Preloader
Apakah Anda sedang mencari jasa pembuatan marketing collateral? Dalam menjalankan strategi marketing, setiap bisnis pasti membutuhkan marketing collateral. Penggunaan marketing collateral sebenarnya bukan hal baru. Meski begitu, konsep serta eksekusinya bisa terus dieksplorasi. Apa saja manfaat yang bisa didapat bisnis dengan marketing collateral? Apa itu marketing collateral? Marketing collateral adalah kumpulan media yang digunakan untuk mendukung penjualan produk atau layanan. Umumnya, marketing collateral digunakan setelah brand terhubung dengan konsumen melalui iklan atau cara pemasaran lainnya. Marketing collateral sering berjalan beriringan dengan iklan utama perusahaan dan sering kali berisi call to action. Kumpulan media ini harus berisi informasi mengenai detail produk Anda, serta memberikan alasan kuat mengapa konsumen harus membelanjakan uangnya pada produk Anda. Manfaat marketing collateral Memiliki marketing collateral akan membantu bisnis Anda mendapatkan beberapa manfaat, di antaranya: - Sebagai medium penyampai informasi Marketing collateral akan membantu Anda untuk menjelaskan seperti apa produk atau layanan yang ditawarkan kepada konsumen. Informasi yang jelas akan memudahkan konsumen memahami brand dan kemudian tergerak untuk melakukan pembelian. Tidak hanya untuk konsumen, marketing collateral pun akan membantu Anda menyampaikan informasi kepada pihak internal perusahaan secara gamblang. Ada kalanya, beberapa orang yang tidak terlibat langsung dengan marketing merasa bingung akan istilah-istilah yang digunakan. Nah, marketing collateral akan mencegah hal tersebut terjadi. - Memudahkan bagian penjualan Tidak jarang ditemukan tenaga penjualan yang kesulitan untuk mengomunikasikan penawaran produk kepada prospek. Dengan marketing collateral, mereka dapat mempelajari apa saja yang harus disampaikan kepada prospek bisnis. - Mudahkan marketing di berbagai platform Sebuah media marketing collateral terkadang dapat digunakan pada beragam kesempatan yang berbeda. Ambil contoh, brosur promosi. Brosur secara umum dapat disebar kepada konsumen untuk meningkatkan brand awareness. Anda juga dapat melampirkan brosur sebagai bahan pertimbangan saat melakukan pitch dengan pemberi modal. Konsumen pun bisa menggunakan brosur jika mereka ingin merekomendasikan produk Anda. - Bantu tingkatkan konversi Marketing collateral yang disusun secara jelas dan detail akan membantu prospek lebih mudah memahami produk Anda. Ini akan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Dengan kata lain, memiliki marketing collateral dapat membantu Anda meningkatkan konversi dari pemasaran. Tips membuat marketing collateral Agar marketing collateral Anda dapat mendatangkan berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, pembuatannya tidak boleh dilakukan sembarangan. Bekerja sama dengan penyedia jasa profesional pembuatan marketing collateral merupakan langkah yang tepat. Lalu, terapkan juga beberapa tips berikut ini: - Utamakan audiens Buatlah marketing collateral dari sudut pandang konsumen. Pikirkan baik-baik, kira-kira informasi apa saja yang ingin mereka ketahui dan solusi apa yang Anda tawarkan untuk problem yang mereka hadapi. - Sesuaikan dengan brand identity Konsisten terhadap brand identity akan membantu marketing collateral Anda mudah dikenali. Gunakan elemen-elemen dari brand identity, seperti logo atau palet warna yang biasa Anda pakai. - Berangkat dari data Cari tahu konten marketing seperti apa yang berhasil dan tidak. Pahami cara kerja tiap platform pemasaran agar Anda paham marketing collateral seperti apa yang dibutuhkan konsumen. Anda bisa memanfaatkan tool seperti Google Analytics untuk mendapatkan data tersebut. 11 Format marketing collateral Marketing collateral ada banyak sekali jenisnya. Anda tinggal memilih format yang paling sesuai dengan kebutuhan brand. Jika bekerja sama dengan agensi jasa pembuatan marketing collateral, Anda akan diarahkan pada format-format yang paling ideal. Berikut adalah beberapa format yang umum digunakan: 1. Artikel blog Artikel blog menawarkan cara yang simpel, namun efisien untuk menarik prospek baru sekaligus membantu pelanggan yang sudah ada. Pastikan artikel yang Anda buat bermanfaat dan bukan hanya berisi kalimat promosi. 2. Pillar page Pillar page menyajikan pembahasan mendalam mengenai suatu tema. Biasanya, pillar page akan terhubung dengan beberapa halaman pendukung (support page). 3. Landing page Landing page adalah sebuah halaman web mandiri dan biasanya dibuat khusus untuk marketing campaign. Ini merupakan halaman pertama yang muncul setelah Anda mengeklik sebuah tautan. 4. eBook eBook dibuat untuk memberikan informasi yang mendalam kepada audiens. Biasanya, eBook dibuat dengan berkonsultasi kepada pakar untuk memberikan konten yang faktual. 5. Presentasi Anda juga bisa membuat marketing collateral dalam bentuk presentasi digital. Akan lebih menarik lagi jika presentasi tersebut diberikan melalui webinar yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan para audiens. 6. Media sosial Media sosial penting dalam membangun keberadaan brand Anda di dunia maya. Pilih platform media sosial yang sesuai dengan target konsumen Anda agar mendapat hasil optimal. 7. Newsletter Newsletter akan membantu pelanggan lama tetap terhubung dengan Anda, sekaligus memperkenalkan brand kepada pelanggan baru dan para prospek. Sebar tautan newsletter Anda di platform yang sesuai agar bisa menjangkau target audiens yang diinginkan. 8. Katalog produk Katalog produk berisi informasi terperinci mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan. Sertakan call to action pada katalog produk untuk memudahkan audiens mendapatkan produk. 9. Brosur Media pemasaran ini sudah lama digunakan, tapi bisa selalu Anda tingkatkan kegunaannya. Misalnya dengan menyertakan kode QR yang dapat dipindai dan terhubung dengan katalog produk. 10. Infografis Visual akan lebih mudah menarik perhatian. Jika Anda ingin menyajikan suatu data, gunakanlah infografis dengan desain yang menarik. 11. Majalah perusahaan Majalah perusahaan dapat menyajikan informasi yang komprehensif mengenai brand. Anda bahkan dapat mengajak pelanggan untuk terlibat dan mengisi konten majalah. Dengan marketing collateral, strategi pemasaran Anda akan lebih terstruktur dan terarah. Tentunya, materi yang Anda buat haruslah benar-benar sesuai dengan target konsumen agar tepat sasaran. Untuk itulah IDEOWORKS hadir sebagai agensi jasa pembuatan marketing collateral yang berpengalaman. Tertarik? Dapatkan informasi selengkapnya di sini!

