Preloader
homepage-showcase-16

Harus Tahu! Ini Dia Kelebihan Digital Marketing Dibandingkan Traditional Marketing

Salah satu kelebihan digital marketing yang sangat jelas terlihat adalah pihak penjual yang terhubung dengan calon customer dan dapat memengaruhinya secara langsung. Langkah tersebut menjadi salah satu upaya agar calon customer membeli produk atau menggunakan layanan yang kamu miliki.

Untuk menunjang keberlangsungan digital marketing, kamu perlu bekerjasama dengan perusahaan digital marketing yang mumpuni dan dapat mewujudkan hal-hal yang diinginkan terkait target pemasaran. Digital marketing terbilang mudah jika mengetahui struktur dan mampu mengimplementasikannya dengan baik.

Kelebihan digital marketing bukan hanya seputar kemudahan komunikasi antara si penjual dan pembeli saja. Teknik marketing ini juga termasuk ke dalam pemasaran modern yang lebih baik ketimbang marketing tradisional, seperti penyebaran brosur, papan iklan, flyer, dan lain sebagainya.

Kelebihan Digital Marketing Dibandingkan Tradisional

Jika belum mengetahui seluk beluknya, mungkin ada banyak sekali pertanyaan tentang digital marketing yang masih mengganjal dalam benar. Terkait dengan bagaimana cara pengembangannya, apa yang harus dilakukan, dan pertanyaan besar lain seputar target yang diharapkan.

Terlepas dari bisnis apapun yang tengah kamu jalankan saat ini, perusahaan digital marketing dapat membantu mendapatkan keuntungan besar dari produk atau layanan yang dipasarkan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 10 kelebihan digital marketing ketimbang tradisional:

  1. Biaya Lebih Rendah

Biaya pemasaran dan periklanan adalah salah satu beban keuangan terbesar yang harus ditanggung pelaku bisnis. Sementara bisnis yang lebih besar mungkin tidak mengalami banyak kesulitan membagikan jutaan untuk iklan. Namun, hal ini menjadi masalah bagi pemilih usaha kecil yang terbatas.

Berkaitan dengan hal tersebut, perusahaan digital marketing menyediakan layanan melalui platform digital, dengan menawarkan alternatif yang lebih terjangkau daripada media tradisional.  Berapapun anggaran yang dimiliki untuk iklan, kamu dapat membuat kampanye yang ditargetkan untuk calon customer.

  1. Pengembalian Investasi (ROI) yang Lebih Besar

Tidak ada yang lebih penting bagi bisnis selain ROI-nya. Nah, digital marketing menawarkan hal ini dengan cepat. Jika melakukannya dengan benar, iklan dan kampanye digital dapat memberikan dampak yang sama besarnya, bahkan lebih. Caranya dengan fokus pada campaign yang diarahkan langsung ke audiens target.

Berkaitan dengan hal tersebut, kamu bisa menggunakan platform media sosial yang diakses secara gratis untuk menceritakan kisah merek, sehingga dapat menarik pelanggan baru dan membangun loyalitas dengan pelanggan yang sudah ada. Hal tersebut jadi salah satu contoh digital marketing.

  1. Analisis yang Dapat Dilakukan dengan Mudah

Bagi para profesional pemasaran dan PR, keberhasilan atau kegagalan kampanye digital dapat diukur dengan mudah. Dibandingkan dengan metode tradisional, di mana kamu harus menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk mengevaluasi hasil kampanye.

Digital campaign memungkinkan kamu mengetahui bagaimana kinerja iklan atau postingan media sosial secepat mungkin. Kamu juga dapat menggunakan Google Analytics untuk mengukur traffic situs website yang dihasilkan dan Google AdWords untuk memantau kinerja iklan di beberapa kata kunci dan pesan iklan.

Dalam hal pemasaran email dan promosi media, kamu dapat dengan mudah melacak kinerja email dan spesifik, seperti berapa banyak yang terkirim, berapa banyak yang dibaca, dan berapa banyak yang dikonversi. Hal tersebut tentu sangat memudahkan dan tak menyita banyak waktu, bukan?

  1. Fleksibilitas Tak Terbatas

Waktu yang terbatas mungkin menjadi pertanyaan tentang digital marketing yang dilakukan secara tradisional. Terkait dengan kapan brosur dan flyer akan diedarkan, sudah sejauh mana penyebaran dilakukan, dan lain-lain. Hal-hal tersebut tidak akan lagi kamu temui di digital marketing.

