Articles

03 September 2021

5 Cara Kerjasama dengan Creative Agency

Seorang pebisnis dituntut selalu kreatif memikirkan cara memasarkan produk, agar tetap eksis dan punya daya saing. Sementara anda juga harus mengontrol banyak hal lain, pekerjaan ini kadang menjadi tidak maksimal. Agar semua terkondisikan dengan baik, tidak ada salahnya untuk mempercayakan marketing bisnis-nya pada creative digital agency. Dengan pengalaman dan profesionalisme yang tinggi, mereka akan memastikan bahwa produk anda sampai ke tangan yang tepat. Lalu apa itu creative agency? Apa saja komponen di dalamnya?

Creative agency merupakan sebutan untuk ahensi periklanan yang membantu klien menghasilkan materi atau konten kreatif untuk pemasaran. Beberapa komponen di dalamnya antara lain: art director, creative director, videografer, desainer grafis, dan lain-lain. Sementara itu, digital marketing agency adalah pihak ketiga, baik perorangan atau perusahaan, yang bertugas membantu  klien untuk membuat, merancang, dan mengelola kegiatan pemasaran.

Digital agency juga menyediakan layanan yang melakukan aktivitas bisnis jasa yang menangani periklanan atau dalam bentuk promosi untuk kliennya, dengan memanfaatkan platform digital. Bila anda berminat untuk menggandeng suatu perusahaan creative agency, berikut adalah 5 cara kerjasama yang bisa diterapkan:

 

Pembuatan Brief yang Tepat

Jika anda telah memutuskan untuk menggunakan layanan ini, maka langkah awal untuk memulai kerjasama dengan Creative Digital Agency adalah dengan membuat brief atau ringkasan tentang informasi produk, termasuk tujuan, tenggat waktu/deadline, anggaran, pedoman branding, dan lain sebagainya. Dokumen ini adalah kunci keberhasilan proyek yang akan dibuat. Sebisa mungkin, gunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

 

Brainstorm untuk Menentukan Strategi

Sebelum eksekusi project, tentu akan ada banyak pihak yang terlibat. Dalam prosesnya, pihak Anda sebagai klien dan pihak dari Creative Digital Agency akan berdiskusi tentang segala hal yang menyangkut keberlangsungan project. Untuk itu, pastikan Anda telah menyiapkan materi seperti latar belakang, tujuan, hasil yang diharapkan, teknis komunikasi yang akan digunakan, dan lain sebagainya.

Jika sudah memiliki bahan dasar dalam pelaksanaan proyek, selanjutnya Anda bisa melakukan rapat dengan pihak perusahaan creative agency untuk menentukan strategi yang akan diterapkan, serta memberikan solusi dari suatu masalah tertentu  dengan mengumpulkan gagasan dari berbagai pihak terkait.

 

Pahamilah Proses Kreatif dalam Bekerja

Setiap instansi, dalam hal ini adalah agency, memiliki SOP yang berbeda. Secara umum, berikut adalah fase yang akan dilalui Creative Digital Agency:

  • Penemuan. Ini adalah fase belajar bagi creative agency untuk mengenal produk Anda lebih dalam. Di sini, Creative Digital Agency akan mencoba menemukan sisi unik, masalah yang dihadapi, dan upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan sebelumnya.
  • Wawasan. Setelah melalui fase penemuan dan melakukan penelitian tambahan (seperti: survei, audit konten, tinjauan analitik, dll), tim anda akan memunculkan wawasan utama yang berisi informasi mengenai pendekatan apa yang berpotensi menghasilkan hasil terbaik untuk goal
  • Pembuatan  ide. Fase ini tergantung pada keterlibatan anda dalam proyek. Biasanya tim Creative Digital Agency akan mengajukan konsep dan anda bisa memilih mana yang paling cocok untuk disetujui.
  • Eksekusi dan pengukuran. Bagian terpenting dari sebuah project adalah eksekusi. Setelah berjalan, tim Creative Digital Agency akan melacak kesuksesan berdasarkan metrik yang telah ditentukan sebelumnya.
Baca Juga  Digital Agency yang Bisa Tingkatkan Promosi Bisnis Anda!

 

Menjadi Kolaborator Aktif

Hasil kerja yang baik bergantung pada kemitraan yang baik. Sikap proaktif tentu akan mempermudah kolaborasi. Dengan menjadi kolaborator aktif, maka segala teknis yang menyangkut project antara anda dan tim digital agency Indonesia bisa berjalan dengan lebih mulus dan lancar. Kalaupun terdapat masalah atau kendala, komunikasikan dengan baik agar permasalahan yang lebih besar bisa dihindari.

 

Feedback Selalu Diperlukan

Dalam menjalin kerjasama tentu diperlukan adanya hubungan timbal-balik, di mana anda dan tim ahensi bisa saling berkomunikasi demi tercapainya goal. Proses kreatif yang dinamis akan menimbulkan pro-kontra selama masa pengerjaannya. Oleh karena itu, jika anda tidak ingin ada miss communication atau kelalaian yang berpotensi mengganggu atau menghambat pekerjaan, ada baiknya kedua belah pihak sama-sama bersikap responsif. Di samping itu, ahensi yang baik pasti ingin tahu pendapat klien tentang kinerja mereka, serta bagaimana untuk meningkatkan berbagai hal, yang bisa didapat dari feedback yang diberikan oleh klien.

Dengan mengetahui pengertian dan bagaimana cara untuk bekerjasama dengan Creative Digital Agency yang telah dijabarkan di atas. Intinya, komunikasi adalah modal utama agar kerja sama kedua belah pihak terjalin dengan baik.

Jika Anda membutuhkan jasa agensi pemasaran yang berkualitas, IDEOWORKS.ID adalah solusi yang dapat dipercaya. Sebagai creative digital agency terbaik Jakarta, kami selalu mengedepankan kualitas dan profesionalisme. Selain berpengalaman di dunia marketing, kami juga berkomitmen untuk mengedepankan kepentingan dan kenyaman klien dengan senantiasa menjaga komunikasi dalam berbisnis. Jangan ragu menghubungi kami untuk menyelesaikan segala permasalahan marketing anda.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top