Dalam digital marketing, strategi pemasaran tidak dapat terlepas dari brand awareness dan brand recognition. Terdengar mirip, kedua istilah ini pun terkadang dianggap sama, tapi sebenarnya berbeda. Apa perbedaannya?
Mari kita cari tahu lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya. Berikut ulasannya.
Pengertian Brand Awareness dan Brand Recognition
Untuk memahami perbedaan antara brand awareness dan brand recognition, terlebih dahulu kita perlu mengetahui pengertian masing-masing. Dengan begitu, kita akan dapat memahami aspek yang menjadi perbedaannya. Berikut pengertian brand awareness dan brand recognition:
Pengertian Brand Awareness
Brand awareness dapat diartikan sebagai tingkat keakraban konsumen dengan brand Anda. Artinya, brand awareness adalah seberapa baik konsumen dalam mengetahui keberadaan dari brand Anda..
Brand awareness yang baik berarti konsumen bisa dengan mudah membedakan brand Anda dari brand yang lainnya. Jadi, konsumen sadar bahwa itu adalah brand Anda dalam sekali lihat logonya atau sekali dengar jingle musiknya.
Pengertian Brand Recognition
Brand recognition dapat diartikan sebagai kemampuan konsumen dalam mengenali brand Anda beserta produknya, khususnya jika dibandingkan dengan produk kompetitor. Saat konsumen dapat mengenali brand Anda hanya melalui logo, slogan atau produknya saja, maka ini berarti perusahaan Anda memiliki brand recognition yang sangat baik.
Perbedaan Brand Awareness dan Brand Recognition
Secara sederhana, jika brand awareness adalah tingkat keakraban konsumen dengan brand, maka brand recognition adalah kemampuan konsumen dalam mengenali brand tersebut melalui elemen visual dan audio, seperti logo, warna, atau jingle.
Oleh karena itu, brand awareness merupakan langkah awal sebelum mencapai brand recognition. Semakin banyak orang menyadari keberadaan brand Anda, semakin mudah mereka mengenal dan mengingatnya di kemudian hari.
Baik brand awareness maupun brand recognition, pada dasarnya keduanya berkaitan erat antara satu sama lain. Keduanya pun saling mempengaruhi dalam hal menciptakan engagement dengan konsumen. Untuk itu, Anda perlu menerapkan strategi yang tepat agar dapat membuat brand Anda semakin mudah dikenali. Lihat cara-caranya berikut ini:
Cara Meningkatkan Brand Awareness dan Brand Recognition
Seperti yang kita ketahui, bahwa brand awareness harus ada terlebih dahulu, baru kemudian brand recognition dapat terwujud. Meski demikian, keduanya berjalan beriringan dan dapat dicapai dengan menggunakan cara-cara dan strategi yang sama, di antaranya:
- Menyentuh Sisi Emosional Konsumen
Anda dapat mengenalkan brand dengan cara yang menyentuh sisi emosional konsumen. Bayangkan saat pertama kali bertemu dengan seseorang yang kemudian menjadi sahabat Anda, ada kesan pertama yang menarik, rasa penasaran, dan keinginan untuk mengenal lebih jauh. Begitu juga dengan brand, kesan awal sangat penting untuk membangun hubungan yang lebih dalam dengan audiens.
Seiring waktu, Anda mulai memahami karakter sahabat Anda, bagaimana kepribadiannya, serta pengalaman yang kalian lalui bersama. Hal yang sama berlaku untuk brand, ketika konsumen berinteraksi dengan brand Anda secara terus-menerus, mereka akan mulai memahami nilai, identitas, dan karakteristik brand Anda.
Jika konsumen melihat brand Anda seperti konsep sahabat ini, ikatan emosional akan terbentuk dengan sendirinya. Anda pun dapat melakukan pendekatan kepada konsumen melalui digital marketing dalam bentuk content, video, iklan dan apapun yang unik, menyentuh dan membuat konsumen merasa emosional saat terlibat dengannya. Dengan cara ini, brand Anda akan lebih mudah diingat dan dicintai.
