Preloader
6 Marketing Strategies Terbaik dalam Pemasaran Digital

6 Marketing Strategies Terbaik dalam Pemasaran Digital

Merancang marketing strategies dalam pemasaran digital bukanlah perkara sepele. Banyak yang berpikir bahwa strategi marketing digital hanyalah sebatas membuat konten dan kemudian mengunggahnya di saluran digital yang dipilih. Namun, praktiknya tidak sesimpel itu. Anda masih harus memikirkan cara agar konten yang diunggah dapat menggerakkan audiens untuk melakukan pembelian. Untuk membantu Anda, berikut beberapa marketing strategies dalam pemasaran digital yang dapat dicoba.

1. Call-to-action marketing

Ini merupakan sebuah marketing strategy yang digunakan untuk mengarahkan audiens dalam mengambil tindakan selanjutnya. Call-to-action atau CTA sebenarnya juga digunakan dalam taktik pemasaran konvensional. Ciri khasnya adalah penggunaan kalimat atau frasa imperatif semacam, “Segera dapatkan!”, “Silakan klik di sini!”, hingga “Tunggu apa lagi? Promo terbatas!” yang ditempatkan dalam konten pemasaran digital seperti artikel blog atau caption di media sosial.

2. In-bound marketing

In-bound adalah marketing strategies B2B (business to business) yang paling efektif. Mengapa? Strategi ini dibuat untuk menarik, melibatkan, sekaligus menyenangkan pelanggan melalui pembuatan konten bermakna yang menyediakan solusi. In-bound marketing ini dapat diterapkan pada berbagai macam bisnis, baik besar maupun kecil. Selain itu, integrasinya pun mudah dan dapat dikelola dengan CRM (customer relationship management) dan CMS (content management systems).

3. Strategi content marketing

Strategi content marketing menekankan pada edukasi dibanding penjualan untuk memengaruhi perilaku pembelian konsumen. Pendekatan pemasaran strategis ini menggunakan konten untuk menarik dan mengonversi prospek menjadi transaksi pembelian ketika mereka sedang melakukan pencarian online. Kunci kesuksesan content marketing terletak pada relevansi konten. Brand harus fokus pada poin kesulitan dan kebutuhan calon konsumen agar mereka tergerak untuk melakukan pembelian.

4. Social media marketing

Social media marketing berfokus pada penyediaan konten yang kemudian dibagikan kepada pengguna di jejaring media sosial mereka. Konten yang disesuaikan untuk setiap platform media sosial akan mendorong keterlibatan dan mempromosikan brand Anda. Nantinya, hal tersebut juga akan meningkatkan brand awareness, traffic situs web bisnis Anda, hingga potensi pertumbuhan.

5. Email marketing

Selanjutnya ada email marketing. Anda mungkin merasa bahwa keberadaan email tak lagi relevan. Namun, sebenarnya memanfaatkan email marketing memungkinkan Anda untuk dapat mempromosikan konten pemasaran baru kepada para pelanggan, bahkan hingga merekomendasikan konten lanjutan baru kepada mereka yang telah memilih untuk menerima komunikasi email.

Email marketing tidak sekadar menghasilkan jejaring komunikasi dengan pelanggan, tapi juga automasi alur kerja. Kini, Anda tak perlu lagi menyimpan alamat email pelanggan satu per satu dan kemudian mengirimkan pesan kepada mereka satu per satu, karena semuanya dapat dijalankan secara otomatis sehingga lebih efisien.

6. Search Engine Optimization (SEO)

Bicara soal marketing strategies tidak akan lengkap tanpa menyebutkan SEO atau Search Engine Optimization. Ini merupakan suatu strategi pemasaran digital yang bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan traffic situs web bisnis perusahaan, caranya dengan menggunakan kata kunci atau frasa tertentu yang banyak digunakan oleh konsumen di mesin pencari online seperti Google.

Konten yang dibangun dengan kata kunci akan lebih mudah muncul di mesin pencari. Itu artinya, konten akan lebih mudah ditemukan oleh konsumen dibanding ketika konten tidak menggunakan kata kunci apa pun. SEO meningkatkan jangkauan dan audiens Anda dengan cara yang berarti. Pendekatan ini menarik konsumen pada produk Anda melalui perilaku pencarian mereka.

 Dari keenam marketing strategies yang telah disebutkan, mana yang sudah pernah Anda jalankan? Atau justru Anda belum pernah menjalankan digital marketing strategies sama sekali? Tidak perlu khawatir karena sesungguhnya strategi pemasaran ini tidak memiliki rumus yang pasti. Dalam menyusun marketing digital strategies, Anda didorong untuk learning by doing atau mempraktikkannya langsung hingga bisa menemukan formula yang tepat.

Namun, jika Anda merasa ragu untuk langsung mencoba marketing strategies yang sudah disusun, Anda dapat berkonsultasi lebih dulu dengan IDEOWORKS. Sebagai sebuah agency digital marketing strategies, IDEOWORKS telah berpengalaman dalam menjalankan berbagai strategi pemasaran digital, termasuk merancang campaign digital untuk menarik calon konsumen potensial hingga terjadi transaksi pembelian. Untuk informasi mengenai layanan yang ditawarkan, silakan klik di sini!

Let’s talk about your brand