Setiap bisnis membutuhkan strategy marketing. Dengan menyusun strategi marketing yang baik, Anda dapat membidik target pasar secara akurat sehingga tingkat konversi pun lebih tinggi. Sebaliknya, tanpa strategi yang baik, mustahil produk Anda akan dikenal konsumen. Untuk lebih memahami tentang teknik strategy marketing, mari simak ulasan berikut ini.
Pengertian strategy marketing
Sebenarnya, apa itu strategy marketing? Pada dasarnya, strategi marketing adalah suatu proses yang dilakukan oleh perusahaan agar memahami pasar sekaligus metode yang mereka lakukan. Tujuannya untuk memengaruhi perilaku konsumen sehingga menghasilkan keuntungan yang diharapkan.
Strategi marketing perusahaan merupakan sebuah perencanaan untuk menjangkau calon konsumen potensial dan mengubahnya hingga menjadi pelanggan yang melakukan transaksi pembelian. Strategi marketing biasanya meliputi:
- Riset: Analisis target pasar, tingkat persaingan, hingga perilaku konsumen.
- Pemosisian: Diferensiasi dalam nilai produk, tampilan dan nuansa kemasan, serta konversi.
- Promosi: Pemasaran aktual produk dan layanan melalui konten dengan tujuan untuk memengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen.
- Pengukuran: Membuktikan nilai serta evaluasi dari keberhasilan dan kegagalan
Beda strategy marketing dan marketing plan
Banyak yang menganggap bahwa strategy marketing sama dengan marketing plan. Padahal, keduanya adalah hal yang berbeda. Strategi marketing merupakan perpanjangan dari strategi bisnis secara keseluruhan. Maka dari itu, penyusunan strategi marketing harus selaras dengan tujuan bisnis serta identitas brand.
Sementara itu, marketing plan adalah sarana untuk menjalankan strategi marketing Anda. Ini mencakup rencana tindakan yang merinci bagaimana Anda akan menjalankan aktivitas promosi, serta memperhitungkan cara mempromosikan, menganalisis, serta mengukur kampanye pemasaran. Intinya, marketing plan berisi rencana untuk menjangkau konsumen.
Manfaat strategy marketing bagi perusahaan
Lantas, manfaat apakah yang bisa didapat perusahaan dengan menjalankan strategi marketing? Nyatanya, merencanakan, menjalankan, dan mengukur strategi marketing dapat mendatangkan banyak manfaat bagi perusahaan, berikut adalah beberapa di antaranya:
1. Bantu tingkatkan brand awareness
Manfaat utama dari strategi marketing adalah dapat meningkatkan brand awareness di mata konsumen. Ini merupakan hal penting bagi bisnis yang baru berjalan dan belum dikenal masyarakat. Dengan menjalankan strategi pemasaran yang tepat, masyarakat pun bisa mengenal brand. Setelah masyarakat mengenal brand, maka kemungkinan terjadinya transaksi pembelian pun semakin besar.
Untuk itu, Anda harus menyusun strategi marketing dengan hati-hati. Lakukan riset terhadap pasar terlebih dahulu untuk mengetahui pendekatan seperti apa yang sesuai dengan target pasar Anda. Semakin banyak data yang terkumpul, maka strategi marketing pun akan semakin kuat dan akurat.
2. Proses distribusi produk jadi lebih efisien
Teknik strategy marketing yang tepat akan membuat proses distribusi produk menjadi lebih efisien. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ketika merancang strategi marketing, Anda akan mendapatkan informasi mengenai produk dan target konsumen secara rinci, seperti kebiasaan konsumen serta prediksi harga yang sesuai dengan target konsumen.
Katakanlah Anda menyasar calon konsumen berusia 40-50 tahun yang kurang familier dengan layanan internet. Maka, strategi pemasaran yang dilakukan pun sebaiknya tidak dijalankan secara online. Anda bisa merancang marketing yang mendorong terjadinya word of mouth (WoM) atau rekomendasi. Dengan begitu, distribusi produk pun akan lebih akurat menyasar pasar yang tepat.
3. Meningkatkan nilai kompetitif brand
Terakhir, strategi marketing juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan nilai kompetitif brand. Ini karena rancangan strategi marketing yang efektif berusaha untuk menghadirkan solusi atas permasalahan konsumen sekaligus menjawab kebutuhan mereka. Jika konsumen merasa produk Anda memang benar-benar membantu, maka nilai kompetitifnya pun lebih tinggi dibanding produk dari para kompetitor.
Oleh karenanya, marketing tidak sekadar tentang cara menawarkan produk, tapi juga bagaimana Anda bisa menjalin hubungan dengan konsumen. Semakin konsumen merasa dekat dengan brand dan produk Anda, maka semakin besar peluangnya mereka melakukan pembelian.
Dari sini, bisa disimpulkan bahwa strategy marketing memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Namun, sayangnya, masih banyak perusahaan dan brand yang belum bisa merancang strategi marketing yang efektif. Apakah Anda juga mengalami kendala tersebut?
Sebagai all-in-one digital agency, IDEOWORKS menawarkan layanan perencanaan strategy digital marketing yang komprehensif. Tidak hanya perencanaan, IDEOWORKS juga memberikan laporan rutin serta evaluasi untuk menemukan formula marketing yang tepat sasaran dan efektif. Untuk mulai merencanakan strategi marketing Anda, silakan klik di sini!