Preloader
homepage-showcase-08

5 Jenis Creative Agency Indonesia yang Siap Membantu Marketing Bisnis

Creative agency Indonesia mengembangkan dan menerapkan solusi imajinatif untuk meningkatkan kesadaran merek, memperkenalkan produk dengan lebih baik, hingga meningkatkan keuntungan penjualan. Mengetahui jenis creative agency Indonesia dapat membantu memahami bisnis yang sedang kamu kembangkan saat ini.

Apa yang Dimaksud dengan Creative Agency?

Creative agency adalah perusahaan yang menggunakan strategi kreatif untuk membantu klien mencapai tujuan mereka. Creative agency terkadang disebut dengan agen pemasaran, yang memfokuskan upaya di salah satu bidang, termasuk:

  • Strategi. Hal ini berisi bagaimana bisnis melayani pelanggan dan menghasilkan pendapatan.
  • Desain. Hal ini berisi bagaimana bisnis dan produknya terlihat.
  • Teknologi. Hal ini berisi bagaimana bisnis mengintegrasikan solusi teknologi ke dalam praktiknya.
  • Periklanan. Hal ini berisi bagaimana bisnis memasarkan dirinya dan produk atau layanannya kepada konsumen.

Masing-masing agensi mempekerjakan anggota tim dalam peran khusus untuk memenuhi syarat layanan yang disediakan agensi. Beberapa peran yang paling umum dalam agensi kreatif, yaitu:

  • Desainer. Bagian dari departemen kreatif yang menghasilkan kreatifitas, seperti iklan, situs web, dan aplikasi seluler.
  • Direktur kreatif. Kepala departemen kreatif yang mengawasi pekerjaan desainer untuk memastikan memenuhi standar klien. Posisi ini juga berperan dalam menyetujui proyek yang sudah selesai untuk dikirim ke klien.
  • Perwakilan akun. Para profesional ini bekerja dengan klien untuk memahami bisnis dan tujuan mereka, kemudian berbagi kebutuhan dan visi klien dengan departemen kreatif.
  • Peneliti. Para profesional ini menyelidiki tren pasar dan permintaan untuk membantu klien membuat keputusan yang tepat.

Creative agency Indonesia dapat berupa versi standar yang berfokus pada satu elemen atau layanan lengkap yang memberikan beberapa layanan terkait. Misalnya, biro iklan standar seringkali mengkhususkan diri dalam kampanye iklan sederhana dalam satu media.

Jenis Creative Agency Jakarta

Masing-masing jenis agency akan fokus pada bidangnya tersendiri. Berikut ini beberapa jenis creative agency Jakarta yang umum digunakan dalam membuat iklan hingga menunjang keberhasilan promosi suatu produk:

  1. Advertising Agency

Agency ini bertugas untuk membuat kampanye dan materi promosi yang meningkatkan kesadaran klien dan produk atau layanan klien. Agency membantu bisnis untuk menarik konsumen baru dan meningkatkan loyalitas serta pengakuan dari pelanggan yang sudah ada. Ini beberapa layanan yang ditawarkan:

  • Riset pasar. Agency menganalisis tren pasar dan mengadakan kelompok fokus untuk menentukan apa yang dipikirkan audiens target tentang suatu merek dan produk serta layanannya.
  • Pembuatan strategi branding. Agency menggunakan riset pasar untuk membantu bisnis mengembangkan strategi yang membuat bisnis dan produk atau layanannya diperhatikan dengan lebih baik. Strategi ini mencakup iklan yang dapat membantu bisnis meningkatkan pengenalan merek.
  • Produksi iklan. Iklan disusun berdasarkan penelitian dan strategi. Agen periklanan menghasilkan berbagai macam iklan, termasuk majalah, papan reklame, serta radio atau televisi dengan tujuan melaksanakan kampanye strategis secara efektif.
  • Penempatan iklan. Agency mengatur penempatan iklan, termasuk majalah, surat kabar, tempat umum, radio, atau televisi. Agency yang menawarkan layanan ini memiliki kontak dalam industri, sehingga penempatan kampanye atas nama klien menjadi lebih mudah.
  1. Digital Agency

Digital agency bekerja pada desain dan pengembangan produk serta layanan berbasis digital. Mereka membantu bisnis menggunakan teknologi untuk melibatkan konsumen dan membedakan brand sendiri dari pesaing. Desainer agensi digital memiliki keahlian artistik dan teknis untuk menciptakan solusi digital yang menarik. Berikut ini beberapa jenis layanan yang diberikan:

