Ketika memasarkan sebuah produk secara digital, media sosial adalah salah satu medium yang populer digunakan oleh berbagai brand. Media sosial merupakan pusat berkumpulnya audiens dari berbagai lapisan dengan kans penyebaran informasi yang lebih cepat. Selain banyaknya pengguna media sosial, developer berbagai media sosial juga memudahkan para pebisnis untuk menggunakan aplikasinya sebagai lahan bisnis. Karenanya, agar audiens dapat menikmati “hal” yang ia sukai berikut pebisnis yang ingin memasarkan produk sesuai targetnya, media sosial menggunakan algoritma untuk mempertemukan keduanya.
Algoritma sendiri adalah sebuah social media analytics untuk developer menganalisis konsumen mereka, yaitu kita sebagai pengguna. Tentu mereka akan membantu menganalisis perkembangan konten brand Anda di media sosial dengan sistem analisis default yang tersedia dalam aplikasi. Dengan mempelajari bagaimana aplikasi menyajikan hasil analisis dasar yang biasa tersedia dalam akun brand Anda, Anda dapat mengetahui konten seperti apa yang populer pada platform tersebut.
Karenanya, keberadaan algoritma media sosial dapat dipelajari, sehingga Anda tahu apa saja keuntungan dari keberadaan algoritma ini untuk brand Anda. Tentu kita ingin konten pemasaran dapat menjangkau sejauh mungkin dan sebanyak mungkin audiens yang sesuai kriteria Anda. Berikut beberapa tips dari IDEOWORKS.id untuk mengakali algoritma dasar media sosial pada umumnya yang akan mempermudah perjalanan digital marketing Anda. [irp]
Cara-Cara Mengakali Algoritma Media Sosial
-
Bangunlah konten yang interaktif
Anda dapat mencoba hingga menaikkan engagement rate di seluruh media sosial dengan mengajak audiens berinteraksi dengan akun Anda. Contohnya, pada Instagram, riuhnya audiens di komentar hingga banyaknya likes dapat menaikkan popularitas konten Anda di tab explore. Twitter juga kerap menunjukkan cuitan populer atau viral berbasis topik yang biasanya Anda akses di linimasa Anda.
-
Manfaatkan ruang dan waktu “hidup” aplikasi media sosial
Internet memang menebas konsep ruang dan waktu, namun bukan berarti Anda dapat menyentuh audiens 24/7. Setiap media sosial punya jam aktif pengguna—hari dan jam berapa paling banyak pengguna yang mengakses platform tersebut—yang bisa Anda maksimalkan untuk menjangkau audiens sebanyak-banyaknya secara efektif.[nextpage title=” “]
-
Gunakan kata dan hashtag yang tepat!
Tentu Anda yang berkutat pada digital marketing strategy sudah familiar dengan hashtag dan keywords. Maksimalkan pengemasan kalimat dengan kata yang tepat untuk meningkatkan visibilitas konten Anda. Anda bisa menemukan apa saja kata dan tagar yang tepat dengan social media analytics dan tren di seputar bisnis Anda.
-
Konsisten dalam menayangkan konten Anda
Konsistensi diperlukan agar algoritma media sosial menyadari eksistensi akun brand Anda sebagai akun aktif, sehingga mempermudah Anda masuk dalam account suggestion pada platform tersebut. Konsistensi ini juga dapat menaikkan engagement rate dengan audiens Anda, karena Anda semakin sering terlihat dalam linimasa mereka.[irp]
-
Gunakan metode trial-and-error untuk menemukan ritme Anda
Anda memang mendapatkan berbagai insights dari berbagai sumber, namun hanya Anda yang bisa menemukan konten brand yang otentik dengan engagement rate yang tepat. Tidak perlu takut salah, Anda bisa terus bereksperimen dengan konten dan insights dari social media analytics dan riset lainnya. Ketika Anda menemukan jenis konten yang pas, maka Anda dapat mempertahankan ritme tersebut sebagai bentuk identitas brand Anda yang dikenali oleh algoritma media sosial.
-
Selalu menggunakan social media analytics secara berkala
Satu hal yang perlu Anda ketahui, algoritma media sosial akan terus berubah seiring tren dan perilaku pengguna. Merupakan hal yang bijak untuk terus menganalisis performa akun dan konten brand Anda, terutama menggunakan social media analytics dari pihak ketiga maupun yang sudah disajikan oleh media sosial tersebut.
Setiap media sosial memang memiliki algoritma yang berbeda, namun pada akhirnya algoritma sama seperti social media analytics pada umumnya; menelisik preferensi dan kebutuhan pengguna aplikasi tersebut. Anda juga membutuhkan bantuan social media analytics yang khusus untuk mempelajari performa konten Anda. IDEOWORKS.id hadir untuk membantu Anda mempelajari hingga meningkatkan performa brand Anda di berbagai media sosial. Bersama IDEOWORKS.id, Anda dapat berdiskusi hingga membangun strategi marketing yang efektif untuk kebutuhan brand Anda.