- Memberikan Layanan Terbaik
Salah satu cara terbaik yang tidak kalah penting adalah memberikan layanan customer service yang terbaik kepada konsumen. Dengan begitu, konsumen akan merasa dihargai bahkan bisa mengandalkan brand Anda kapanpun mereka membutuhkannya.
Konsumen yang merasa bahwa brand Anda memiliki nilai-nilai yang sejalan dengan ekspektasi mereka, kemungkinan besar akan merekomendasikan produk dan layanan Anda kepada orang lain, karena para konsumen ini merasa puas berbelanja bahkan berlangganan di tempat Anda.
- Mengedukasi Konsumen
Tidak hanya memenuhi keinginan konsumen, tapi brand Anda juga dapat membantu mengedukasi mereka. Ketika brand Anda dikenal memiliki keahlian dan pengalaman di bidang tertentu, serta dapat membantu konsumen menemukan solusi untuk kebutuhan mereka, maka kepercayaan akan semakin tumbuh. Dengan memberikan informasi yang relevan dan bernilai, brand Anda akan lebih dari sekadar pilihan, tetapi menjadi referensi utama konsumen. Inilah kunci untuk mendapatkan pengakuan yang lebih kuat di mata konsumen.
Ketika konsumen menggunakan produk dan layanan Anda, kemudian merasa puas karena kebutuhannya terpenuhi, maka mereka akan terus kembali lagi dan lagi. Pada poin inilah, konsumen menjadi pelanggan Anda sekaligus memiliki brand loyalty terhadap brand Anda.
- Pemasaran Melalui Media Sosial
Baik usaha skala kecil, menengah, maupun besar, semuanya dapat menerapkan digital marketing melalui media sosial. Dengan begitu, nama, produk dan layanan brand Anda semakin mudah tersebar, sehingga lebih banyak orang bisa mengaksesnya.
Tentu saja, penting untuk selalu menyertakan logo atau tema visual brand di setiap metode marketing, untuk menciptakan konsistensi dalam komunikasi tersebut, sehingga brand Anda pun akan semakin mudah dikenali dan diakui.
- Memakai Metode Storytelling
Apapun strategi digital marketing yang diaplikasikan, Anda dapat menggunakan metode storytelling, karena Anda tidak hanya sekadar mempromosikan brand agar dikenal, mendapat pengakuan, meningkatkan penjualan dan menambah pelanggan, tapi brand Anda juga perlu berkomunikasi selayaknya manusia yang mengobrol dengan konsumen Anda.
Contohnya, Anda dapat membuat video marketing yang berisi momen-momen para konsumen sedang berbelanja produk di toko Anda, tangkap detail ekspresi bahagia mereka dan soroti produk yang dibeli, sehingga menjadi dokumentasi yang sekaligus dapat digunakan sebagai promosi kepada calon konsumen baru.
Keterkaitan Antara Brand Awareness dan Brand Recognition
Brand awareness adalah langkah awal yang harus dicapai sebuah brand dalam menjangkau konsumen. Setelah brand awareness terbentuk, barulah brand recognition dapat berkembang, di mana konsumen mulai mengenali brand melalui elemen visual atau audio yang khas. Saat konsumen dapat mengenali brand Anda dengan baik, ini berarti mereka telah mulai memiliki loyalty terhadap brand Anda, sehingga lebih tertarik untuk membeli produk dan layanan Anda bahkan menjadi pelanggan.
Anda dapat menerapkan metode service secara maksimal untuk meningkatkan brand awareness dan brand recognition. Bersama IDEOWORKS, Anda pun dapat menemukan ide-ide brilian untuk membantu mengoptimalkan marketing Anda dan membuat brand Anda semakin dikenal. Hubungi IDEOWORKS melalui kontak yang tersedia sekarang juga.