  • Platform media sosial online. Agency membuat aplikasi web dan seluler menggunakan desain responsif dan pengoptimalan seluler dan kampanye media sosial, serta iklan online. Mereka juga menggunakan pengoptimalan mesin pencari untuk memastikan klien menonjol dalam hasil pencarian.
  • Analisis situs web. Agency mengumpulkan data yang mengukur keberhasilan kampanye online, termasuk rasio klik-tayang dan konversi yang menggambarkan keterlibatan audiens.
  • Pengembangan dan desain aplikasi bisnis. Sementara sebagian besar pekerjaan mereka berfokus pada promosi publik, digital agency juga membuat situs web dan aplikasi untuk digunakan dalam organisasi, seperti database kontak internal untuk karyawan di berbagai lokasi perusahaan.
  1. Design Agency

Design agency berfokus pada tampilan merek, produk, dan layanan. Agency bekerja dengan membuat penawaran klien lebih menarik atau atraktif daripada pesaingnya. Mereka bekerja dengan kreatif lainnya, termasuk agen periklanan dan konsultan, untuk mengimplementasikan pekerjaan mereka. Beberapa layanan yang ditawarkan oleh agensi desain, yaitu:

  • Desain digital. Agency membuat tata letak untuk desktop online atau alat pemasaran seluler, termasuk buletin elektronik, dan situs web.
  • Desain cetak. Agency membuat tata letak dan detail desain untuk iklan cetak tradisional, termasuk pamflet, buletin, katalog, dan poster.
  • Desain branding. Agency membuat elemen visual yang mendefinisikan identitas perusahaan perusahaan, termasuk logo, tipografi, dan kemasan.
  • Desain produk. Agency merancang desain produk agar tampak lebih menarik tanpa mengorbankan fungsionalitas.
  1. Interactive Agency

Interactive agency membuat proyek digital inovatif yang menggabungkan teknologi baru, multimedia, dan prinsip desain yang ramah pengguna. Agensi interaktif bekerja dengan outlet kreatif lainnya pada proyek besar. Beberapa layanan yang mereka tawarkan, antara lain:

  • Desain situs web. Agency merancang situs web perusahaan yang menarik untuk penjelajahan desktop dan seluler. Situs mereka memiliki penekanan interaktif yang lebih besar daripada kebanyakan digital agency lainnya.
  • Game bermerek. Agency dapat merancang game interaktif untuk situs web dan aplikasi seluler yang membantu konsumen bersenang-senang, sehingga akan meningkatkan loyalitas dan kesadaran merek.
  • Papan iklan interaktif. Agency merancang papan iklan berteknologi tinggi yang mempromosikan keterlibatan. Banyak yang menggunakan virtual reality, augmented reality, dan teknologi interaktif baru lainnya.
  • Proyek yang mengintegrasikan realitas virtual dan augmented reality. Bersamaan dengan papan iklan interaktif, agency juga dapat mengembangkan proyek bermerek lainnya menggunakan teknologi, termasuk tampilan pada peluncuran produk dan presentasi di dalam toko.
  1. Consulting Agency

Consulting agency mengembangkan strategi kreatif untuk membantu bisnis menarik audiens baru atau mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Mereka menggunakan data klien dan riset pasar untuk memastikan strategi mereka memiliki peluang sukses terbaik. 

Agency mengkhususkan diri dalam bidang konsultasi tertentu, seperti implementasi, manajemen bisnis, atau sektor industri tertentu. Agency mungkin memberitahu klien tentang berbagai bidang, termasuk:

  • Ekspansi ke pasar baru. Dilakukan menggunakan riset pasar dan data tentang keberhasilan produk atau layanan klien. Agency membantu bisnis menentukan bagaimana harus memperluas basis klien dan di mana ekspansi yang mungkin menguntungkan.
  • Meningkatkan penjualan dan pendapatan. Agency memungkinkan bisnis menciptakan strategi yang meningkatkan keuntungan dan mengurangi biaya operasional.
  • Meluncurkan produk atau layanan baru. Agency memandu bisnis tentang produk atau layanan baru yang diinginkan konsumen dan cara meluncurkannya.
  • Meningkatkan proses. Agency menilai proses klien untuk menentukan proses yang lebih efisien dan efektif di semua bidang, termasuk pengembangan, produksi, logistik, dan layanan pelanggan.

Itulah jenis creative agency Indonesia dalam bidang yang berbeda. Jika kamu tengah mencari salah satunya, IDEOWORKS.id adalah solusi yang tepat. Kami memiliki berbagai klien dari berbagai industri berbeda. Kami ahli dalam bidang pemasaran online yang dapat memenuhi ekspektasi bisnismu.

 

https://www.hanindo.co.id/post/7-creative-agency-untuk-membantu-marketing-kreatif-bisnis-anda

https://www.indeed.com/career-advice/finding-a-job/what-is-a-creative-agency 

https://websurge.com/blog/full-service-advertising-agency/

Let’s talk about your brand