marketing

5 Tren Inbound Marketing untuk Pemasaran Efektif Tahun 2023

Di tengah perkembangan teknologi yang pesat belakangan ini, melakukan pemasaran secara digital terbukti berdampak positif dalam hal meraih lebih banyak konsumen. Untuk itulah, para pebisnis harus mengenal teknik inbound marketing yang akan membantu konsumen menemukan bisnis Anda.

Bahkan pada tahun 2023 ini, inbound marketing masih jadi salah satu bagian penting dalam strategi digital marketing. Tahun baru, tren inbound marketing pun perlu ikut update. Lantas, apa saja tren inbound marketing 2023 yang bisa diterapkan pada bisnis untuk meraih kesuksesan? 

Inbound marketing berbeda dari outbound marketing, ya!

Sebelum mengetahui apa saja tren inbound marketing yang akan terjadi pada 2023, pahami dulu pengertian inbound marketing. Teknik inbound marketing adalah pemasaran yang metodenya dilakukan dengan pendekatan pada target market. Sehingga, pelaksanaannya lebih smooth dan tidak terkesan mengganggu.

Sebenarnya, inbound marketing strateginya telah ditemukan sejak 2005 hingga 2006 oleh CEO dan Co-Founder HubSpot. Meski demikian, pertumbuhannya cenderung lambat sehingga baru ramai digunakan oleh para pelaku bisnis pada 2012 lalu.

Teknik pemasaran yang satu ini memanfaatkan fungsi media sosial, search engine, blog, serta website untuk menyebarkan konten serta menjalin interaksi dengan konsumen. Mengapa? Sebab, sebagian besar orang di dunia ini juga menggunakan platform tersebut. Sehingga, harapannya inbound marketing bisa memudahkan akun bisnis untuk ditemukan oleh calon pembeli.

Selain itu, saat bisnis Anda ingin melakukan inbound marketing, Anda harus bisa mengetahui siapa saja target market Anda, permasalahan, serta kebiasaan mereka. Dengan begitu, Anda dapat menyajikan konten-konten yang relevan. Sehingga, nantinya pembelilah yang menemukan bisnis Anda, bukan sebaliknya.

Itulah yang membedakan teknik inbound marketing dengan strategi outbound marketing. Metode pemasaran tradisional atau yang dikenal sebagai outbound marketing memang masih menjalankan strategi-strategi yang cenderung mengganggu. Misalnya, calon pembeli bisa mendapat direct mail, iklan berkelanjutan, hingga telepon.

Maka dari itu, selain lebih modern, inbound marketing strateginya juga bisa dilakukan dengan budget yang lebih minim dibandingkan dengan outbound marketing. Tidak heran bila teknik inbound marketing pas untuk diterapkan bagi bisnis online maupun yang baru mulai merambah ke ranah online

Tren inbound marketing 2023

Nah, setelah memahami apa itu inbound marketing, saatnya Anda mengetahui tren apa saja yang banyak dijadikan sebagai teknik pemasaran. Cek penjelasannya sampai akhir untuk mengetahui layanan jasa inbound marketing yang ada di Indonesia!

1. Konten interaktif

Tren inbound marketing yang pertama adalah konten interaktif. Seperti yang sudah disebutkan di atas, membagikan konten adalah salah satu metode pemasaran yang banyak dilakukan pada masa kini. Namun, konten yang sifatnya interaktif terbukti lebih banyak membuat konsumen mau berkontribusi dalam konten tersebut. Pada akhirnya, bisnis Anda akan diperhatikan oleh konsumen, bahkan tak jarang mereka akan sukarela membagikannya pada kerabat terdekat.

Baca Juga  Jenis-Jenis Digital Advertising di 2023 dan Cara Mengoptimasinya

2. Video marketing

Video marketing juga menjadi salah satu teknik inbound marketing yang bakal menduduki tren pada 2023. Pasalnya, video menjadi sarana komunikasi yang lengkap, efisien, fleksibel, dan relevan. Ditambah lagi, HubSpot menyatakan bahwa 9 dari 10 pemasar memilih video sebagai salah satu metode pemasaran yang sangat dibutuhkan, khususnya di era pandemi Covid-19.

3. Meningkatnya penggunaan AI

Berikutnya, penggunaan AI (Artificial Intelligence) juga akan meningkat pada 2023. Pasalnya, AI dapat mengerti dan memenuhi konsumen dengan lebih baik. Teknologi canggih ini bisa menyuguhkan pilihan berdasarkan preferensi konsumen sebelumnya. Misalnya, setiap konsumen akan memperoleh pengalaman yang berbeda saat membuka website bisnis.

4. Konten evergreen

Konten evergreen juga menjadi salah satu tren inbound marketing pada 2023. Jika Anda belum paham, evergreen content memberikan informasi yang sifatnya abadi (timeless) atau bisa dibutuhkan kapan saja. Sehingga, konsumen akan terus-menerus membuka konten Anda ketika membutuhkan informasi seputar hal tertentu.

5. Mobile inbound marketing

Pengguna smartphone ternyata meningkat sangat pesat dan inilah yang menjadi alasan mengapa mobile inbound marketing begitu penting. Prinsipnya, semua teknik pemasaran harus bisa lebih mobile-friendly. Misalnya, situs web harus bisa ditampilkan dengan lebih enak dan nyaman sehingga pengguna smartphone betah mengunjungi website bisnis Anda.

Nah, meski dalam pelaksanaannya inbound marketing punya budget yang lebih terjangkau, Anda tetap harus melakukannya dengan penuh perhatian. Jika Anda merasa belum memiliki kapasitas dan sumber daya untuk melakukannya, IDEOWORKS sebagai digital marketing agency bisa membantu bisnis Anda dengan memberikan layanan jasa inbound marketing.

Mulai dari tahap perencanaan, pengembangan, hingga pelaksanaan campaign bisnis, semuanya bisa Anda serahkan kepada IDEOWORKS. Perbesar peluang bisnis Anda ditemukan oleh konsumen melalui penerapan metode inbound marketing yang tepat dan terus update dengan tren terkini, termasuk tren 2023! 

 

Baca Juga :

Tiru 12 Ide Konten Marketing Ala Creative Digital Marketing



Let’s talk about your brand

    Add comment: