Cari Tahu Strategi Jitu Marketing Inbound Tahun 2023 di Sini!

Cari Tahu Strategi Jitu Marketing Inbound Tahun 2023 di Sini!

Meningkatnya pengguna smartphone dan internet turut mengubah dunia, salah satunya dalam bidang pemasaran. Bila sebelumnya orang lebih banyak menerapkan outbound marketing yang kuno dan cenderung memaksa calon pembeli, inbound marketing hadir sebagai solusi yang lebih smooth dan tidak terkesan mengganggu. Lantas, apakah marketing inbound ini masih relevan untuk diterapkan pada 2023?

Mengapa marketing inbound penting?

Pasca-pandemi Covid-19, banyak kegiatan yang akhirnya dialihkan secara online. Hal ini tentu turut meningkatkan penggunaan smartphone dan internet, tak terkecuali media sosial, search engine, website, dan lainnya. Maka dari itu, inbound marketing yang berkutat di tiga platform tersebut tentunya malah semakin relevan untuk dijalankan pada 2023.

Pola kebiasaan konsumen yang akan mencari produk atau jasa sesuai dengan kebutuhannya sendiri pun makin menjelaskan, mengapa marketing inbound begitu penting bagi bisnis saat ini. Ketika produk Anda muncul di hasil pencarian target konsumen Anda, di situlah peluang Anda bertambah sebagai sebuah brand.

Inbound marketing dilakukan dengan cara mengetahui kebutuhan dan kebiasaan target market Anda serta memaksimalkannya. Pasalnya, kini orang lebih suka mencari produk berdasarkan permasalahan atau seleranya sendiri. Daripada menerapkan outbound marketing, strategi digital marketing inbound lebih signifikan dalam menaikkan awareness serta interaksi dengan konsumen.

Kelebihan teknik marketing inbound

Jika dibandingkan dengan outbound marketing, metode yang dilakukan dalam digital marketing inbound terasa lebih tidak mengganggu calon konsumen Anda. Malahan, teknik pemasaran ini sifatnya ingin lebih memahami dan menjawab persoalan konsumen.

Hal ini disebabkan oleh metodenya yang lebih mengedepankan pendekatan pada konsumen ketimbang memaparkan produk secara panjang lebar pada target yang salah. Selain itu, metode ini juga relatif lebih terjangkau karena bisnis Anda sudah tahu siapa saja target market yang harus Anda jangkau. 

Strategi jitu marketing inbound tahun 2023

Lantas, apa saja strategi digital marketing inbound pada 2023 yang masih relevan dan jitu? Simak penjelasan di bawah ini untuk tahu lima strategi yang bisa Anda lakukan!

1. Beri konten yang relevan dan interaktif

Saat ini, brand yang dapat mengerti persoalan dan kebutuhan konsumen akan mendapat nilai lebih. Namun, selain menghasilkan produk-produk yang solutif, Anda juga bisa menghadirkan konten yang sifatnya interaktif serta relevan dengan target market Anda.

Konten yang interaktif terbukti akan meningkatkan engagement, seperti like, comment, dan share. Dampaknya, bisnis Anda bisa mendapat perhatian yang semakin luas dari konsumen dan calon pembeli potensial lainnya.

Baca Juga  Pentingnya Menggunakan Jasa Digital Agency Jakarta untuk Bisnis Anda pada Tahun 2023

2. Kerja sama dengan micro-influencer

Mulailah semuanya dari hal yang kecil, tapi fokus dan konsisten, begitu juga saat akan menggaet partner berkolaborasi. Pilihlah micro-influencer yang pengikutnya tidak terlalu banyak, tapi punya komunitas yang solid dan aktif. Kemudian, ajaklah lebih banyak micro-influencer untuk berkolaborasi guna memikat perhatian dari berbagai komunitas yang lebih beragam.

3. Manfaatkan teknologi AI

Anda juga bisa memanfaatkan kehadiran teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk menjalankan digital marketing inbound. AI terbukti bisa memahami dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan lebih baik. Bahkan, bisnis Anda jadi bisa menyuguhkan pilihan berdasarkan preferensi konsumen Anda sebelumnya.

Sebagai contoh, setiap konsumen akan memperoleh pengalaman yang berbeda saat membuka e-commerce bisnis Anda. Hal ini disebabkan oleh perbedaan preferensi antar satu konsumen dengan lainnya yang telah dipindai oleh AI. Makin relevan suggest-suggest yang Anda berikan, tentu konsumen akan merasa lebih dimengerti dan dihargai.

4. Saatnya tap in ke konten video pendek

Zaman yang bergerak semakin cepat turut membuat orang menginginkan hal yang serba-cepat. Tak heran bila kini ada konten video pendek di berbagai media sosial, seperti Instagram, YouTube, bahkan TikTok. Melihat fenomena ini, Anda bisa memanfaatkannya sebagai konten marketing inbound yang jitu.

5. Mulai eksperimen dengan podcast

Selain didominasi dengan video viral berdurasi pendek, marketing inbound strategy juga mulai dihiasi dengan podcast. Anda bisa membuat podcast bisnis Anda sendiri atau menitipkannya di kanal-kanal podcast yang pengikutnya sudah banyak. Dengan begitu, brand awareness akan makin meningkat.

Itulah penjelasan mengapa digital marketing inbound perlu digalakkan pada 2023 ini. Jika Anda merasa belum sanggup untuk melakukan kelima marketing inbound strategy di atas, para pelaku bisnis bisa menggunakan jasa digital marketing agency.

Salah satu agency yang bisa membantu Anda dalam menerapkan teknik marketing inbound secara tepat adalah IDEOWORKS. Dengan layanan all-in-one, Anda jadi tak perlu pusing memikirkan proses perencanaan, pengembangan, hingga eksekusi campaign Anda. 

 

Baca Juga :

Creative Online Marketing Jadi Solusi Menghadapi Resesi



Let’s talk about your brand

    Add comment: