Preloader
Social Media Campaign

Bagaimana Memulai Perjalanan Social Media Campaign Anda?

Anda memiliki sebuah usaha yang ingin Anda kembangkan, dan Anda sampai di satu simpulan bahwa Anda membutuhkan social media presence yang lebih kuat untuk melakukan itu. Namun dari mana Anda memulai perjalanan social media campaign Anda?

Mengambil langkah pertama dalam social media campaign tak jarang dapat membuat Anda merasa kewalahan. Ada banyak social media platform, users, dan konten yang dapat dicari dan dijelajahi, dari mana Anda akan memulainya? Apa tujuan keseluruhan Anda untuk kegiatan campaign bisnis Anda?

Anda dapat mulai menjawab itu dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini yang sudah dirangkup oleh IDEOWORKS.id. Tentunya Anda juga dapat menghubungi kami untuk mulai belajar mengenai social media campaign.

5 Langkah Memulai Social Media Campaign

Mulai dari tujuan dasar menggunakan social media

Sebelum Anda benar-benar dapat memulai social media campaign, Anda harus menentukan beberapa pertanyaan utama mengenai mengapa Anda melakukan social media campaign. Apa yang ingin Anda capai? Apakah Anda ingin menaikkan sales, atau meningkatkan customer service? Atau mungkin Anda ingin meningkatkan brand awareness Anda? Semua itu dapat dilakukan dengan social media campaign, yang terpenting adalah skala prioritas Anda, karena semua tujuan itu tidak dapat dilakukan secara bersamaan.

Bangun tim social media campaign Anda

Setelah Anda memiliki rencana untuk mempelajari social media campaign, Anda harus memiliki sumber daya untuk menjalankannya. Begitu social presence Anda mulai meningkat, Anda tidak akan dapat menangani setiap aspek sendiri. Anda memiliki bisnis untuk dijalankan, dan Anda akan membutuhkan bantuan. Cobalah untuk membangun “dream team” dari orang-orang yang semuanya membawa kekuatan berbeda ke meja. Miliki seorang penulis yang dapat menulis konten sosial yang menarik, serta orang-orang grafis dan video yang dapat membawa Anda ke ranah multimedia. Anda juga akan menginginkan orang analitik yang dapat melacak kemajuan Anda dan menilai kekuatan dan kelemahan kampanye Anda. Berfokuslah pada social media platform yang digunakan oleh audiens target Anda. Mulailah secara perlahan, satu atau dua social media platform terlebih dahulu. Kemudian, identifikasi audiens Anda, karena ini akan memengaruhi segalanya. Jika Anda mencoba menarik perhatian milenial, maka gunakanlah Youtube, Instagram, dan Snapchat. Jika Anda menargetkan kalangan Ibu, maka Facebook menjadi pilihan social media platform yang tepat.

[nextpage title=” “]

Pastikan Interaksi Anda Otentik dan Personable

Bergaul dengan orang-orang di Twitter tidak jauh berbeda dengan melakukannya di pesta atau pertemuan sosial. Dalam kedua kondisi tersebut, Anda berteman dengan menjadi diri sendiri dan menjadi otentik dan baik. Tetapi ingatlah hal ini saat Anda mem-posting online. Orang tidak nyaman dengan brand yang social presence-nya terdengar kaku dan korporat, atau lebih buruk lagi, tidak menyenangkan. Tunjukkan sisi manusiawi, berinteraksi dengan orang-orang dengan ramah dan kembangkan kepribadian. Orang-orang akan menghargai itu.

Campurkan Penawaran Social Media Campaign Anda 

Anda harus memiliki rencana untuk mengeluarkan konten untuk melakukan social media campaign, tentu saja. Tapi jenis konten apa? Idealnya, Anda memiliki kombinasi elemen yang berbeda. Cobalah untuk menyeimbangkan konten asli Anda sendiri dengan konten yang dikuratori dari situs lain. Seimbangkan konten asli Anda dengan konten yang Anda kurasi dan bagikan. Jika Anda hanya membagikan konten dari sumber lain, Anda hanya akan terlihat seperti memanfaatkan kerja keras orang lain daripada melakukan sendiri. Jika Anda hanya membagikan konten Anda sendiri, Anda akan terlihat terlalu promosi dan menjual. Keseimbangan yang baik akan membuat Anda tampak berpengetahuan, berharga, dan rendah hati.

Lacak Reputasi Social Media Perusahaan Anda

Setiap situs media sosial mewakili tempat yang bagus untuk berbagi informasi tentang bisnis Anda. Tapi inilah rahasianya – Anda bukan satu-satunya yang membicarakan diri Anda sendiri. Hampir semua orang melakukan hal yang sama. Saat Anda menjelajahi berbagai situs sosial, luangkan waktu untuk melacak reputasi bisnis Anda. Cari apa yang orang katakan tentang Anda. Jika kata-katanya positif, luangkan waktu sejenak untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas hal-hal baik yang dikatakan orang-orang, dan bersumpah untuk terus melakukan pekerjaan yang baik. Jika negatif, carilah kritik yang membangun. Apakah komentar sosial orang menunjukkan sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik?

Langkah-langkah ini dapat menjadi langkah-langkah yang dapat Anda ambil saat melakukan social media campaign. Selain itu, jika Anda merasa kewalahan memikirkan hal ini, Anda dapat berkolaborasi dengan social media campaign agency seperti IDEOWORKS.id. 

IDEOWORKS.id adalah salah satu social media campaign agency yang ada di Jakarta, namun dapat membantu Anda di manapun Anda berada. Sebagai sebuah social media campaign agency, IDEOWORKS.id dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan social media campaign Anda, sehingga Anda tidak perlu merasa kewalahan. Jadi tunggu apa lagi? Segera hubungi IDEOWORKS.id dan mari berkolaborasi!

Let’s talk about your brand