Di tahun 2024, IDEOWORKS, bersama dengan sejumlah agensi digital terbaik dari berbagai negara di Asia Tenggara membangun sebuah marketing aliansi bernama Strategic Asia Marketing Alliance atau SAMA. Masing-masing perusahaan marketing yang tergabung di dalam aliansi ini mengesampingkan aspek kompetitif dan menjalin kerjasama untuk memberikan advice mengenai praktek digital marketing terbaik untuk pemilik brand, baik dalam skala lokal maupun regional.
Bagi yang ingin memperdalam strategi digital marketing, kolaborasi ini menawarkan banyak wawasan berharga. Salah satu aspek penting yang dapat dipelajari adalah integrated marketing, yaitu pemasaran terintegrasi antar pasar yang memastikan setiap campaign marketing berjalan selaras di berbagai kanal. Bagaimana strategi ini dapat memberikan dampak positif bagi bisnis Anda? Simak penjelasannya berikut ini.
Apa Itu Pemasaran Terintegrasi?
Pemasaran terintegrasi, atau integrated marketing adalah strategi pemasaran yang menampilkan pesan yang sama bagi semua pelaku market bisnis di berbagai negara. Metode ini juga memungkinkan setiap campaign marketing tersampaikan secara konsisten melalui berbagai channel bisnis yang dimiliki.
Memaksimalkan channel bisnis untuk strategi pemasaran ini terbukti sangat efektif untuk memberikan informasi penuh kepada pengunjung situs yang mencari tahu mengenai bisnis Anda dari berbagai platform.
Keuntungan Menerapkan Pemasaran Terintegrasi pada Website Bisnis Anda
Menerapkan integrated marketing pada website Anda dapat menghasilkan berbagai keuntungan. Berikut ini adalah beberapa keuntungannya.
1. Pengunjung Mendapatkan Pesan yang Konsisten
Tahukah Anda bahwa dari sekian banyak campaign marketing yang muncul setiap hari, hanya sepertiga iklan yang mampu menarik perhatian, sementara sisanya terlupakan dalam hitungan hari? Fakta unik ini menjadi salah satu tantangan terbesar, terutama apabila Anda ingin memastikan pemasaran yang brand Anda lakukan benar-benar terekam kuat di ingatan calon konsumen.
Inilah alasan mengapa pemasaran terintegrasi atau integrated marketing dapat membantu Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Dengan menggunakan strategi pemasaran ini, Anda bisa menyebarkan pesan yang konsisten yang bisa diimplementasikan pada berbagai macam channel pemasaran. Calon konsumen cenderung akan lebih mudah mengingat iklan yang muncul pada suatu platform apabila mereka sudah pernah berinteraksi dengan iklan yang sama di channel media yang berbeda.
2. Mengurangi Pengeluaran dan Meningkatkan Nilai
Keuntungan lainnya dari menggunakan strategi integrated marketing adalah Anda bisa menghemat biaya pengeluaran sekaligus meningkatkan nilai dari iklan yang ditayangkan. Dengan memanfaatkan strategi ini, Anda bisa menggunakan konsep konten yang sama untuk berbagai platform berbeda. Selain itu, jika bisnis Anda memiliki maskot, karakter tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk memperkuat branding, baik dalam campaign marketing offline maupun online.
Selain itu, strategi integrated campaign memungkinkan penyampaian pesan yang konsisten kepada tim sales representative, baik yang bertugas di lokasi maupun yang menghadiri berbagai event. Konsistensi ini tidak hanya meningkatkan kredibilitas brand, tetapi juga membuat pemasaran lebih efektif dan bernilai tinggi.
3. Meningkatkan Pengalaman Konsumen Menjadi Lebih Baik
Strategi integrated marketing sebenarnya tidak hanya menguntungkan pemilik bisnis saja. Konsumen pun akan merasa nyaman dengan konsistensi dan narasi brand yang konsisten. Hal ini membuat mereka memiliki pemahaman lebih mengenai visi dan misi dari brand Anda, dan bagaimana produk atau layanan yang ditawarkan dapat membantu mereka. Untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih optimal, strategi integrated campaign dapat dipadukan dengan pemasaran omnichannel, memastikan interaksi yang mulus di berbagai platform dan memperkuat hubungan brand dengan audiens.
Cara Efektif Menerapkan Strategi Pemasaran Terintegrasi
Bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran terintegrasi secara maksimal untuk berbagai platform bisnis di berbagai negara dan mendapatkan hasil maksimal? Simak tips lengkapnya berikut:
1. Memadukan Strategi Pemasaran Global dengan Fleksibilitas Lokal
Agar brand Anda diterima secara universal, tentukanlah pesan inti yang mewakili merek tersebut yang diterima dan diartikulasikan dengan baik di berbagai kebudayaan. Di sisi lain, Anda juga perlu memberlakukan fleksibilitas lokal, dimana tim pemasaran bisa lebih leluasa menyesuaikan pesan dan taktik pemasaran yang sesuai dengan konteks lokal dan diterima oleh warga setempat.
