Articles

02 Desember 2020

5 Strategi Jitu Internet Marketing untuk Meningkatkan Omset Bisnis

Bisnis dan pemasaran memiliki ikatan kuat yang tak terpisahkan. Sebuah bisnis tidak bisa berjalan tanpa adanya pemasaran, begitu pula dengan sebaliknya. Peningkatan pendapatan sebuah perusahaan juga dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang digunakan. Di era yang serba digital ini penggunaan internet marketing bisa menjadi pilihan sempurna.Pemasaran secara digital ini tidaklah sulit, tapi harus tepat dan akurat sehingga mampu menghasilkan pendapatan yang maksimal. Dari banyaknya metode, strategi jitu internet marketing berikut ini bisa diaplikasikan untuk meningkatkan omset bisnis, termasuk untuk usaha rintisan.   
  • Optimasi Website
 Salah satu dasar penting untuk memulai pemasaran digital adalah memiliki website. Situs web ini bisa disebut sebagai fondasi internet marketing. Pengoptimalan website bisa dimulai dari desain situs yang ramah user, tata letak cantik serta selalu diperbaharui. Optimasi website tidak hanya rutin untuk mengeluarkan konten. Namun, konten yang diterbitkan harus SEO-FriendlyPengoptimalan situs web dengan SEO tersebut dapat meningkatkan pendapatan bisnis. Produk bisnis bisa dikenali jika pencarian konten situs web dioptimalkan. Hal ini melibatkan penelitian kata kunci yang ekstensif, pengembangan konten yang berfokus pada kata kunci, serta frasa yang sering digunakan oleh target bisnis untuk menemukan produk bisnis. Penggunaan kata kunci yang luas dalam sebuah konten cenderung memiliki tingkat persaingan tinggi dibandingkan kata kunci spesifik atau berekor panjang. Sehingga hal tersebut perlu diperhatikan betul agar konten tetap bisa kompetitif dan bisa menembus halaman pertama mesin pencarian Google. Jika konten sudah sering ada di halaman pertama mesin pencari Google, maka produk bisnis akan dikenal. Semakin terkenal, omset bisnis juga akan meningkat.     
  • Pemakaian Google My Business
 Strategi internet marketing berikutnya untuk meningkatkan omset bisnis dengan memakai Google My Business (GMB). Google My Business merupakan listingan bisnis gratis yang muncul di Google saat orang menelusuri bisnis di mesin pencari Google dan Google Maps. Bisnis yang tidak tercantum di sini mendapatkan omset 24% lebih sedikit dibandingkan bisnis yang ada di halaman tersebut. Sedangkan bisnis yang tercantum di sini, mendapatkan omet hingga 35% lebih banyak. Ulasan-ulasan yang ada di Google dapat meningkat peringkat. Semakin tinggi peringkat bisnis, maka peluang untuk terhubung dengan konsumen semakin tinggi pula. Cara untuk mengoptimalkan listingan GMB ini ada di bawah ini.
  • Mengisi semua form yang diminta oleh Google. Mulai dari alamat, jam buka, serta telepon. 
  • Membuat postingan GMB. Nantinya postingan tersebut muncul sebagai iklan mini yang berfungsi untuk memberi tahu konsumen tentang produk khusus, acara menarik atau postingan konten baru. 
  • Sertakan tombol pemesanan. GMB memiliki fitur pemesanan yang memungkinkan pemilik bisnis dapat membuat janji dengan pemesan. 
  • Mengaktifkan pesan teks yang dapatkan mengoptimalkan profil bisnis. Calon pelanggan bisa mengirim pesan langsung dari GMB.
  • Meningkatkan ulasan GMB. Ulasan online untuk bisnis memiliki peluang tinggi dibaca oleh konsumen. Bahkan sekitar 97% konsumen membaca terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pemilik bisnis dapat mendorong pelanggan untuk meninggalkan ulasan di Google.
    
  • Memakai Iklan Google
 Iklan Google atau Google Ads merupakan strategi jitu internet marketing dalam membantu meningkatkan pendapatan. Selain itu, Google Ads juga dapat meningkatkan visibilitas online sebuah bisnis. Rata-rata, pemakaian iklan bisa meningkatkan pendapatan sekitar $2 untuk setiap $1 yang dibelanjakan. Pemakaian iklan Google ini juga dapat membantu meningkatkan lalu lintas penelusuran organik. Namun, untuk mencapai tujuan tersebut, pemilik bisnis harus memastikan bahwa konten iklan relevan dengan kata kunci yang ditargetkan. Semakin relevan konten iklan, skor kualitas iklan juga semakin rendah. Hal tersebut sangat berpengaruh pada biaya pemasangan iklan. Pengarahan lalu lintas yang relevan kembali ke situs web inilah yang dapat meningkatkan pendapatan bisnis. Tentunya, perlu pemahaman cara kerja platform Google Ads dan bagaimana cara memanfaatkannya untuk meningkatkan laba. Mengingat rumitnya pengaplikasian Google Ads, pastinya anggaran belanja iklan harus diperhatikan dengan baik. Apalagi untuk bisnis rintisan.   
  1. Pemeliharaan Email
Sudah terbiasa dengan pemasaran lewat email? Dari email ini, kamu bisa menemukan strategi bagus untuk meningkatkan omset bisnis. Caranya cukup memelihara email dengan langka mengirim konsumen konten email yang tepat di waktu yang tepat. Langkah tersebut dapat menciptakan komunikasi kuat antara pemilik dan pelanggan. Tujuannya tidak lain untuk memprospek pelanggan untuk kembali memiliki produk bisnis kamu.Bukan hanya sampai disitu saja, ide di balik pemeliharaan email ini dapat meningkatkan peluang pelanggan selalu mengingat bisnis kamu. Termasuk juga menunjukkan minta mereka kepada merek kamu. Namun, elemen yang paling penting sebelum keuntungan tersebut adalah konten yang dikirim. Perhatikan dan pertimbangkan minta pelanggan terhadap bisnis kamu. Cara ini terbilang cukup berkualitas dalam menarik minat pelanggan. Biaya yang dikeluarkan juga lebih rendah dibandingkan teknik pemasaran digital lainnya.    
  • Social Media Marketing
 Pasti tidak asing lagi dengan istilah ini kan? Pemasaran media sosial merupakan teknik pemasaran yang belakangan cukup dilirik oleh para pebisnis di Indonesia. Strategi internet marketing satu ini berbayar paling hemat dengan banyak opsi penargetan serta jangkauan audiens yang tepat. Penggunaan media sosial sebagai media pemasaran bisa dilihat dari statistik berikut.
  • Kunjungan situs web dari media sosial Facebook mencapai lebih dari 61%.
  • Postingan blog panjang menghasilkan keterlibatan yang lebih tinggi. Seperti postingan dengan lebih 1.500 kata bisa mendapatkan 68% lebih tweet dan 22,6% di sukai di Facebook.
  • Pencarian di Facebook mencapai lebih dari 2 miliar setiap harinya.
  • Youtube merupakan mesin pencari terbesar kedua di dunia
Melihat statistik tersebut, tentunya peluang untuk mendapatkan omset bisnis dengan memanfaatkan media sosial cukup menjanjikan. Konsultasikan kebutuhan internet marketing Anda bersama digital marketing agency, IDEOWORKS.id. Tim kami siap memberikan solusi atas strategi digital marketing bisnis Anda.
More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 812 9000 66150

Back to top