Articles

02 Desember 2020

Kenapa Digital Marketing sangat Diperlukan untuk UMKM?

UMKM bisa mengambil andil besar dalam pasar jika memiliki tim pemasaran tepat, termasuk menggunakan pemasaran digital atau digital marketing sebagai strategi menarik pembeli. Hal tersebut juga didukung oleh data yang menunjukkan bahwa 87% pembeli akan mencari produk secara online (menurut RetailDive). Menariknya lagi, jumlah digital agency Indonesia kini makin banyak. Sehingga pemilik UMKM tidak akan kesusahan dalam memasarkan produk secara digital.

Tidak hanya itu saja alasan UMKM perlu menggunakan digital marketing. Berikut ini mengapa digital marketing sangat penting untuk UMKM serta ulasan bagaimana cara tepat menggunakan strategi pemasaran digital ini. 

 

Mempererat hubungan pelaku usaha dan pelanggan

Tantangan terbesar dalam membangun sebuah usaha adalah mempertahankan atau membuat pelanggan kembali membeli produk. Di Amerika Serikat, setidaknya ada lebih dari setengah juta bisnis baru yang bermunculan. Hal tersebut mengakibatkan angka kehilangan pelanggan menjadi semakin tinggi dibandingkan 20-30 tahun yang lalu. Salah satu kunci untuk mempertahankan pelanggan tidak hanya mengetahui produk kamu sesuai atau tidak dengan mereka. Namun, juga menjaga hubungan dengan pelanggan tetap baik. 

Cara untuk mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan terbilang sangat mudah bagi UMKM. Apalagi jika menggunakan digital marketing. Berikut ini tipsnya

  • Jika cara tradisional memakai ‘dari mulut ke mulut’, ada testimonial sebagai metode pemasaran digital. Testimoni dari pelanggan yang puas bisa diposting di situs usaha dan dapat digunakan dalam kampanye di media sosial.
  • Kirim email kepada para pelanggan dengan isian ucapan terima kasih. Cara ini cukup efektif dan tidak butuh biaya yang besar. Tentunya, kirim email tersebut di waktu tepat serta kepada orang yang tepat.
  •  Libatkan pelanggan yang telah berbelanja produk kamu di media sosial untuk membuat mereka tertarik kembali membeli. Cara ini bisa dengan memposting produk yang dibeli pelanggan ke media sosial yang kemudian diposting kembali di media sosial kamu.
  • Mengeluarkan produk lain yang bisa menjadi paket produk yang pelanggan beli sebelumnya.

 

Membantu mencari kebutuhan pelanggan

Tantangan lain yang biasa diterima oleh UMKM adalah mengetahui kebutuhan yang diperlukan oleh pelanggan. Untuk bisa mengidentifikasi produk sesuai dengan sasaran bisa menggunakan pemasaran digital secara efektif. Digital marketing yang efektif mampu mempelajari kebiasaan pelanggan sehingga mudah menargetkan pelanggan ideal dengan lebih baik. Namun, hal tersebut tergantung pada riset pasar yang solid.

UMKM cerdas tidak membuat asumsi, melainkan menggunakan alat digital yang dapat mempelajari tingkah laku pelanggan target. Alat tersebut bisa Google Analytics, Google Search Console, SEMRush, dan SurveyMonkey. Media sosial dan pengikut UMKM juga bisa dilihat tingkah lakunya ketika online. Hal tersebut bisa dilihat dari konten apa yang disukai, jenis postingan yang mengundang reaksi serta pertanyaan yang sering dilontarkan. Kemudian dibuatlah strategi pemasaran yang sesuai dengan hasil riset pelanggan. 

 

Baca Juga  Mencari Creative Agency Terbaik untuk Promosikan Perusahaan

Menawarkan pendekatan dari berbagai channel

Sudah memiliki pelanggan tapi hanya berada di satu channel saja? Apakah hal tersebut sudah cukup puas untuk mengenalkan produk UMKM? Pada faktanya pelanggan potensial ternyata bisa berada di mana saja. Sehingga kurang efektif jika hanya menggunakan satu saluran. Seperti jumlah pembeli online di Amerika Serikat mencari dan membeli di Amazon sekitar 41%. Sementara 28% dari mereka mencari dulu di Google kemudian beli di Amazon. Hal tersebut tidak lain karena hasil dari SEO. Bayangkan jika tidak ada SEO di dalamnya.

Tidak hanya optimasi SEO dalam situs web UMKM saja. Bayangkan jika satu UMKM didukung dengan iklan Facebook dan Google, pemasaran lewat email, serta sosial media marketing. Apalagi mengingat setiap pelanggan memiliki ketertarikan sendiri pada media yang disukai. Tentunya nilai konversi akan meningkat dan disitulah digital marketing bekerja dengan baik. 

 

Dapat bersaing dengan kompetitif dengan bisnis besar

Menurut Ann Smarty, “Hal terbaik tentang pemasaran digital adalah bahwa kecerdasan dan kreativitas selalu dapat memenangkan anggaran pemasaran yang besar.” Berdasarkan pernyataan tersebut, UMKM pun juga bisa juga bisa lebih baik dengan perusahaan besar yang sudah berkelas. Bahkan ada banyak kasus yang sudah pernah terjadi, seperti iklan-iklan dengan nilai investasi kecil tapi mendapatkan perhatian dari banyak kalangan. Dan pada akhirnya, nilai jual produk yang dijual cukup tinggi. 

 

Pemasaran digital lebih terjangkau 

Pasang iklan di radio, tv serta papan reklame merupakan cara pemasaran tradisional. Dan untuk bisa memasang iklan tersebut dibutuhkan biaya yang cukup besar, apalagi bagi UMKM. Saat ini, banyak UMKM lebih tertarik untuk menggunakan pemasaran digital. Bahkan, beberapa di antaranya berkonsultasi dengan digital agency Indonesia.

 

Menawarkan ROI  yang lebih terukur

Pemasaran tradisional sangat sulit untuk melihat hasil performa kerjanya. Apa yang berhasil atau gagal, dan bagaimana caranya. Hal tersebut berbeda dengan digital marketing yang memiliki cara kredibel untuk mengukur ROI (Return on Investment). UMKM bisa berinvestasi kecil terlebih dahulu dan melihat hasilnya. Kemudian baru bisa menentukan untuk berinvestasi lebih atau tidak. 

Itulah alasan mengapa digital marketing sangat diperlukan untuk mendukung kinerja UMKM. Pemasaran secara digital sangat efektif untuk meningkatkan omset dari sebuah bisnis. Jika masih bingung dengan cara pengaplikasiannya, coba untuk menjalin mitra bisnis dengan digital agency Indonesia. Salah satunya IDEOWORKS yang bisa menjadi pilihan tepat untuk memajukan UMKM. 

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top