Preloader
5 Langkah Membangun Marketing Strategy yang Efektif

5 Langkah Membangun Marketing Strategy yang Efektif

Marketing strategy yang efektif dapat membawa banyak manfaat bagi bisnis Anda. Namun, menampilkan produk hingga dapat menarik perhatian konsumen bisa menjadi tantangan tersendiri. Hal ini membutuhkan berbagai keterampilan dan pengetahuan untuk mengetahui cara menarik target pasar Anda. Artikel kali ini akan membahas langkah-langkah membangun strategi marketing yang efektif. Mari simak bersama!

1. Tentukan market Anda

Dalam membangun marketing strategy, Anda harus memiliki market yang jelas terlebih dahulu. Sebab target market akan sangat memengaruhi strategi pemasaran Anda. Katakanlah brand ingin, meluncurkan produk skincare untuk remaja putri, tentu strategi yang digunakan akan berbeda dari strategi pemasaran produk skincare anti-aging untuk dewasa.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan strategi marketing dengan sasaran bisnis Anda secara keseluruhan. Jika misalnya tujuan utama bisnis Anda adalah untuk mencapai tingkat pendapatan tertentu, maka strategi harus fokus pada peningkatan traffic dan konversi audiens menjadi pembeli.

2. Rancang 7P marketing mix

Marketing mix merupakan rangkaian taktik yang digunakan perusahaan untuk mempromosikan produk. Terdapat tujuh elemen dalam marketing mix, yakni Product, Place, Price, Promotion, Process, People, dan Physical evidence. Tiap elemen ini sering kali saling berkaitan meski tidak menutup kemungkinan juga elemen tersebut berdiri secara mandiri.

Misalnya, katakanlah Anda memiliki produk skincare untuk remaja putri berupa sunscreen (product). Dengan target market remaja putri, maka harga (price) pun sebaiknya tidak terlalu mahal, ada pada kisaran Rp35-50 ribu. Kemudian untuk platform penjualan (place) memanfaatkan e-commerce yang banyak diakses oleh remaja putri. Begitu pula dengan kegiatan promosi (promotion) yang dilakukan di TikTok karena jumlah pengguna remajanya paling tinggi.

3. Susun strategi pemasaran yang efektif

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyusun strategi pemasaran. Sebelum itu, Anda perlu memahami pasar yang akan dituju. Lakukan analisis pasar dengan cermat; makin detail, maka makin baik. Dari situ, Anda bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan brand saat dibandingkan dengan kompetitor.

Agar marketing strategy Anda efektif, coba pelajari tren yang sedang ramai dibicarakan. Selanjutnya, pertimbangkan bagaimana Anda dapat memanfaatkan tren tersebut. Terakhir, lakukan analisis terhadap potensi tantangan yang kemungkinan akan muncul di masa mendatang.

4. Tetap konsisten

Banyak brand yang sebenarnya memiliki marketing strategy digital bagus. Sayangnya, mereka menganggap marketing sebagai suatu hal yang tidak berkelanjutan. Padahal, konsisten adalah salah satu kunci sukses strategi marketing.

Usahakan untuk melakukan campaign secara konsisten. Anda bisa membuat konten harian atau mingguan, bisa juga dengan membalas komentar dari para pelanggan. Hal ini akan membuat konsumen tetap ingat dengan produk Anda. Begitu pula setelah Anda meluncurkan campaign, jangan lupa untuk selalu memantau performanya. Dari situ, Anda bisa mengetahui konten marketing seperti apa yang menghasilkan konversi paling besar.

5. Selalu lakukan evaluasi

Terakhir, lakukan evaluasi terhadap marketing strategy yang sudah dijalankan. Mengukur performa strategi Anda sangat penting karena hal ini berkaitan dengan perencanaan strategi selanjutnya. Dari evaluasi, bisa diketahui mana campaign yang bisa menghasilkan konversi paling banyak dan mana yang performanya lemah.

Manfaatkan analytic tools yang kini bisa Anda akses secara gratis seperti Hootsuite atau Buffer. Beberapa media sosial seperti Facebook dan Instagram juga menyajikan statistik yang bisa Anda jadikan dasar evaluasi. Akan lebih baik lagi jika Anda membuat laporan berkala yang mencatat performa tiap strategi yang sudah maupun sedang berjalan.

 Demikian penjelasan mengenai cara membangun marketing strategy yang efektif. Kunci dari menyusun strategi pemasaran terletak pada pemahaman Anda sendiri terhadap brand dan produk. Dengan pemahaman yang baik, Anda bisa mengetahui dengan mudah apa kekuatan dan kelemahan brand jika dibandingkan dengan kompetitor.

Apabila Anda merasa kesulitan untuk membangun strategi marketing sendiri, tak perlu merasa khawatir. IDEOWORKS sebagai all-in-one digital agency menawarkan jasa marketing strategy digital. Kami akan membantu Anda dalam menyusun strategi yang efektif dan tentunya tepat sasaran. Selain itu, tim IDEOWORKS juga menawarkan solusi yang menyeluruh; tidak hanya terbatas pada tahap eksekusi saja, tapi juga mencakup evaluasi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini.

Let’s talk about your brand