Sebuah bisnis tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya pemasaran produk. Di era digital saat ini, pengoptimalan mesin pencari (SEO) dan pemasaran digital paling banyak dilirik. Sebagian besar pengusaha berfokus untuk mendapatkan pencarian tertinggi di mesin pencarian. Sekilas hal tersebut tidak memiliki imbas pada bisnis, tapi pada faktanya hal tersebut dapat menjadi bentuk peningkatan untuk memperoleh prospek yang menguntungkan bagi pebisnis, termasuk pegiat digital creative.
Dalam studi Forbes di Inggris, 74% perusahaan besar melaporkan jika ada tantangan besar dengan perolehan prospek mereka, dibandingkan 49% perusahaan kecil. Menariknya, 63% perusahaan besar telah menggunakan AI untuk menemukan dan memasarkan ke calon pelanggan. Tidak hanya itu, 86% diantaranya telah memakai perangkat lunak analitik data yang canggih.
Ada banyak faktor yang menjadi pengaruh keberhasilan perusahaan kecil tersebut. Mulai dari daya beli konsumen modern yang lebih mendukung bisnis kecil, hingga perusahaan kecil yang lebih gesit dan lentur dan cepat beralih untuk mendapatkan peluang pasar baru. Sementara perusahaan besar memiliki kendala dalam biaya birokrasi.
Untuk mendapatkan prospek menguntungkan bagi perusahaan ada banyak strategi yang digunakan. Dari banyaknya strategi, tools yang dimanfaatkan sebagai media pemasaran sangat menguntungkan dari segi anggaran dan waktu. Lalu apa saja tools penting untuk memperoleh prospek menguntungkan tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.
Sistem Manajemen Konten
Untuk bisa mendapatkan prospek bisnis menguntungkan, dibutuhkan pondasi tools yang kuat. Semua bisnis, termasuk digital creative bisa menggunakan sistem manajemen konten (CMS) sebagai pondasi tools. Salah satunya WordPress yang awalnya dikenal sebagai platform untuk blog. Kini WordPress berkembang dan menjadi situs web online teratas. WordPress memiliki berbagai plugin untuk kebutuhan Anda.
Selain itu, masih ada banyak CMS lain yang bisa dimanfaatkan sebagai media untuk pemasaran digital. Belakangan gencar sekali CMS yang menawarkan plugin dengan ‘pendaftaran email’. Plugin ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk prospek bisnis Anda. Jumlah email yang masuk bisa dimanfaatkan untuk mendorong minat beli jangka panjang.
Website Pop-Up Manager
Pernah dengar OptinMonster? OptinMonster merupakan converter lalu lintas terkemuka di web. Ada satu juta situs yang melakukan pembuatan pop-up di sini. OptinMonster memiliki spesialisasi untuk membuat pop-up terbaik dengan hasil memuaskan. Menariknya, harganya bisa disesuaikan dengan anggaran. Tools canggih ini memungkinkan untuk menyesuaikan perilaku pengguna saat berada di situs web.
Anda bisa membuat pengujian untuk mengetahui perilaku pengguna saat masuk dalam website. Hal bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pop-up bekerja. Anda juga bisa mengetahui letak terbaik pop-up harus diletakkan tanpa mengurangi minat pengguna untuk mengakses.
Pembangun Landing Pages
Landing pages atau laman landas dulunya memiliki reputasi buruk. Namun, kini menjadi strategi untuk pemasaran secara digital. Bagi pengusaha bidang digital creative, landing pages dapat memberikan prospek besar untuk bisnis mereka. Landing page di era modern ini menghasilkan desain yang masuk akal. Beberapa dibuat dengan desain sederhana tapi mampu menarik perhatian banyak orang. Untuk mendapatkan prospek menguntungkan, penting memiliki landing pages yang bagus. Beberapa builder atau pembangun landing pages terpopuler yaitu :
-
Unbounce
Unbounce sangat populer dan memuncaki pasar pembuat landing page. Unbounce berfungsi di dalam WordPress dan memiliki ekstensi untuk bekerja dengan platform pemasaran digital seperti PayPal, Slack dan banyak lainnya. Unbounce memiliki lebih dari 100 template yang bisa dipilih dengan desain modern dan menarik. Pembangun landing pages ini merupakan layanan berbayar, tapi Anda bisa menyesuaikan sesuai anggaran.
