Apakah kamu pebisnis yang mengutamakan 360 degree marketing agency? Atau belum pernah menggunakan tim marketing yang bisa menerapkan strategi 360 marketing agency? Sebagai pebisnis pentingnya menentukan strategi digital marketing itu menjadi keunggulan dalam mengarungi bisnis menghadapi kompetitor dan menciptakan kesuksesan brand. Ketika kamu mengetahui tujuan bisnis, tentu saja terdapat upaya dan strategi jitu sebagai senjata dalam setiap pemasaran yang dilakukan brand. Dari tujuan-tujuan itu, kamu pasti menggunakan alternatif tools maupun layanan yang dapat membantu meningkatkan penjualan. Salah satunya yang paling populer adalah menggunakan 360 degree marketing agency. Tetapi, kamu tau gak sih apa itu 360 degree marketing, channel, strategi dan keunggulan lainnya? Kalau belum, simak ulasan mengenai 360 digital marketing agency secara lengkap di artikel ini.
Pengertian 360 Degree Digital Marketing
360 degree marketing atau 360 degree marketing campaign merupakan strategi campaign yang dilakukan secara holistik dan kreatif dengan satu ide, tujuan, dan satu message yang dapat disampaikan secara efektif kepada audiens. Hal yang paling penting dalam membuat strategi 360 digital marketing campaign dapat mendistribusikan pesan dari campaign digital tersebut kepada customer dan memperkuat campaign dengan memanfaatkan marketing channel atau yang berbeda seperti online & offline.
Strategi 360 digital marketing online & offline dapat mengadopsi pemasaran melalui media televisi, surat kabar, internet, social media, kemasan produk, hingga papan reklame. Semua campaign ini dapat dilakukan bersama elemen periklanan yang disebut 360 degree marketing campaign.
Perbedaan 360 Marketing dengan Pemasaran Biasa
Perbedaan terlihat dari sub-kategori khusus untuk menyesuaikan di bidang pemasaran tertentu. Salah satunya ada yang masih keliru mengenai perbedaan strategi 360 marketing dengan pemasaran omni-channel, dapat dibedakan dengan jumlah penggunaan channelnya. Dimana omni-channel marketing tidak mengharuskan sebuah brand menggunakan seluruh channel, sedangkan 360 degree marketing konsisten menggunakan seluruh channel bisnis sebagai bagian dari tujuan yang tepat kepada audiens.
Kelimpahan data yang dapat diperoleh 360 marketing bisa sangat cepat, dan bisa kembali diolah dengan berbagai macam teknologi data analitik. Belum lagi otomatisasi, analisis, dan respon data berdasarkan algoritma yang ditentukan dalam 360 digital marketing memungkinkan bisnis dapat menyatukan atau menghubungkan semua saluran pemasaran.
Namun, untuk memaksimalkan strategi 360 marketing bisnis membutuhkan layanan atau jasa marketer kompeten seperti 360 marketing agency. Selain berpengalaman, 360 marketing agency memiliki tim yang super lengkap untuk menjalankan semua aktivitas channel secara bersamaan dengan tujuan mencapai kesuksesan campaign bisnis.
Keunggulan 360 Degree Marketing Agency
Melansir Social Media Today, 360 degree marketing merupakan pemanfaatan berbagai saluran digital marketing campaign. Saluran-saluran yang dapat memaksimalkan strategi 360 marketing itu diantaranya SEO, PPC, dan lainnya. Sementara, marketer atau 360 marketing digital marketing agency dalam campaign dapat fokus memasarkan pesan dengan memanfaatkan saluran hingga tak terbatas. Lalu, apa saja keunggulan yang didapat bisnis?
Membangun Kepercayaan Customer
Manfaat pertama adalah membangun kepercayaan audiens menjadi customer dengan cara memaksimalkan brand bisnis di seluruh channel. Dengan begitu otomatis audiens akan terus merasakan keberadaan brand tersebut, sehingga rasa penasaran tercipta. Dalam memasarkan produk, ketika audiens mulai penasaran dan melakukan sesuatu kepada brand, itu menjadi nilai plus dalam membangun citra brand yang tepat. Ketika citra brand sudah eksis, maka akan tercipta rasa kepercayaan yang dapat meningkatkan sales penjualan produk.
Memaksimalkan Produk Bisnis
Ketika sebuah brand memiliki produk yang kurang dapat perhatian audiens atau performanya tidak maksimal, manfaatkan 360 degree marketing agency sangat tepat. Alasannya sangat tepat, strategi 360 marketing agency mampu mendorong kesadaran audiens.
Mampu Menyebarkan Brand Awareness
Manfaat paling tepat dari penggunaan 360 degree marketing agency adalah mampu membuat kesadaran audiens akan sebuah produk. Survei membuktikan dengan memanfaatkan seluruh aktivitas channel marketing yang optimal, audiens akan terbiasa dan mencoba untuk mengenal lebih jauh produk tersebut. Oleh karena itu, tingkat brand awareness 360 digital marketing sangat tinggi.
Channel Strategi 360 Marketing
Ada beberapa jenis channel strategi 360 digital marketing agency yang dapat digunakan marketer untuk kesuksesan brand bisnis.
ATL (Above The Line)
Channel strategi 360 digital marketing ATL adalah kegiatan yang tidak menargetkan audiens ke dalam circle khusus, karena channel ini memiliki tingkat jangkauan paling luas. ATL sangat cocok dilakukan dengan cara membangun kesadaran audiens terhadap brand—dengan cara launching produk dan menginformasikan secara masif ke seluruh channel.
Contoh penerapan channel ATL dalam 360 digital marketing lebih kepada iklan brosur, bulletin, televisi, koran, hingga iklan luar ruangan baik digital atau DOOH, dan iklan umum atau OOH.
BTL (Below The Line)
Strategi 360 digital marketing BTL bisa berfokus pada suatu kelompok customer. Below The Line dikenal sebagai strategi pemasaran secara langsung, meliputi kegiatan spesifik yang mudah diingat, meningkatkan konversi daripada menyebarkan kesadaran brand pada audiens seperti ATL.
Contoh strategi 360 digital marketing BTL adalah melakukan event atau pameran produk secara langsung.
TTL (Through The Line)
Strategi marketing ini berada diantara dua strategi sebelumnya—yang berarti menjadi pelengkap strategi 360 digital marketing agency. Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa strategi ini merupakan salah satu contoh channel marketing yang melibatkan ATL dan BTL.
Contoh penerapan channel marketing TTL adalah dengan digital marketing channel.
Cara Menggunakan 360 Degree Marketing untuk Bisnis
Buatlah Situs Web Brand
Pastinya setiap bisnis digital marketing harus memiliki web bisnis untuk mengiklankan produk. Website juga menjadi identitas yang patut dimunculkan ke permukaan. Jadi, untuk memaksimalkan strategi 360 marketing, bisnis harus memiliki website.
Optimasi Situs Web dan SEO
Ketika menerapkan strategi 360 degree digital marketing, audiens akan memulai mencari produk atau jasa menggunakan keyword yang digunakan dalam campaign. Oleh karena itu bisnis harus berinvestasi dalam SEO dan desain untuk meningkatkan konversi.
Iklan Berbayar (Paid Ads)
Bagian penting lain atau tambahan dalam memaksimalkan campaign adalah menjalankan iklan berbayar (paid ads) yang relevan setiap channel seperti iklan teks, CPM, CPA, dan BPK. Meskipun memerlukan biaya yang tidak kecil, cara ini masih sangat efektif untuk mengekspos brand kepada audiens yang luas.
Content Marketing
Content marketing menjadi salah satu bentuk pemasaran dengan ide yang keren untuk menciptakan strategi 360 digital marketing efektif. Selama campaign, marketer dapat menciptakan konten dengan menggunakan pendekatan 360 degree marketing.
Email Marketing
Salah satu cara terbaik untuk menghasilkan prospek dengan memberikan mereka informasi berharga dan mendorong mereka melakukan konversi dengan email marketing.
Social Media
Saat ini platform social media seperti Facebook, Instagram, hingga TikTok telah menjadi bagian yang tak tergantikan (integral) dalam strategi 360 marketing. Dimana social media memberikan tempat untuk mengiklankan brand kepada customer potensial.
Events
Melakukan kegiatan seperti pameran, kontes, launching produk, atau komunitas membuka peluang bisnis untuk mempromosikan produk mereka dengan efektif. Apalagi dengan menggabungkan strategi 360 digital marketing membantu brand dan event terhubung dengan customer lebih banyak, sehingga membantu memperkuat brand image bisnis.
Traditional Marketing
Strategi 360 degree digital marketing juga bisa dilakukan oleh marketer secara tradisional seperti promosi melalui televisi, baliho, hingga majalah yang sampai sekarang masih efektif. Dengan tradisional marketing ini membantu bisnis menjangkau market lokal dengan lebih banyak customer potensial.
Yuk, Gunakan Layanan Strategi 360 Digital Marketing Agency
IDEOWORKS hadir sebagai penyedia strategi creative marketing terbaik di Indonesia dengan layanan 360 digital marketing offline & online. IDEOWORKS menawarkan berbagai perpaduan iklan creative luar ruang dan iklan digital untuk menjangkau customer secara luas dan efektif.
Beberapa layanan 360 marketing agency IDEOWORKS yang dapat diterapkan secara konsisten melalui email, radio dan tv, social media, digital ads, SEO, content marketing, hingga analytics. Dengan layanan tersebut, target audiens akan semakin terukur dan spesifik meningkatkan brand awareness. Jadi, tunggu apalagi? Hubungi IDEOWORKS sekarang!