4 Manfaat Jasa Pembuatan Marketing Collateral & 11 Formatnya untuk Promosi

Apakah Anda sedang mencari jasa pembuatan marketing collateral? Dalam menjalankan strategi marketing, setiap bisnis pasti membutuhkan marketing collateral. Penggunaan marketing collateral sebenarnya bukan hal baru. Meski begitu, konsep serta eksekusinya bisa terus dieksplorasi. Apa saja manfaat yang bisa didapat bisnis dengan marketing collateral?

Apa itu marketing collateral?

Marketing collateral adalah kumpulan media yang digunakan untuk mendukung penjualan produk atau layanan. Umumnya, marketing collateral digunakan setelah brand terhubung dengan konsumen melalui iklan atau cara pemasaran lainnya.

Marketing collateral sering berjalan beriringan dengan iklan utama perusahaan dan sering kali berisi call to action. Kumpulan media ini harus berisi informasi mengenai detail produk Anda, serta memberikan alasan kuat mengapa konsumen harus membelanjakan uangnya pada produk Anda.

Manfaat marketing collateral

Memiliki marketing collateral akan membantu bisnis Anda mendapatkan beberapa manfaat, di antaranya:

– Sebagai medium penyampai informasi

Marketing collateral akan membantu Anda untuk menjelaskan seperti apa produk atau layanan yang ditawarkan kepada konsumen. Informasi yang jelas akan memudahkan konsumen memahami brand dan kemudian tergerak untuk melakukan pembelian.

Tidak hanya untuk konsumen, marketing collateral pun akan membantu Anda menyampaikan informasi kepada pihak internal perusahaan secara gamblang. Ada kalanya, beberapa orang yang tidak terlibat langsung dengan marketing merasa bingung akan istilah-istilah yang digunakan. Nah, marketing collateral akan mencegah hal tersebut terjadi.

– Memudahkan bagian penjualan

Tidak jarang ditemukan tenaga penjualan yang kesulitan untuk mengomunikasikan penawaran produk kepada prospek. Dengan marketing collateral, mereka dapat mempelajari apa saja yang harus disampaikan kepada prospek bisnis.

– Mudahkan marketing di berbagai platform

Sebuah media marketing collateral terkadang dapat digunakan pada beragam kesempatan yang berbeda. Ambil contoh, brosur promosi.

Brosur secara umum dapat disebar kepada konsumen untuk meningkatkan brand awareness. Anda juga dapat melampirkan brosur sebagai bahan pertimbangan saat melakukan pitch dengan pemberi modal. Konsumen pun bisa menggunakan brosur jika mereka ingin merekomendasikan produk Anda.

– Bantu tingkatkan konversi

Marketing collateral yang disusun secara jelas dan detail akan membantu prospek lebih mudah memahami produk Anda. Ini akan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Dengan kata lain, memiliki marketing collateral dapat membantu Anda meningkatkan konversi dari pemasaran.

Tips membuat marketing collateral

Agar marketing collateral Anda dapat mendatangkan berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, pembuatannya tidak boleh dilakukan sembarangan. Bekerja sama dengan penyedia jasa profesional pembuatan marketing collateral merupakan langkah yang tepat. Lalu, terapkan juga beberapa tips berikut ini:

– Utamakan audiens

Buatlah marketing collateral dari sudut pandang konsumen. Pikirkan baik-baik, kira-kira informasi apa saja yang ingin mereka ketahui dan solusi apa yang Anda tawarkan untuk problem yang mereka hadapi.

– Sesuaikan dengan brand identity

Konsisten terhadap brand identity akan membantu marketing collateral Anda mudah dikenali. Gunakan elemen-elemen dari brand identity, seperti logo atau palet warna yang biasa Anda pakai.

– Berangkat dari data

Cari tahu konten marketing seperti apa yang berhasil dan tidak. Pahami cara kerja tiap platform pemasaran agar Anda paham marketing collateral seperti apa yang dibutuhkan konsumen. Anda bisa memanfaatkan tool seperti Google Analytics untuk mendapatkan data tersebut.

11 Format marketing collateral

Marketing collateral ada banyak sekali jenisnya. Anda tinggal memilih format yang paling sesuai dengan kebutuhan brand. Jika bekerja sama dengan agensi jasa pembuatan marketing collateral, Anda akan diarahkan pada format-format yang paling ideal. Berikut adalah beberapa format yang umum digunakan:

1. Artikel blog

Artikel blog menawarkan cara yang simpel, namun efisien untuk menarik prospek baru sekaligus membantu pelanggan yang sudah ada. Pastikan artikel yang Anda buat bermanfaat dan bukan hanya berisi kalimat promosi.

2. Pillar page

Pillar page menyajikan pembahasan mendalam mengenai suatu tema. Biasanya, pillar page akan terhubung dengan beberapa halaman pendukung (support page).

3. Landing page

Landing page adalah sebuah halaman web mandiri dan biasanya dibuat khusus untuk marketing campaign. Ini merupakan halaman pertama yang muncul setelah Anda mengeklik sebuah tautan.

4. eBook

eBook dibuat untuk memberikan informasi yang mendalam kepada audiens. Biasanya, eBook dibuat dengan berkonsultasi kepada pakar untuk memberikan konten yang faktual.

5. Presentasi

Anda juga bisa membuat marketing collateral dalam bentuk presentasi digital. Akan lebih menarik lagi jika presentasi tersebut diberikan melalui webinar yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan para audiens.

6. Media sosial

Media sosial penting dalam membangun keberadaan brand Anda di dunia maya. Pilih platform media sosial yang sesuai dengan target konsumen Anda agar mendapat hasil optimal.

7. Newsletter

Newsletter akan membantu pelanggan lama tetap terhubung dengan Anda, sekaligus memperkenalkan brand kepada pelanggan baru dan para prospek. Sebar tautan newsletter Anda di platform yang sesuai agar bisa menjangkau target audiens yang diinginkan.

8. Katalog produk

Katalog produk berisi informasi terperinci mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan. Sertakan call to action pada katalog produk untuk memudahkan audiens mendapatkan produk.

9. Brosur

Media pemasaran ini sudah lama digunakan, tapi bisa selalu Anda tingkatkan kegunaannya. Misalnya dengan menyertakan kode QR yang dapat dipindai dan terhubung dengan katalog produk.

10. Infografis

Visual akan lebih mudah menarik perhatian. Jika Anda ingin menyajikan suatu data, gunakanlah infografis dengan desain yang menarik.

11. Majalah perusahaan

Majalah perusahaan dapat menyajikan informasi yang komprehensif mengenai brand. Anda bahkan dapat mengajak pelanggan untuk terlibat dan mengisi konten majalah.

Dengan marketing collateral, strategi pemasaran Anda akan lebih terstruktur dan terarah. Tentunya, materi yang Anda buat haruslah benar-benar sesuai dengan target konsumen agar tepat sasaran. Untuk itulah IDEOWORKS hadir sebagai agensi jasa pembuatan marketing collateral yang berpengalaman. Tertarik? Dapatkan informasi selengkapnya di sini!

Let’s talk about your brand