Articles

06 September 2021

7 Integrated Marketing Campaigns Terbaik Sepanjang Sejarah

Integrated marketing communication (IMC) merupakan suatu konsep strategi bisnis yang meliputi tahap perencanaan, pembangunan, eksekusi hingga evaluasi pelaksanaan program sesuai dengan tujuan perusahaan. Untuk itu, elemen-elemen dalam integrated marketing agency akan saling terintegrasi untuk menyelaraskan kebutuhan pemangku kepentingan.

IMC bertujuan untuk menciptakan nilai merk (brand equity) melalui fase menciptakan brand awareness, brand image, brand responses, serta membangun brand relationship dengan menekankan aspek komunikasi dalam pemasaran. Karenanya, para businessman akan mengupayakan peningkatan kesadaran konsumen akan brand hingga terjadinya penjualan. Salah satu strategi pamungkas untuk mencapai tujuan adalah membuat campaign.

Untuk memudahkan anda dalam memahami efektivitas integrated marketing communication, berikut adalah deretan marketing yang masuk dalam best integrated marketing campaign dalam sejarah:

Volkswagen

Bertajuk “Think Small”, iklan Volkswagen Beetle ini diakui sebagai salah satu iklan paling fenomenal di sepanjang sejarah industri periklanan. Iklan ini menarik perhatian karena menampilkan latar belakang yang benar-benar kosong, dan hanya ada VW Beetle berukuran kecil di pojok halaman, dengan teks di bagian bawahnya. Dua tokoh di balik penciptaan iklan ini berhasil membangun brand loyalty yang panjang pada masanya.

Dove

Sebuah studi, disebutkan bahwa Dove melakukan rangkaian iklan “Campaign for Real Beauty” yang menampilkan isu seputar citra tubuh. Isinya adalah tentang standar tubuh, penampilan, dan kecantikan perempuan yang selama bertahun-tahun telah meningkatkan kegelisahan perempuan akan tubuhnya. 

Di tengah gempuran iklan produk kecantikan lain, serta tuntutan bagi wanita untuk selalu tampil “cantik sesuai standar”, campaign ini hadir dengan terobosan baru untuk menggambarkan sisi lain wanita dengan cara yang berbeda. Dengan menyertakan dua opsi kepada penonton seperti, “apakah menurut mereka modelnya “gemuk atau bugar?”, “keriput atau indah”, dan lain sebagainya, campaign ini memicu interaksi dan berimbas pada peningkatan penjualan Dove.

Apple

Get a Mac”, yang memperoleh penghargaan Campaign of The Decade, menggunakan metode penokohan. “Mac” dalam iklan ini digambarkan dengan sosok manusia, di mana konsumen diajak untuk mengenal sosok tersebut terlebih dahulu dan digiring untuk mengidolakan tokoh tersebut. Setelahnya, barulah mereka diajak untuk mengenal produk. Pesan yang ingin disampaikan adalah, jika anda menyukai Mac, maka anda juga akan menyukai produk-produk Mac. Representasi dalam iklan “Get a Mac” merujuk pada penggunaan istilah yang dalam konteks komputer dimanipulasi sedemikian rupa untuk menjadi realita baru berdasarkan iklan Mac.

Nike

Kampanye yang muncul pada tahun 2017 dengan judul “Breaking 2” ini mengajak publik untuk mengikuti lari marathon dalam waktu kurang dari dua jam di Sirkuit Monza, Italia, yang sekaligus mempromosikan sepatu terbaru Nike, Zoom Vaporfly Elite. Kegiatan itu disiarkan secara langsung melalui media sosial seperti Twitter, YouTube, dan Facebook. Setelah mampu menyihir penonton berjumlah lebih dari 13 juta orang, sepatu Nike tersebut laris di pasaran.

Budweiser

Sebagai salah satu iklan bir paling ikonik dalam sejarah, yang hadir pada tahun 1999, kampanye “Wassup” menjadi pelopor, di mana iklan tersebut mengarahkan penonton ke situs web. Pada website, penonton dapat mempelajari cara mengucapkan “Whats ‘up” lebih dari 30 bahasa. Meskipun masih dalam masa awal kemunculan web, merek tersebut justru dengan sangat brilian memanfaatkan platform yang ada sebagai peluang untuk merebut hati konsumennya.

Melbourne Metro Trains

Dumb Ways to Die” adalah kampanye iklan layanan masyarakat Australia yang dibuat oleh Metro Trains di Melbourne, Victoria, Australia, untuk mempromosikan keselamatan kereta api. Dikemas secara humoris, video kampanye tersebut menjadi viral melalui berbagi media daring sejak November 2012. Dalam waktu 24 jam setelah diluncurkan, lagu “Dumb Ways to Die” masuk list 10 lagu teratas iTunes. Dampak lain yang dilihat Metro Trains adalah penurunan sebesar 21% dalam kecelakaan dan kematian di jaringannya sebagai akibat dari kampanye. 

Old Spice

Old Spice menjadi daya tarik di dunia pemasaran dengan serangkaian iklan yang dibintangi Isaiah Mustafa, yang kemudian terkenal sebagai “The Man Your Man Could Smell Like“. Saat itu, Old Spice menginginkan kampanye yang menarik bagi pria dan wanita. Sementara dua iklan TV ditayangkan pada tahun 2010, keberhasilan nyata dari kampanye tersebut juga ditemukan di media sosial.

Dengan sejumlah strategi kampanye IMC yang telah disebutkan, terbukti jika penggunaan metode terintegrasi ini mampu mengantarkan anda pada tujuan yang diinginkan. Karenanya, jika anda membutuhkan bantuan profesional untuk menangani pemasaran produk atau jasa, jangan segan untuk berkolaborasi dengan Integrated Marketing Agency yang anda percaya.

IDEOWORKS.ID adalah Integrated Marketing Agency  yang bisa anda percaya untuk melakukan segala kegiatan pemasaran, mulai dari perencanaan hingga eksekusi project. Dengan pengalaman, jaringan, dan kinerja yang professional, kami akan menyajikan campaign terbaik yang sesuai dengan kebutuhan, brand image, dan goal yang ingin dicapai. Raih pelanggan dengan mudah bersama kami!

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top