Sebagai contoh, brand fast food chain terbesar yaitu McDonalds membawa pesan konsisten di semua pasarnya, yaitu sebagai penyedia makanan cepat saji yang lezat dan penuh kehangatan. Namun, variasi menu yang disajikan beserta promosinya bisa jadi berbeda-beda di tiap negara.
2. Manfaatkan Data dan Insight yang Anda Peroleh dari Masing-masing Pasar
Perolehan dan analisis data menjadi salah satu kunci utama keberhasilan strategi pemasaran terintegrasi. Anda bisa mendapatkan data yang dibutuhkan untuk mengeksekusi strategi ini dengan menerapkan riset pasar. Riset pasar yang dilakukan secara mendalam dapat membantu Anda mendapatkan informasi penting, seperti: tren lokal, preferensi target konsumen dalam mengonsumsi media, sekaligus data pesaing.
Untuk memberikan analisis data yang maksimal dan akurat, Anda bisa menggunakan bantuan local analytical tool. Tool analitik lokal tersebut dapat membantu Anda mengumpulkan data yang diperlukan untuk menentukan strategi pemasaran mana yang berhasil dan efektif, mana yang tidak. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan penyesuaian yang dibutuhkan.
3. Memastikan Branding dan Penyampaian yang Konsisten
Seperti yang sudah diulas sebelumnya, konsistensi merupakan unsur utama yang menentukan keberhasilan strategi campaign marketing yang Anda terapkan. Untuk mencapai hal tersebut, Anda wajib mempertahankan identitas visual, seperti logo, tipografi, dan warna, nada penyampaian, dan pesan utama dari brand perusahaan di semua wilayah.
Agar memastikan semua cabang brand di berbagai negara mengamini standar utama tersebut, ada baiknya untuk membuat buku panduan yang bisa mereka jadikan sebagai acuan. Tentunya, ada beberapa hal yang mungkin membutuhkan fleksibilitas agar bisa diterima oleh konsumen lokal, seperti media dan tema promosi. Namun, pastikan bahwa tidak ada perubahan dari segi branding dan penyampaian pesan utama.
4. Mengadaptasi Strategi Channel yang Efektif untuk Setiap Pasar
Dalam menentukan strategi pemasaran lokal yang tepat, pastikan untuk mencari tahu mengenai platform media yang memiliki tingkat penggunaan paling tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa masing-masing negara dan daerah memiliki preferensi media yang berbeda. Misalnya, penduduk di Tiongkok dan Mainland China lebih familier dengan aplikasi WeChat dibandingkan Whatsapp. Di sisi lain, jumlah pengguna Twitter di Amerika Serikat menunjukkan angka tertinggi dibandingkan negara-negara lainnya.
Data penggunaan channel media ini bisa Anda manfaatkan untuk menentukan media pemasaran yang sesuai. Dengan mengidentifikasi channel yang paling populer di suatu daerah, Anda jadi lebih fokus dalam mengerahkan tenaga dan sumber daya di platform tersebut untuk melakukan usaha pemasaran dan mendapatkan hasil yang maksimal.
5. Dukung Kolaborasi Lintas Pasar
Untuk memaksimalkan hasil strategi integrated marketing, kolaborasi lintas pasar menjadi aspek yang wajib diperhatikan. Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa mendorong tim regional dari masing-masing daerah untuk saling berbagi wawasan maupun taktik pemasaran yang terbaik dan berhasil di daerah tersebut. Untuk mempermudah proses pertukaran informasi dan koordinasi antar tim, Anda bisa menggunakan alat manajemen campaign terpusat maupun alat kolaborasi online lainnya.
6. Lacak Kinerja dan Lakukan Pengulangan Secara Rutin
Keberhasilan strategi integrated marketing tentunya tidak bisa dicapai hanya dalam satu kali coba saja. Pelacakan kinerja secara rutin dan penerapan penyesuaian jika diperlukan menjadi salah satu hal yang harus dilakukan setelah eksekusi. Untuk mempermudah proses review, tentukanlah KPI standar yang kemudian Anda gunakan untuk membandingkan hasil strategi pemasaran di setiap pasar dan mengidentifikasi area mana saja yang memerlukan peningkatan.
Maksimalkan Strategi Integrated Marketing Bersama IDEOWORKS
Penerapan integrated marketing merupakan strategi efektif untuk memaksimalkan seluruh channel bisnis yang tersedia. Bagi perusahaan yang ingin mengoptimalkan pendekatan ini, IDEOWORKS siap memberikan solusi profesional. Sebagai digital marketing agency berpengalaman, IDEOWORKS menawarkan dukungan strategis untuk memastikan setiap campaign marketing berjalan optimal dan memberikan hasil yang maksimal. Hubungi kontak yang tersedia untuk konsultasi lebih lanjut.