Preloader
Influencer Digital Agency

5 Ide Terbaik yang Dapat Diadopsi untuk Fashion Influencer Marketing

Akhir-akhir ini, influencer marketing bukanlah suatu hal yang unik untuk dilakukan. Hampir semua bisnis yang ada di masyarakat beralih ke influencer marketing karena besarnya tawaran yang menggiurkan, seperti brand awareness, naiknya jumlah followers, sampai meningkatnya tingkat penjualan produk dan closed deals. Tak terkecuali dalam dunia fashion.

Dunia fashion merupakan salah satu industri yang paling diuntungkan dengan adanya influencer marketing ini. Fashion brands dengan jelas dapat mengenali potensi besar yang dimiliki influencer marketing. Faktanya, hamper 80 persen merk fashion barang mewah, dan kosmetik menggunakan influencer marketing sebagai bagian dari campaign mereka pada 2017. Mulai dari brand yang baru muncul sampai brand yang sudah sukses, banyak brand yang memanfaatkan influencer marketing untuk mengembangkan bisnis mereka.

[irp]

5 Cara untuk Memulai Fashion Influencer Marketing

Sebuah influencer digital agency, IDEOWORKS.id dapat membantu Anda menjalankan influencer marketing. Seperti apa sebenarnya kampanye fashion influencer marketing yang dapat menarik perhatian audiens? IDEOWORKS.id akan memberikan 5 ide yang dapat Anda adopsi untuk brand Anda.

  • Branded Hashtags

Branded hashtags adalah cara halus untuk meningkatkan brand awareness Anda. Namun, branded hashtags tidak terbatas pada penggunaan nama brand Anda si hashtag saja. Jika Anda mengeluarkan produk baru, Anda dapat membuat branded hashtag baru atau khusus untuk produk tersebut sehingga audiens akan menemukan produk Anda dengan mudah. Selain itu, Anda juga akan memiliki branded hashtag khusus untuk mempromosikannya. Branded hashtag ini dapat berupa nama produk Anda, atau nama brand Anda digabungkan dengan nama produk Anda, dan sebagainya. Influencer yang bekerja sama dengan Anda dapat menggunakan branded hashtag khusus ini, sehingga memberikan kredibilitas lebih untuk brand Anda.

[nextpage title=” “]

  • Kode Promo

Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan penjualan melalui fashion influencer marketing campaign, maka memberikan kode promo dapat bekerja dengan baik. Influencer dapat mempromosikan produk Anda dalam post mereka, kode promo dapat memberi audiens mereka untuk memutuskan untuk membeli. Strategi ini adalah win-win solution bagi semua pihak yang terlibat. Kode promo memungkinkan influencer untuk memberikan sesuatu kepada audiens mereka juga, dan membuat audiens mereka tetap terlibat. Anda dapat membuat kode promo tersebut menggunakan nama influencer yang bekerja sama dengan Anda sehingga lebih mudah diingat.

  • Event

Jika Anda ingin membuat buzz di media sosial, maka membuat sebuah event dapat menjadi jalan keluar Anda. Adakan sebuah event, seperti sebuah pesta atau sebuah acara. Undang semua influencer yang sesuai dengan segmentasi produk Anda ke acara tersebut dan biarkan mereka yang bertanggung jawab dengan publicity untuk Anda. Acara yang dapat Anda adakan meliputi launching produk baru, meet and greet dengan audiens dari influencer yang berkolaborasi dengan Anda, atau adakan influencer gathering sehingga para influencer dapat bersosialisasi dengan satu sama lain. Di tengah pandemi seperti ini, Anda dapat memindahkan event tersebut ke dunia maya, seperti via online meeting, 1-on-1 video call, atau Instagram Live. 

[irp]

  • Interviews

Meskipun post bersponsor dan branded hashtag ada di mana-mana, interview dengan influencer adalah strategi yang berkekuatan besar namun kurang dimanfaatkan. Padahal, interview memberikan banyak kebebasan pada influencer dan brand untuk mengarahkan percakapan ke segala arah. Bagi penonton, ini menyediakan koneksi yang lebih personal dan pribadi daripada konten bersponsor lainnya. Interview dapat memberi penonton gambaran tentang kepribadian influencer, bukan hanya gaya hidup mereka. Siapkan pointer berupa pertanyaan yang akan diajukan, namun berikan ruang untuk pertanyaan spontan yang bisa muncul seiring berjalannya interview. Fokus untuk menjaga interview tetap natural dan bukan penuh dengan promosi. 

[nextpage title=” “]

  • Social Media Takeover

Agar menjaga engagement Anda dengan audiens, Anda perlu membuat konten yang unik dan menarik. Tidak yakin bagaimana membuat konten fresh setiap hari? Biarkan influencer Anda mengambil alih akun media sosial Anda. Setiap hari, mereka membuat konten untuk channel dan brand mereka sendiri. Anda dapat memercayai mereka untuk memahami jenis konten apa yang cocok untuk audiens. Social media takeover adalah tentang cross-promotion. Anda dapat membuat influencer Anda membuat konten mengenai acara yang Anda adakan dengan mereka. Influencer Anda dapat memulai dengan membuat konten saat ia bangun tidur, kemudian menjalani hari dan memperlihatkan persiapan mereka untuk acara Anda. Ini dapat memberikan insight kepada audiens tentang apa yang terjadi di balik layar.

[irp]

Menggunakan fashion influencer marketing sebagai salah satu strategi Anda dapat membantu Anda dalam meningkatkan kesuksesan bisnis Anda. Mereka dapat menggunakan audiens mereka untuk mencoba dan menyukai produk yang Anda tawarkan. Anda hanya perlu terus meningkatkan kualitas produk Anda sehingga terciptalah konsumen loyal bisnis Anda.

Ketika Anda memutuskan untuk berfokus pada perkembangan produk, Anda dapat menyerahkan urusan marketing kepada influencer digital agency seperti IDEOWORKS.id. Sebagai sebuah influencer digital agency, kami memiliki akses ke berbagai influencer yang tepat untuk bisnis Anda. Perkembangan dunia digital membuat IDEOWORKS.id sebagai sebuah influencer digital agency handal dalam menjalaninya. Kami memiliki tim ahli dalam influencer marketing, dan kami dapat mengakomodasi kebutuhan influencer digital agency Anda. Tak perlu ragu lagi, segera hubungi IDEOWORKS.id dan mari berkolaborasi!

Let’s talk about your brand