Preloader
Social Media Marketing

5 Tips Sukses Optimalkan Social Media Marketing Brand Anda

Jika Anda memiliki akun media sosial dan mungkin memiliki akun bisnis di media sosial, tentunya Anda pernah melihat hasil mengejutkan yang diraih oleh brands dengan memanfaatkan social media marketing. Tetapi, melakukan usaha dan mengambil keputusan dan tindakan yang konsisten untuk mencapai kesuksesan tersebut adalah hal yang berbeda.

Beberapa tahun terakhir ini, tingkat penggunaan media sosial meledak. Hampir semua orang memiliki media sosial. Tapi, mengiringi perkembangan ini, ada kenaikan harapan dari pengguna terhadap brands dan konten yang mereka keluarkan. Tapi satu hal yang pasti: social media marketing memiliki return-of-investment yang tinggi.

Jika Anda ingin berkontribusi, Anda perlu meletakkan pondasi sekarang dan mulai membangun strategi social media marketing Anda. Ini bukan hal yang mudah, namun IDEOWORKS.id akan memberikan 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan media sosial Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jasa social media marketing agency untuk melakukan social media marketing untuk Anda.

Social media marketing agency adalah sebuah agency yang berfokus pada kegiatan social media marketing. Di dalam agency ini, Anda dapat berkolaborasi bersama tim yang ahli dalam social media marketing untuk mencari dan memutuskan strategi social media marketing mana yang paling tepat untuk bentuk bisnis Anda. Mereka dapat menemukan kombinasi strategi social media marketing terbaik yang memusatkan kegiatannya pada hal-hal yang dapat memberikan kesuksesan dalam social media marketing produk Anda.

5 Langkah Optimalkan Media Sosial

  • Perjelas Homepage Anda

Homepage media sosial brand Anda seringkali menjadi titik kontak pertama audiens Anda dengan brand Anda. Jadi, pastikan bahwa “etalase” toko Anda berpenampilan paling menarik. Konten yang bagus sangat membantu, tapi tidak jika itu terpampang di profil yang buruk. Optimalkan semua titik visual yang terlihat oleh mata audiens Anda.

[nextpage title=” “]

  • Ciptakan Konten yang Channel-Specific

Mengeluarkan konten yang identik di semua social media channel Anda mungkin dapat menghemat waktu Anda, namun itu bukan cara yang paling efektif untuk melakukan sesuatu. Perlakukan setiap channel media sosial secara berbeda. Meskipun penting untuk menjaga konsistensi dalam pencitraan brand Anda, memanfaatkan keunggulan setiap social media platform dapat membantu Anda menyesuaikan konten dengan lebih baik untuk komunitas yang telah Anda kembangkan di masing-masing social media tersebut.

  • Gunakan Kalender Konten

Memiliki kalender untuk konten membuat Anda dapat melihat konten apa yang akan dipublikasikan, kapan akan dipublikasikan, di channel mana, dan siapa yang bertanggung jawab untuk menulis kontennya, membuat draft, dan menjadwalkannya. Tanpa kalender tersebut, Anda tidak akan memiliki aliran konten yang koheren dan akan menemui inkonsistensi dalam frekuensi, posting, dan tema yang nantinya akan mematikan audiens Anda. Memiliki konten untuk 1-3 bulan ke depan yang akan ditulis, disiapkan, dan dijadwalkan adalah hal yang sebaiknya dilakukan.

  • Bersosialisasi dalam Social Media

Petunjuknya ada di namanya: social media. Brand terbaik tidak hanya membagikan konten yang mempromosikan produk mereka, tapi juga menggunakan social media untuk bersosialisasi langsung dengan audiens target mereka. Social media marketing harus terasa intim, menarik, dan tepat sasaran. Jika Anda memberikan perhatian yang cukup kepada audiens Anda, mereka akan berubah menjadi penggemar setia.

  • Berpikir di Luar Social Media

Banyak marketer memperlakukan media sosial sebagai marketing channel yang terisolasi. Padahal, media sosial harus melengkapi dan berintegrasi dengan marketing effort Anda di bagian lain. Biarkan tujuan jangka panjang Anda mendorong strategi konten Anda. Misalnya, Anda menyediakan pelatihan digital marketing yang bertujuan untuk menghasilkan prospek untuk brand Anda. Tapi, hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan itu adalah bangun kepercayaan. Jangan langsung meminta mereka melakukan sesuatu. Gunakan konten yang dipilih secara cermat untuk menginspirasi dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan.

Itulah 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan social media marketing Anda. Selain mencoba melakukannya sendiri, Anda juga dapat menggunakan jasa social media marketing agency untuk melakukan semua marketing effort untuk Anda, salah satunya adalah IDEOWORKS.id.

IDEOWORKS.id adalah salah satu social media marketing agency yang memiliki tim ahli dalam social media marketing dan strategi-strategi optimalisasinya. Kami juga sudah berkolaborasi bersama klien dari beragam jenis bisnis sehingga kami memiliki pengalaman yang terbukti dalam melakukan social media marketing. Anda mencari social media marketing agency? IDEOWORKS.id jawabannya!

Let’s talk about your brand