Articles

12 Mei 2022

6 Fungsi Social Media Analytics dalam Digital Marketing

Pada artikel sebelumnya penulis telah menjelaskan pengertian digital marketing dari para pakar terkemuka untuk mengetahui peranan penting jasa digital marketing di dunia bisnis. Kali ini penulis melanjutkan pembahasan lebih ‘indepth’ seputar support system digital marketing melalui social media listening tools untuk meningkatkan sentralisasi pelanggan dalam branding produk. Excellent, data yang digunakan melalui suatu proses atau tools–alat untuk mengumpulkan hasil dari percakapan via media sosial. Dalam hal ini jasa marketer menggunakan fungsi dari social media analytics.

Diketahui saat ini rekomendasi social media analytics milik Instagram dan TikTok merupakan yang terbaik era modern. Dilengkapi dengan teknologi canggih Artificial Intelligence (AI) atau social media intelligence memudahkan untuk menganalisis profil publik dan tagar secara akurat membantu sukseskan digital marketing melalui social media analytics.

Bagaimana dengan fungsinya?

Social media analytics yang efektif diketahui yang mampu melacak (trackability) dan pengukurannya (measurability). Kedua aktivitas tersebut dapat memperhitungkan apakah social media listening tools dapat dilakukan secara efektif atau tidak, dengan tingkat presisi yang tinggi dan real-time. Kondisi tersebut memungkinkan perusahaan maupun pebisnis untuk melihat tren perilaku konsumen yang kredibel dengan beberapa fungsi lain dari social media analytics, sbb:

Efisiensi tim marketing

Fungsi pertama social media analytics memudahkan kerja tim marketing agar bisa membagi fokus kepada tujuan-tujuan lain dalam toolkit strategi marketing. Di sini tim marketing dapat menyederhanakan pola kerja mereka untuk dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan tim mendapatkan data dan informasi sesuai dengan target pasar. Setelah social media analytics bekerja mendapatkan informasi berupa analisis data, barulah tim marketing segera melaporkan berbagai macam metrik yang dibutuhkan untuk melihat sejauh mana operasi marketing serta menemukan tren yang diperlukan.

Dalam hal ini metrics yang harus diperhatikan para tim digital marketing seperti;

Performance Metrics – Kegiatan melacak interaksi lintas platform secara real-time untuk menentukan konten marketing pada media sosial listening tools yang diposting dapat melibatkan audiens atau tidak. Melihat peningkatan jumlah followers dari waktu ke waktu  di seluruh platform hingga berapa banyak rasio click through rate pada postingan.

Analisis Audiens – Analisis audiens ikut berperan masuk ke dalam performance metrics untuk memahami, membantu, menciptakan pengalaman pelanggan setiap dengan membuat konten yang diinginkan users tersebut.

Analisa Kompetitor – Demi mendapatkan peningkatan kinerja performance metrics, perusahaan harus menganalisis kinerja kompetitor, lho. Dengan fungsi social media analytics, perusahaan bisa menakar efektivitas kinerja marketing media sosial kompetitor sekaligus solusi yang harus ditingkatkan.

Analisa Iklan Berbayar (Ads) – Fungsi satu ini lagi booming dalam strategi marketing perusahaan agar mengetahui target audiens. Dikarenakan penggunaan ads lumayan mahal, social media analytics dapat memberikan analisis perbandingan konten mana yang dapat bekerja dengan baik. Melalui iklan berbayar (Ads) ini, perusahaan bisa memastikan penggunaan budget iklan sesuai peluang bisnis-nya.

Analisis Influencer – Sama halnya menggunakan ads, kampanye produk bersama  influencer dapat memasarkan produk perusahaan. Tetapi, pada prinsipnya social media listening tools juga berperan mendapatkan wawasan mengenai metrics yang tepat sehingga dapat memilih kandidat influencer sesuai tujuan pemasaran.

Analisa Sentimen – Dalam analisis sentimen ini dibutuhkan data pelanggan yang dapat membantu menghindari dugaan dalam membuat strategi pemasaran yang sesuai target market. Analisis sentimen dapat menunjukkan jenis konten yang paling direspon—secara positif oleh pelanggan. Bila sentimen negatif, metrics tim marketing dapat mengambil tindakan untuk memperbaiki kekeliruan yang terjadi.

Menakar Kinerja Kompetitor

Fungsi selanjutnya dari social media intelligence adalah membantu perusahaan mengetahui geliat strategi marketing kompetitor sekaligus menerapkan gagasan kecerdasan baru yang mudah diterima calon konsumen. Dalam artian bisa jadi perusahaan turut membandingkan pasion mereka dengan kompetitor secara rata-rata kinerja industri di bidangnya. Karena memiliki tolak ukur yang real—misalnya industri baru yang mau melawan eksistensi korporasi—agar memberikan wawasan serta kemudahan menggaet target market di industri tersebut. Dalam hal ini bisa saja perusahaan mengadopsi pelanggan setia dalam jumlah besar dari toko sebelah ke pelukan.

