Articles

28 Desember 2021

5 Langkah Mengelola Media Sosial saat Social Media Crisis

Memiliki sebuah bisnis tentu bukanlah hal yang mudah. Sejak awal mendirikan sebuah bisnis, tentunya ada banyak masalah yang ditemui dan harus diselesaikan. Terlebih jika Anda memiliki media sosial untuk brand Anda. Pasti Anda akan menghadapi krisis-krisis yang tentunya akan berdampak kepada brand Anda.

Social media crisis dapat berupa peristiwa apa pun yang berdampak negatif pada reputasi brand Anda, dan ketika hal itu terjadi, Anda seringkali tidak memiliki peringatan atau langkah-langkah mitigasi sama sekali. Kesalahan ini lah yang seringkali menjadi pukulan besar bagi bisnis, terlebih bagi bisnis kecil yang baru berkembang. Seiring dengan perkembangan media sosial yang bergerak dengan kecepatan kilat, social media crisis management yang efektif dapat menjadi pembeda antara beberapa komentar negatif dan boikot viral.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, IDEOWORKS.id akan memberikan 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi social media crisis.

Baca Juga  Jurus Jitu Menyasar Pasar dengan Segmentasi di Dunia Digital

5 Langkah Menanggulangi Social Media Crisis

  • Buat Kebijakan Social Media Crisis

Sebelum Anda membuat kebijakan social media crisis Anda, penting untuk bisa mengidentifikasi apa saja yang termasuk dalam sebuah krisis. Misalnya, Anda tidak perlu menjadikan sebuah komentar negatif sebagai sebuah krisis, tetapi penting untuk mengenali masalah sebelum meluas terlalu jauh. Lakukan brainstorming dengan tim Anda untuk mendiskusikan kapan sesuatu harus ditandai sebagai potential crisis dan eskalasi ke pembuatan keputusan yang relevan. Pastikan untuk mengidentifikasi siapa pengambil keputusan tersebut. Sangat penting untuk memilih brand yang memiliki pengalaman bekerja dalam komunikasi, karena brand akan bertanggung jawab untuk menyusun strategi respons.

  • Hentikan Sementara Semua Campaign dan Scheduled Posts

Ketika potensi krisis telah ditandai, tunda dulu semua campaign dan scheduled posts hingga Anda siap untuk memberikan respon. Tidak ada yang lebih buruk daripada tampil tidak sensitif atau melakukan penjualan ketika momen membutuhkan respons yang lebih bijaksana.

  • Analisa Dampaknya

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan selama krisis adalah mengambil langkah cepat untuk “membaca ruangan.” Jika itu adalah acara berskala lebih besar, seperti gerakan global atau budaya, luangkan waktu untuk mengamati apa yang dikatakan secara online. Jika ini adalah situasi yang terjadi di internal brand Anda, pertimbangkan skenarionya, pertimbangkan semua kemungkinan implikasinya, dan tinjau kembali komunikasi sebelumnya (jika ada) yang dapat Anda pelajari. Meskipun tanggapan yang tepat waktu sangat penting, Anda tidak ingin melewatkan sasaran pada pesan pertama Anda – itulah yang akan diingat kebanyakan orang.

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 8111 846466

Back to top