Articles

02 Februari 2021

Digital Agency vs Creative Agency, Apa Bedanya?

Desain telah menjadi yang terdepan dalam periklanan selama yang terakhir masih ada. Baik itu logo yang kuat, judul yang mencolok, atau warna yang mencolok, desain adalah salah satu aspek terpenting dari iklan. Tidak heran jika dalam iklim periklanan saat ini, dimana persaingan semakin ketat dan ketat, creative digital agency terus berkembang pesat. Seringkali, creative agency seringkali diabaikan lantaran istilahnya yang kalah bersaing dengan digital agency. Salah satu penyebabnya adalah permintaan periklanan online yang sedang meningkat, iklan online ini adalah salah satu layanan digital agency yang paling populer. Menariknya banyak pula digital agency yang merangkap sebagai creative agency, lalu apa perbedaan utama di antara keduanya? Kita akan bedah bersama lewat ulasan berikut ini. 

Apa itu Creative Agency?

 Creative agency adalah layanan yang berfokus pada desain dan sering kali mereka memerlukan bantuan dari pihak lain seperti konsultan iklan marketing baik online atau offline untuk menyelesaikan pekerjaan mereka sepenuhnya. Creative agency yang baik adalah ahli branding yang hebat dalam pemasaran dan desain produk yang dimaksudkan agar menarik, memikat, dan persuasif secara visual. Produk creative agency yang umum meliputi logo, kop surat, kartu nama, hingga konsep branding keseluruhan yang komprehensif. Dalam struktur Perusahaan, creative agency lebih fokus pada tim kreatif daripada strategi pemasaran. Pada susunan organisasi, creative agency sering kali diisi oleh Direktur Kreatif dan desainer grafis, tugasnya tentu saja memikirkan konten kreatif yang akan digunakan dalam proses marketing. 

Apa itu Digital Agency?

 Digital Agency bisa didefinisikan sebagai perusahaan yang memberikan pengembangan kreatif, strategis, dan teknis dari produk dan layanan berbasis online. Digital agency lengkap disebut juga dengan creative digital agency juga menawarkan layanan lengkap meliputi SEM, iklan online, desain dan pengembangan web, hingga konsultasi marketing digital kepada klien. Jadi mengapa Anda masih membutuhkan creative agency? Nah, masih ada beberapa alasan kuat untuk melakukannya. Bagian selanjutnya dari artikel ini akan membahas hal itu. 

Manfaat Creative Agency

 Creative agency masih opsi terbaik untuk urusan desain kampanye perusahaan Anda, baik online maupun offline. Mereka ini fokus pada pembuatan desain terbaik untuk merek Anda dan memberi sentuhan keajaiban untuk kampanye Anda. Menurut Adobe, perusahaan yang digerakkan oleh desain masih memimpin selama lebih dari sepuluh tahun sekarang. Perusahaan yang fokus pada kreativitas menikmati pangsa pasar 1,5 kali lipat daripada yang tidak. Ada alasan bagus mengapa CEO Nike adalah seorang desainer - meskipun bentuk periklanan lain bermunculan, orang-orang masih menghargai desain dan kreativitas. 

Mana yang Lebih Baik?

 Memang benar bahwa menggunakan jasa digital agency terutama yang menyediakan layanan full service paling masuk akal untuk uang Anda. Efektivitas biayanya menjadikannya pilihan yang sulit untuk dikalahkan. Namun, desain juga sangat penting dalam hal kampanye Anda. Desain yang bagus akan meningkatkan keefektifan promosi Anda serta memoles merek Anda lebih jauh. Jika Anda dapat menyisihkan uang, memiliki creative agency yang hebat bekerja dengan digital agency yang luar biasa mungkin merupakan kombinasi terbaik untuk perusahaan Anda. 

Pentingnya Full Digital Agency

 Mengapa penting untuk mengetahui apa itu full digital agency? Karena seperti dijelaskan sebelumnya, digital agency yang tidak menyediakan fungsi full service berarti berfungsi sebagai konsultan dan outsourcing bagian produksi konten kreatif. Bukan berarti hal ini buruk karena beberapa agensi juga menggunakan model ini. Semuanya kembali kepada Anda dan bentuk layanan yang diinginkan. Anda bisa gunakan agensi untuk fokus kepada konsultasi dan lalu eksekusi diserahkan kepada tim internal. Saat ini, terlebih di era pandemi ini, banyak perusahaan yang beralih fokus kepada iklan online di media sosial, dan mereka punya alasan bagus untuk melakukan hal itu. Lihat saja insight pengguna media sosial berikut ini: 
  • Komunitas Instagram memiliki lebih dari 600 juta pengguna
  • Snapchat memiliki lebih dari 150 juta harian pengguna sejak Desember 2016
  • Lebih dari 500 juta tweet dikirim setiap hari
 Meskipun statistik media sosial tersebut benar-benar menarik perhatian, perlu diingat bahwa situs-situs tersebut bahkan tidak memiliki database terbesar dari pengguna. Kehormatan itu milik Facebook, yang memiliki lebih dari 1,86 Miliar pengguna online. Berpikir dua kali tentang email marketing? Nah, jika memutuskan untuk tak melakukannya, Anda akan kehilangan lebih dari 2,586 miliar pengguna email di seluruh dunia. Dan bagaimana dengan video lucu? Berdasarkan data dari Banner Snack, 76% bisnis yang menggunakan video percaya bahwa video memberikan ROI yang baik. Untuk mendorong poin lebih jauh, survei tahunan oleh ComScore menyatakan bahwa pada tahun 2016, 51% pembeli lebih suka berbelanja online. Dilihat dari trennya, angka ini akan terus naik. Inilah sebabnya mengapa banyak brand mulai beralih ke digital agency untuk mendapatkan bantuan dalam hal strategi pemasaran mereka. Iklan digital tidak hanya memberi Anda audiens terbesar, tetapi juga hemat biaya, berbasis statistik, dan target audiens. Jika Anda mencari creative digital agency dengan layanan lengkap, tidak perlu mencari lagi dan kunjungi kami, IDEOWORKS.id yang siap menjadi mitra yang mampu memenuhi segala aspek kebutuhan pemasaran digital yang dapat berdampak positif pada bisnis Anda.
More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top