-
Gravity Forms
Berikutnya ada Gravity Forms yang merupakan generator formulir sederhana. Gravity Forms juga terintegrasi dengan alat pemasaran digital seperti Dropbox, Freshbooks, PayPal dan berfungsi di WordPress. Ada banyak ide menarik yang bisa ditemukan di sini, termasuk jika Anda bergabung dengan komunitasnya.
Software Otomasi Pemasaran
Platform otomasi pemasaran kini paling populer digunakan untuk pemasaran digital. Software ini mampu bertindak seperti manajer penjualan otomatis. Software ini berisikan berbagai channel pemasaran digital, seperti email, media sosial, serta aktivitas situs web organel. Platform ini menggunakan kode pelacakan untuk mengawasi pengguna dan otomatisasi alur kerja untuk menyiapkan tugas berulang tanpa kesalahan. Beberapa platform yang menawarkan otomasi pemasaran ini yaitu :
-
HubSpot
HubSpot dikenalkan sejak tahun 2006 sebagai salah satu produk perangkat lunak pemasaran. Lingkupnya banyak, mulai pemasaran layanan lengkap hingga paket dukungan pelanggan. Hubspot sangat ramah dengan pengguna dan memiliki rangkaian fitur kuat dan visibilitas data yang hemat. Sangat cocok untuk bisnis menengah dengan harga yang ekonomis.
-
ActiveCampaign
Platform ini didirikan pada tahun 2003 dengan basis cloud untuk bisnis kecil dan menengah. Fokusnya untuk pemasaran dan manajemen dengan pelanggan. Untuk mendapatkan harga terbaik, Anda bisa pilih paket paling dasar untuk mencobanya.
-
Salesforce
Salesforce juga sangat populer yang menyediakan paket layanan pelanggan dengan menu lengkap. Platform ini memiliki tingkatan harga agar Anda mudah untuk memilih berdasar fitur yang diinginkan.
Platform Manajemen Media Sosial
Media sosial kini menjadi salah satu penyumbang besar untuk keberhasilan sebuah bisnis. Tidak dipungkiri jika media sosial masih akan bertahan sementara waktu dan bisa dimanfaatkan untuk memperoleh prospek menguntungkan bagi bisnis Anda. Jumlah media sosial yang digunakan kini makin banyak. Ada Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Pinterest, Reddit, dan banyak lainnya.
Saat menggunakan media sosial sebagai media pemasaran, pastikan terus konsisten mengenai jadwal terbit konten. Postingan bisa video, gambar, tautan, hingga tag.
Ads Manager
Berikutnya adalah platform iklan yang dapat memberikan sumbangsih besar pada bisnis Anda. Platform besar yang sepenuhnya dipercaya yaitu Google. Ada banyak fitur yang diberikan oleh Google Ads dalam memperoleh prospek positif. Mulai dari memungkinkan Anda merencanakan strategi kata kunci, fokus pada jangkaan iklan, menambah ekstensi yang berguna, hingga memasarkan ulang melalui penargetan audiens. Salah satu yang bisa digunakan yaitu iklan bayar per klik atau PPC. Strategi integral ini mampu menangkap prospek, karena siapa yang menekan iklan jelas tertarik dengan produk bisnis mu.
Untuk memudahkan dalam mencapai tujuan, Anda bisa bekerja dengan mitra digital agensi di Indonesia. Salah satunya bekerjasama dengan IDEOWORKS.ID Ada banyak solusi menarik yang dapat menguntungkan bisnis kedepannya. Termasuk mendapatkan peluang besar untuk memperoleh prospek menguntungkan bagi bisnis di era digital.