Articles

02 Desember 2020

5 Cara Bisnis Efektif dan Inspiratif di Era Pandemic

Covid-19 cukup menguras energi hampir seluruh orang di dunia. Segala hal dibatasi yang membuat berbagai aspek kehidupan mengalami gangguan, termasuk perputaran usaha yang semakin mengkhawatirkan. Di balik perusahaan yang hampir bangkrut, ternyata ada beberapa peluang bisnis baru yang muncul akibat pandemi ini. Cara berbisnis di masa pandemi ini diprediksikan dapat kembali memutar perekonomian suatu daerah yang terdampak. Apa saja bisnis yang efektif dan inspiratif di era ini? 

Remote Fitness 

 Tak bisa dipungkiri jika pandemi Covid-19 membuat banyak bisnis mengalami mati suri. Salah satunya bisnis kebugaran, seperti tempat fitnes. Beberapa pusat kebugaran ditutup sementara akibat pembatasan sosial yang berpengaruh pada tersebarnya virus Corona. Penutupan tersebut ternyata membuat bisnis remote fitness mengalami peningkatan pelanggan. Remote fitness merupakan sebuah metode untuk melakukan olahraga secara pribadi di rumah.  Ketertarikan orang yang berolahraga di rumah berdampak pada kenaikan permintaan peralatan olahraga. Tidak hanya itu, pencarian latihan streaming secara online makin tinggi. Sehingga hal ini bisa menjadi peluang bagi Anda yang memiliki keahlian menjadi seorang instruktur olahraga. Peminat aplikasi yang berisikan rencana pelatihan pribadi juga meningkat. Di era pandemi ini, para pengembang aplikasi tentu mendapatkan peluang yang cukup tinggi.  

Renovasi Rumah

 Akibat pandemi memaksa hampir seluruh pekerja harus tinggal di rumah. Beberapa di antaranya mengerjakan seluruh pekerjaan secara WFH atau work from home. Rutinitas ini ternyata berdampak pada permintaan perbaikan atau renovasi rumah. Permintaan tersebut beragam, mulai dari masalah kecil hingga besar. Seperti memanggil tukang ledeng untuk membereskan masalah air atau tukang kebun untuk merapikan taman. Tidak hanya renovasi, beberapa pekerja yang menjalankan WFH mulai berinvestasi pada tempat tinggalnya. Seperti membeli kursi dan meja kerja baru, kipas atau AC, cat ulang ruang kerja, hingga sekedar membeli bantal untuk rebahan saat istirahat. Investasi ini tidak lain untuk menghindari kebosanan selama mengerjakan tugas kantor di rumah. Hal tersebut ternyata berdampak besar pada toko perangkat keras. Tren belanja dan pencarian tentang keahlian DIY, perbaikan rumah dan perangkat keras semakin meningkat. Bisnis yang bergelut di dalam dunia tersebut mengalami peningkatan yang signifikan di era pandemi.  

Layanan Delivery dan Home Cooking

 Paket makanan merupakan salah satu cara berbisnis paling efektif di era pandemi ini. Hal tersebut dapat dilihat kesuksesan merek besar Daily Harvest serta layanan pengiriman restoran seperti GrubHub dan DoorDash yang mengalami kenaikan drastis. Bahkan ada layanan pengiriman makanan yang mengalami kenaikan hingga 70% di akhir bulan Maret 2020 lalu. Selain paket makanan, pengiriman bahan juga meningkat tajam. Untuk aplikasi grosir Walmart sendiri sudah meningkat hingga 160%. Kategori bisnis makanan ini menjadi tren yang cukup kuat dan bertahan lama. Anda yang tengah mencari cara berbisnis paling tepat di masa pandemi ini bisa mencoba menjual makanan atau layanan pengiriman bahan serta makanan. Peminatnya masih terpantau tinggi mengingat masyarakat cenderung tidak melakukan aktivitas di luar rumah karena penyebaran virus Corona. 

Health and Beauty

 Bukan hanya pekerjaan saja yang harus dari rumah. Pandemi ini membuat banyak wanita mengeluh kesulitan menemukan tempat yang bisa menyediakan layanan kecantikan dan kesehatan. Bisnis kecantikan dan kesehatan kini bisa dilakukan dengan cara yang berbeda.  Banyak salon atau barbershop yang memberikan fitur booking dengan layanan di rumah. Tentu, calon konsumen harus melakukan reservasi terlebih dahulu dan menunggu sesuai antrian. Tidak hanya bisnis kecantikan, industri kesehatan juga mulai menerapkan strategi tersebut untuk memutar roda perekonomian bisnis mereka.  

Layanan untuk pekerja remote

 Pandemi membuat kebanyakan orang melakukan pekerjaan jarak jauh atau work from home. Sebagian besar para ahli setuju jika pekerjaan tersebut akan tetap ada meskipun pandemi berakhir, meski pengembangan layanan masih tertinggal. Belakangan banyak perusahaan besar maupun kecil mulai menyesuaikan proses dan sistem mereka dengan lingkungan baru ini. Jika Anda bisa membantu perusahaan merancang sistem yang baik dengan pekerja jarak jauh, tentunya bayaran yang didapatkan bisa sangat tinggi. Cara berbisnis dengan menawarkan jasa langsung datang ke rumah ini terbilang cukup menguntungkan di era pandemi. Bahkan, banyak bisnis yang mengalami peningkatan permintaan hingga 200% setelah salon dan barbershop tutup. Jika Anda berniat untuk investasi di bisnis, keputusan tersebut terbilang sangat tepat. Apalagi jika melihat data yang menjanjikan di atas. Tentunya, pelayanan harus diutamakan untuk membuat pelanggan nyaman. Produk kecantikan yang ditawarkan juga terpercaya dengan diimbangi edukasi cara penggunaan yang tepat.  Cara berbisnis seperti di atas bisa menjadi sumber inspirasi bagi Anda yang berencana merintis bisnis di masa pandemi ini. Namun, sebelum membuat keputusan, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan profesional. Salah satunya bekerjasama dengan IDEOWORKS. Digital marketing agency mampu memberikan strategi terbaik untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Category

Featured Articles

Related Articles

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top