Bagi pemilik bisnis, berhasil ekspansi bisnisnya ke daerah atau kota lain memang menjadi salah satu prestasi tersendiri. Namun, di sisi lain hal tersebut juga melahirkan tantangan berbeda yang harus dihadapi. Salah satunya, adalah Anda harus memikirkan strategi yang tepat untuk mendapatkan leads maupun konsumen di kawasan yang baru.
Bagi Anda yang mempromosikan cabang bisnis secara online, strategi SEO multi-location terbukti dapat memberikan hasil yang diinginkan jika dilakukan dengan benar. Bagaimana cara memaksimalkan strategi SEO ini? Simak ulasannya berikut.
Apa Itu Multi-Location Marketing?
Sebelum membahas mengenai cara terbaik mengoptimasi strategi SEO multi-location, pertama-tama Anda wajib tahu terlebih tahu terlebih dulu tentang apa yang disebut dengan pemasaran multi-location atau multi-location marketing. Istilah tersebut merujuk pada strategi pemasaran lokal yang bertujuan untuk meningkatkan digital presence sekaligus lokasi fisik dari bisnis Anda.
Penerapan strategi pemasaran ini bisa memberikan sejumlah manfaat untuk bisnis Anda, termasuk di antaranya:
- Meningkatkan online presence dari masing-masing lokasi franchise
- Memastikan pesan brand yang konsisten
- Melancarkan kampanye atau promosi bertarget untuk memunculkan jumlah leads
- Memonitor dan mengatur ulasan online yang juga berdampak pada reputasi brand Anda
- Meningkatkan aksesibilitas bagi para konsumen atau audiens Anda.
Apa Itu Multi-Location SEO?
Bagi Anda yang memiliki cabang franchise yang cukup banyak dan tersebar di berbagai daerah dan kota, penggunaan multi-location SEO strategy terbukti akan meringankan tugas optimasi yang harus dilakukan. Multi-location SEO atau MLS adalah usaha optimasi untuk mengoptimalkan kehadiran online dari sebuah bisnis melalui peringkat yang baik dari hasil pencarian pada search engine.
Tantangan dalam Penerapan Multi-Location SEO
Menerapkan satu jenis strategi MLS saja tidak cukup. Anda perlu memperhatikan tantangan yang dihadapi di masing-masing cabang dan memilih pendekatan strategi SEO yang sesuai. Berikut adalah beberapa faktor tantangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menerapkan strategi SEO Multi-Location:
1. Menerapkan Alamat yang Konsisten
Salah satu tantangan terbesar yang harus Anda hadapi saat menerapkan multi-location SEO strategy adalah menerapkan alamat yang konsisten di semua platform online. Alamat yang konsisten memudahkan calon konsumen menemukan lokasi toko Anda dengan lebih mudah.
Sebaliknya, jika alamat toko atau kantor bisnis Anda berbeda antara satu platform dengan yang lain, hal tersebut dapat mengakibatkan kebingungan. Selain itu, konsumen juga menjadi hilang kepercayaan dan enggan berbelanja produk atau menggunakan jasa Anda.
2. Persiapan Terhadap Kompetisi Lokal
Dalam menerapkan strategi SEO multi-location, Anda akan menghadapi tantangan yang berbeda di tiap lokasi. Ini artinya, satu strategi saja tidak cukup untuk memenangkan kompetisi di lokasi yang berbeda. Strategi atau taktik pemasaran yang sesuai dengan tantangan kompetisi di masing-masing cabang di tiap lokasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda.
3. Merancang Konten Spesifik untuk Masing-masing Lokasi
Tantangan lainnya adalah merancang konten yang unik dan sesuai untuk masing-masing lokasi. Setiap lokasi pastinya memiliki kondisi demografis yang berbeda, dan membutuhkan konten yang dapat menjawab kebutuhan mereka. Untuk memaksimalkan strategi SEO untuk brands Anda, buatlah konten yang berbeda untuk masing-masing lokasi yang dapat menjawab keingintahuan dan kebutuhan konsumen.
Tips Efektif Menerapkan Strategi SEO Multi-Location
Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam penerapan strategi SEO multi-location, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan:
1. Gunakan Fitur Google Profile Business
Sebagai pemilik brands, Google Profile Business atau GPB adalah sahabat terbaik Anda untuk menggaet calon pembeli. Dengan berbagai kemudahan fitur yang diberikan oleh Google melalui platform ini, Anda bisa memaksimalkan strategi SEO dengan mengupdate informasi mengenai alamat, nama, dan nomor telepon bisnis seakurat mungkin.