Digital marketing menganut asas fleksibilitas, tentunya dengan kesuksesan yang bisa diraih tanpa harus memungut biaya lebih untuk ongkos kirim brosur atau flyer. Kesuksesan yang bisa diraih pun bukan main-main. Tidak heran jika para investor langsung melipatgandakan investasinya.

  1. Koneksi Merek yang Lebih Dalam

Kelebihan digital marketing selanjutnya adalah koneksi merek yang lebih dalam. Waktu yang dihabiskan untuk mengelola bisnis secara online akan melibatkan platform tertentu. Nah, di sana lah kamu memiliki koneksi lebih dalam terhadap audiens di berbagai platform tersebut.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah fokus membangin situs website yang menarik secara visual, blog yang menampilkan artikel bermanfaat, dan media sosial yang diikuti para audiens. Bangun konten yang membagikan nilai brand dan memposting konten ulasan pelanggan tentang produk.

  1. Mudah Membagikan Konten

Tidak seperti traditional marketing yang harus mengeluarkan kocek lebih untuk iklan, konten media sosial sangat mudah dibagian dengan menyalin link produk. Hal ini dapat membantu menciptakan branding yang kuat dan secara langsung dapat memengaruhi hasil penjualan.

Pikirkan tema menarik saat membuat konten, sehingga audiens yang melihat tidak ragu untuk membagikan konten tersebut. Konten bisa saja berisi kutipan video atau kata-kata yang lucu. Kamu bisa bisa mengcombine keduanya agar terlihat lebih menarik perhatian audiens.

  1. Target  Sesuai Sasaran

Dalam pemasaran tradisional, iklan berjalan melalui media cetak dengan jangkauan yang luas, dengan harapan iklan sampai di depan audiens yang tepat. Sedangkan pada platform digital, memungkinkan kampanye yang berjalan berdasarkan lokasi, preferensi pribadi, dan kemungkinan tindakan terhadap iklan.

Penargetan audiens ini dapat meningkatkan kemungkinan penjualan, serta mengurangi biaya iklan jika kamu perlu menjangkau audiens yang khusus. Perusahaan digital marketing juga bisa menargetkan ledakan email dengan memberikan opsi membuat daftar khusus berdasarkan demografi pelanggan.

  1. Memiliki Jangkauan Global

Digital marketing memungkinkan iklan terlihat di seluruh belahan dunia. Hal ini memberikan kesempatan start up untuk go international melalui eksposur yang diberikan oleh platform media sosial. Dengan situs website yang solid dan struktur penjualan online yang kuat, start up dapat berubah menjadi perusahaan internasional tanpa memerlukan offline store.

  1. Segmentasi

Digital marketing tidak hanya memungkinkan kampanye ditargetkan ke pelanggan tertentu, tetapi juga memungkinkan untuk segmentasi pelanggan. Segmentasi adalah proses kelompok pelanggan besar terpecah menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil sesuai dengan klasifikasi tertentu. 

Segmentasi meningkatkan peluang penjualan dengan memberikan pengalaman yang paling personal kepada setiap pelanggan. Misalnya, toko A yang telah meluncurkan penawaran baru untuk pakaian wanita dapat menargetkan pengiriman pesan ke wanita saja.

  1. Keterlibatan yang Lebih Besar

Internet semakin ramai seiring dengan berjalannya waktu, sehingga produk atau layanan apa saja yang ditawarkan bisnis harus menonjol dari persaingan. Rasio pentalan rata-rata di situs web telah meningkat, dan rentang perhatian pengunjung makin hari tampak menurun.

Kunci untuk tetap relevan dan mempertahankan pelanggan di dunia online yang sangat kompetitif ini adalah memastikan keterlibatan berkelanjutan dengan audiens. Pemasaran yang efektif memungkinkan bisnis tetap kompetitif dan relevan. Caranya terlibat langsung dengan pelanggan di berbagai saluran digital media.

Itulah kelebihan digital marketing ketimbang traditional marketing. Jika kamu tengah mencari agency yang bergerak di bidang tersebut, IDEOWORKS.id adalah solusi yang tepat untuk menjalani bisnis yang tengah dirintis. Kami mumpuni di bidangnya dan dapat menyesuaikan target yang kamu tetapkan.

 

https://toffeedev.com/blog/kelebihan-digital-marketing-dibanding-traditional-marketing/

https://prowly.com/magazine/advantages-of-digital-marketing-over-traditional-marketing/

Let’s talk about your brand