Baca Juga  Peran Digital Agency Jakarta dalam Menghindari Influencer Fraud

Menentukan Social Media Populer

Keuntungan selanjutnya yang diperlihatkan social media analytics adalah kurasi social media platform yang sesuai dengan branding perusahaan. Popularitas jejaring sosial yang cukup intens membuat marketer dapat menentukan mana yang baik untuk dapat digunakan sebagai peluang bisnis. Sebut saja Facebook yang memiliki pengguna lebih dari 2 miliar dan Instagram yang memiliki lebih dari 800 juta pengguna. Keduanya merupakan raksasa media sosial yang diharapkan semua pebisnis untuk bersaing mendapatkan hati konsumen.

Nah, tujuan digital marketing adalah menemukan impact yang tepat dengan melakukan eksperimen melalui social media analytics. Nantinya, perusahaan dapat mengukur feedback dari followers, lalu lintas serta hasil penjualan yang diperoleh dari strategi tersebut.

Menganalisa Kinerja Social Media Platform

Sejalan dengan fungsi-nya, social media listening report dari analytics ini digunakan oleh marketer untuk menganalisa kinerja masing-masing platform media sosial seperti Instagram,Twitter, Facebook, Linkedin hingga TikTok untuk mereka buktikan pesan sampai pada targetnya. Secara spesifik, fungsi ini dapat menemukan klasifikasi demografis audiens yang dapat digolongkan sebagai target di sektor tertentu dan efektif meningkatkan brand awareness.

Menghitung ROI Setiap Social Media Channel

Return on Investment atau ROI merupakan fungsi dari social media analytics dalam mengukur untung rugi yang dihasilkan dari kampanye digital marketing perusahaan. Menghitung atau mengukur ROI dalam digital marketing sangat penting dari sudut pandang peningkatan brand awareness. Setelah perusahaan mengidentifikasi demografis audiens, marketer dapat menganalisis berdasarkan traffic—ukuran dalam angka yang positif menyukai content marketing dari berbagai social media channel.

Menyajikan reporting

Setelah melakukan berbagai penelusuran dari ke-6 fungsi sebelumnya, media social analytics dapat menyimpulkan atau menyajikan hasil berupa social media listening report. Laporan yang dibuat oleh social media listening report tersebut sangat kredibel atau valid, karena sudah terintegrasi. Perusahaan dapat mengekspor data ke dalam format Excel, PDF, PNG, maupun CSV dalam hitungan detik untuk mendapat media social report mingguan atau bulanan.

Itulah beberapa fungsi dari penggunaan social media analytics dalam penerapan digital marketing untuk perusahaan Anda. Tentunya dengan segala pemahaman ilmu yang cukup, pemasaran menggunakan fitur ini sangat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan terutama perihal memasarkan produknya.

Lalu, kenapa pilih IDEOWORKS?

Mengutip survei yang dilakukan oleh Hootsuite 2019 lalu, menemukan bahwa orang Indonesia bisa menghabiskan waktu selama 8 jam sehari untuk berselancar di dunia maya. Terdapat 5 media sosial paling berpengaruh seperti YouTube, WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Twitter. Dari hasil penelitian ini pun ditemukan adanya reaksi pengguna yang mengakses rata-rata 88% pengguna YouTube dan 84% pengguna WhatsApp dari rentang usia 16 sampai 64 tahun.

Hasil penelitian itu pun memastikan perusahaan menggaet jasa digital marketing untuk konsumen potensial pada platform media sosial. Inilah kenapa IDEOWORKS.ID hadir untuk Anda yang membutuhkan jasa sosial media analytics. IDEOWORKS.ID mampu menangani semua kebutuhan social media campaign, social media listening tools, social media listening report untuk memonitoring secara real time brand Anda sehingga berhasil di berbagai platform media seperti YouTube, Facebook, Instagram, hingga Twitter.

Bukan hanya itu, IDEOWORKS.ID dapat membantu manajemen krisis agar perusahaan dapat mengatasi masalah secara proaktif dengan solusi cepat, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir tertatih membangun bisnis. Jadi tunggu apalagi? Segera hubungi IDEOWORKS.ID dan mari berkolaborasi! 

 

Reference:

https://emplifi.io/resources/blog/social-media-analytics-the-complete-guide

https://www.quintly.com/blog/top-10-social-media-analytics-features

https://www.vads.co.id/berita/pentingnya-social-media-analytics-untuk-strategi-pemasaran/

More Info

CONTACT US

Address

Pejaten Barat 46, Pasar Minggu

Jakarta Selatan 12510 INDONESIA

Email marketing@ideoworks.co.id

Phone/WA +62 8111 846466

Back to top