Informasi kontak dan alamat yang akurat dapat membantu menghemat pengeluaran Anda dalam memaksimalkan SEO lokal. Masing-masing lokasi membutuhkan detail informasi yang akurat dan selalu terupdate. Anda bisa menggunakan bantuan tools seperti BrightLocal untuk mempermudah tugas ini.
2. Maksimalkan Riset Kata Kunci Lokal
Untuk memperbesar peluang kesuksesan dalam penerapan strategi SEO Multi-Location, peranan SEO lokal ternyata juga tak kalah penting. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan riset dan mengenali kata kunci dengan volume terbanyak di masing-masing lokasi. Selalu prioritaskan lokasi dengan volume kata kunci tertinggi dengan tingkat kesulitan keyword rendah dalam riset kata kunci lokal Anda.
3. Membuat Situs Khusus Sesuai dengan Lokasi Cabang Bisnis
Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pelaku bisnis saat menerapkan SEO lokal adalah menggabungkan semua lokasi toko atau bisnis Anda di dalam satu halaman pada website resmi Anda. Sekilas, hal ini mungkin terlihat praktis. Tetapi, di sisi lain justru dapat mengakibatkan penerapan strategi SEO lokal Anda menjadi kurang berdampak.
Untuk memaksimalkan penerapan multi-location SEO strategy, masing-masing lokasi membutuhkan situs resminya sendiri. Hal ini tetap berlaku bahkan untuk cabang bisnis yang berada di kota atau daerah yang sama.
Tak hanya itu, masing-masing situs tersebut juga harus menyajikan konten yang unik dan sesuai dengan search intent masyarakat lokal. Langkah sederhana ini bisa memberikan sentuhan personal yang membuat calon konsumen merasa ‘terlihat’ dan tanpa ragu menggunakan jasa atau membeli produk dari Anda.
4. Situs Bisnis Harus Memuat Rating Produk dan Ulasan Lokal
Keberhasilan strategi SEO multi-locations juga bergantung pada review pengunjung yang ditampilkan Google Profile Business. Rating pada platform tersebut memiliki peranan besar dalam mempengaruhi calon konsumen untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang bisnis Anda tawarkan. Secara tidak langsung, rating dan ulasan dari konsumen lokal juga sangat mempengaruhi visibilitas bisnis Anda.
Namun, ada kalanya ulasan dari konsumen sulit didapatkan. Hal tersebut dapat diatasi dengan memancing konsumen atau pengunjung toko untuk menuliskan ulasan tanpa membuat mereka merasa tertekan. Misalnya, manajer dari outlet toko Anda bisa meminta tolong konsumen untuk menuliskan review mengenai layanan yang diterima saat mereka terlihat puas dan senang dengan pelayanan yang diberikan. Tidak hanya menyambut baik ulasan positif, menanggapi review negatif dengan ramah dan penuh empati juga menjadi kunci untuk mendapatkan ulasan lokal yang baik untuk masing-masing lokasi.
5. Terapkan Strategi Backlink
Backlink atau tautan balik juga bisa menjadi senjata andalan Anda untuk memaksimalkan hasil strategi SEO multi-location. Tentunya, pilihlah jenis backlink berkualitas dan berasal dari sumber yang relevan agar bisnis Anda bisa memenangkan kompetisi SEO lokal. Tak berhenti di situ saja, tautan balik yang didapatkan terima dari vendor, organisasi lokal, maupun konsumen yang sudah mencoba jasa bisnis Anda dapat membantu memberikan dorongan yang dibutuhkan supaya strategi SEO multi-location dapat memberikan dampak yang lebih optimal.
Optimalkan Multi-Location SEO dengan Dukungan Profesional
Menerapkan multi-location SEO strategy bagi pemula bisa sedikit terasa overwhelming. Namun, dengan pendekatan yang tepat, Anda bisa menjalankan strategi ini dengan lebih mudah dan efektif. IDEOWORKS dapat membantu merancang strategi pemasaran digital yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, sambil memastikan implementasinya berjalan lancar. Selain memiliki keahlian dalam SEO, IDEOWORKS juga berpengalaman dalam pembuatan website dan pengelolaan iklan digital di Google dan Facebook. Hubungi IDEOWORKS untuk memulai perjalanan menuju kesuksesan bisnis Anda.