolaan media sosial termasuk di dalamnya strategi iklan. Sesuai dengan spesialisasinya, perusahaan ini cenderung memiliki lebih banyak pengalaman, pengetahuan, dan kemampuan untuk merencanakan dan melaksanakan strategi media sosial.

 

Lihat Success Story, Bukti Konsep atau Studi Kasus

 

Pengalaman menjadi hal penting saat memilih konsultan, pastikan mereka punya pengalaman yang sejenis atau pas untuk menangani bisnis Anda. Mintalah kepada mereka untuk membeberkan pengalaman sebelumnya, lebih pas lagi jika ada bukti kesuksesan serupa dengan apa yang Anda harapkan.

 

Komunikasikan KPI atau Parameter Yang Jadi Acuan Keberhasilan

 

Sebelum menunjuk konsultan, Anda harus bisa menentukan indikator kinerja utama dari upaya mereka. Setiap bulan, Anda harus dapat mengevaluasi upaya mereka berdasarkan metrik yang berbeda. Contohnya terdiri dari:

 

  • Social Media Reach: Berapa banyak orang yang dijangkau kampanye Anda?
  • Social Media Growth: Berapa banyak penggemar dan pengikut baru yang Anda peroleh?
  • Social Media Engagement: Seberapa besar keterlibatan media sosial (suka, komentar, dll.) Meningkat?
  • Website Traffic: Seberapa banyak lalu lintas situs web meningkat sebagai hasil dari media sosial?
  • Lead Generation from Social Media: Berapa banyak prospek baru yang Anda hasilkan dari media sosial?

 

Baca Juga  Mengenal UX & UI dan Mengapa Anda Butuh Keduanya

Tentukan parameter di awal yang paling penting bagi bisnis Anda, lalu pilih konsultan dengan konsep strategi yang jelas dan sesuai dengan KPI yang sudah ditentukan sebagai target.

 

Apa Layanan Yang Akan Mereka Berikan

 

Tentunya layanan disesuaikan dengan kebutuhan, namun tetap perlu dikomunikasikan di awal agar tidak terjadi salah paham saat menjalankan strategi. Pada dasarnya, layanan digital agency Jakarta atau konsultan pemasaran digital lainnya meliputi hal berikut:

 

  1. Membuat strategi
  2. Menjalankan strategi
  3. Mengubah strategi sampai mencapai target

 

Pastikan keterlibatan konsultan atau layanan mereka sudah sesuai dengan yang Anda butuhkan. Lalu sepakati juga hal-hal mendasar seperti KPI yang menjadi target atau bagaimana alur ketika terjadi kendala serta bagaimana solusinya.

 

Berapa Banyak Klien dan Juga Karyawan Mereka?

 

Ini pertanyaan tak kalah penting yang sering diabaikan. Tanyakan juga berapa klien yang mereka tangani dan berapa juga karyawan mereka, karena ini juga menentukan tingkat kualitas layanan yang diberikan. Idealnya 1 karyawan mengelola 4-6 kampanye sosial yang masih memungkinkan mereka untuk fokus memberikan hasil terbaik untuk klien. 

 

Sebaliknya, jika rasio klien dan karyawan mereka tidak sesuai, kecenderungannya layanan yang diberikan jadi kurang optimal. Karyawan yang terlalu banyak bekerja tidak akan menghasilkan pekerjaan yang berkualitas, yang pada akhirnya akan merugikan hasil bisnis Anda.

 

Riset Rekam Jejak Mereka Secara Online dan Offline

 

Memilih konsultan pemasaran digital seperti digital agency Jakarta juga perlu strategi. Lakukan riset, bacalah ulasan tentang mereka di media sosial. Cari tahu lebih dalam dari ulasan online, atau rekam jejak digital di mesin pencarian google. Atau mungkin rekam jejak lewat dan reputasi offline. JIka menemukan sesuatu yang mengkhawatirkan, tanyakan kepada agensi tentang hal itu dan lihat bagaimana mereka menanggapinya.

 

Anda dapat mempelajari banyak hal tentang konsultan pemasaran digital dengan membaca blog, sumber daya, atau webinar mereka. Ini menunjukkan keahlian, strategi dan juga pengetahuan mereka di bidangnya. Selain itu tentunya Anda bisa mendapatkan pemahaman yang baik tentang perspektif dan metode yang mereka miliki. Setiap agensi memiliki proses, metode, dan strategi yang berbeda untuk membantu bisnis tumbuh. Anda harus memilih perusahaan yang perspektifnya paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda.

 

Memilih konsultan pemasaran digital bisa jadi cara efektif tetapi juga butuh kecermatan. Jika salah pilih, bukan hanya membuang waktu dan biaya, namun bisa jadi brand bisnis Anda juga bisa terkena dampaknya. Pastikan Anda mempunyai cukup waktu untuk riset sebelum menentukan pilihan.

Pemasaran digital menggunakan media sosial juga bisa Anda percayakan dengan IDEOWORKS.id. Sebagai digital marketing agency, kami siap menjadi mitra yang mampu memenuhi segala aspek kebutuhan pemasaran digital yang dapat berdampak positif pada bisnis Anda.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top