Preloader
Social Marketing Listening

6 Strategi Social Marketing Listening 2023 biar Riset Akurat

Social marketing listening adalah sebuah strategi marketing untuk mendapatkan informasi mengenai preferensi, kebiasaan, serta harapan konsumen terhadap brand. Memanfaatkan data yang diperoleh dari social listening bahkan akan membantu Anda untuk membangun persepsi yang kuat dari konsumen terhadap brand.

Namun, bagaimanakah cara yang tepat untuk melakukan social marketing listening agar bisa mendapatkan hasil yang diharapkan? Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut agar strategi Anda membuahkan hasil terbaik pada tahun 2023 ini.

6 Strategi melakukan social marketing listening

Social marketing listening memerlukan pendekatan khusus agar bisa berjalan lancar dan membuahkan hasil seperti harapan Anda. Berikut adalah beberapa social marketing listening strategi yang bisa Anda coba pada tahun 2023.

1. Buat content media social marketing listening

Langkah paling dasar yang harus Anda lakukan adalah membuat content media social marketing listening. Meski Anda bisa melakukan social listening tanpa memiliki konten sendiri, cara ini efektif untuk “memancing” reaksi konsumen terhadap produk atau bahkan keseluruhan brand Anda.

Buatlah content interaktif yang mengundang konsumen untuk memberikan respons. Contoh paling sederhana adalah membuat konten yang meminta pendapat langsung dari konsumen. Bisa juga dengan membuat kuis kecil yang akan mendorong konsumen untuk berinteraksi.

2. Pilih social listening tools yang tepat

Strategi social listening Anda akan berjalan efisien jika menggunakan tools yang tepat. Saat ini, sudah ada banyak sekali tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan social listening. Menariknya lagi, beberapa tools bahkan menawarkan layanan gratis sehingga cocok bagi Anda yang baru memulai bisnis sendiri.

Selain faktor biaya, Anda juga harus memilih tools yang sesuai dengan platform media sosial yang digunakan brand. Pasalnya, beberapa tools memang dikhususkan untuk memantau media sosial tertentu saja. Ada juga yang memang menawarkan solusi komprehensif, namun cenderung lebih baik performanya terhadap beberapa media sosial saja.

3. Cari tahu ciri khas Anda

Dalam melakukan social listening, penting untuk memahami ciri khas brand Anda. Apa kelebihan dan kelemahan Anda dibanding kompetitor? Siapakah audiens Anda? Jika Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam ini, maka social listening pun akan lebih terarah.

Memahami ciri khas brand akan membantu Anda untuk mengenali konsumen lebih dalam. Sebab, sering kali apa yang Anda bayangkan tentang audiens brand Anda, bukanlah mereka yang memang benar-benar tertarik dengan brand.

4. Lihat dan belajarlah dari kompetitor sukses

Tidak ada salahnya sama sekali untuk belajar dari kompetitor Anda, terlebih jika mereka memang terbukti sukses menjalankan strategi marketing.

Social listening akan memberi Anda gambaran mengenai strategi kompetitor mana saja yang berjalan dengan baik dan bahkan hal-hal apa saja yang disukai oleh konsumen dari mereka. Namun, yang paling penting, Anda bisa mempelajari apa saja kesalahan yang dilakukan kompetitor untuk terhindar dari kesalahan serupa. Anda juga bisa belajar bagaimana mereka menanggapi kritik dan menangani krisis di media sosial.

5. Perhatikan hal-hal kecil lainnya

Meski social marketing listening bisa memberikan informasi yang bermanfaat, terkadang Anda bisa berhadapan dengan informasi yang terlihat penting tapi sebenarnya tidak berguna.

Hindari terlalu fokus pada satu pesan negatif dan malah mengabaikan banyak pesan positif. Ingat, bagaimanapun juga, Anda tidak bisa memenuhi kebutuhan semua orang yang ada di dunia. Begitu pula saat mempelajari kompetitor, usahakan untuk tidak terlalu fokus pada bagaimana cara mereka bekerja karena berpotensi membuat Anda kehilangan ciri khas.

6. Diskusikan dengan tim Anda

Terakhir, jangan lupa untuk diskusikan temuan Anda setelah melakukan social listening. Cara ini akan membantu Anda untuk mendapatkan perspektif baru, bahkan tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapat ide yang out of the box.

Diskusi juga bisa menjadi sarana untuk melakukan evaluasi, apakah pendekatan social listening yang sudah Anda lakukan masih berada di jalur yang benar atau justru sudah melenceng jauh.

 Demikian ulasan mengenai tips menerapkan social marketing listening strategi. Semoga ulasan ini dapat membantu Anda meraih hasil yang optimal pada tahun 2023. Jika merasa kurang yakin dengan strategi yang sudah Anda susun, tak perlu khawatir, IDEOWORKS menawarkan solusi digital marketing menyeluruh, termasuk penerapan social listening. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website IDEOWORKS!

 

Baca Juga:

Tahun Baru Segera Tiba! Kenali Tren Social Media Marketing 2023 Berikut

Let’s talk about your brand